Pakan Ayam Joper Agar Cepat Besar

Pakan Ayam Joper Agar Cepat Besar - Apakah anda sedang usaha beternak Ayam joper? Dan bingung kenapa ayam joper tidak cepar besar / pertumbuhanya tidak seragam? Biasanya hal tersebut terjadi pada peternak pemula yang belum menahami bagaimana pemberian pakan yang benar serta teknik budidaya ayam joper yang dalah kaprah. Berdasarkan survey dilapangan umumnya bagi para peternak pemula yang baru memelihara ayam jawa super lebih memilih memberikan pakan pabrikan (broiler) (walaupun jika di hitung secara ekonomis malah justru akan membutuhkan modal yang besar), akan tetapi pada tahap ahir para peternak justru memberikan pakan pabrik yang dicampur dengan jagung giling ataupun bekatul. Padahal teknik tersebut bisa mengakibatkan nutrisi yang diserap oleh ayam joper menjadi lebih rendah mangkanya ayam joper yang tumbuh akan menjadi tidak beragam.

Harga DOC Ayam Joper

Bagaimana cara Agar Ayam Joper Super dapat tumbuh besar secara merata?

Anda cukup lakukan  3 langkah dibawah ini, jika anda serius Ayam Joper anda akan tumbuh besae secara beragam

1. Buatlah kelompok ayam joper kecil

Dengan dibuat secara berkelompok akan mengurangi persaingan pakan serta bisa membuat ayam memperoleh makanan yang seimbang antar ayam. Sarna kami buatlah kelompok dimana setiap kelompok hanya diisi 50 ekor anak ayam joper saja.

2. Buatlah kandang dengan ukuran cukup luas

Buatlah Kandang yang cukup luas agar joper dapat secata leluasa mencari makan dan minum di dalam kandang, jangan lupa berikan juga fentilasi udara yang baik agar sirkulasi udara di dalam kandang dapat berganti dengan udara yang baru secara terus menerus. Jika kandang joper tidak memiliki fentilasi di dalamnya, kandang akan bau dan pengap.

3. Pisahkan Ayam joper jantan dan betina

Pemisahan Ayam joepr di dalam kandang bagusnya dibedakan berdasaekan jenis kelamin. Jadi Dalam pemisahan jenis kelamin dapat dimulai saat ayam jawa super sudah berumur 1 bulan. Kemudian setelah dilakukan pemisahan antara ayam joper jantan dan betina baiknya ada perlakuan khusus untuk ayam betina, karena pertumbuhan ayam betina  lebih lambat dibandingkan dengan ayam jantan.

Setelah 3 langkah diatas sudah anda lakukan, hal terpenting lainya agar joper cepat besar adalah dengan memberikan pakan yang berkualitas dengan takaran yang pas. Untuk itu berikut ini kami berikan cara pemberian pakan ayam joper agar cepat besar. Perhatikan ya!!

Berikan komposisi ransum atau pakan joepr seperti di bawah ini :


Pakan Ayam Joper Agar Cepat Besar


Anak ayam (doc ayam joepr) yang berumur 1-25 hari sangat bagus diberikan 100 % BR. Joper umur 1 sampe 25 hari berikan lampu penerangan agar tubuh ayam tetap dalam kondisi hangat dan dapat mencari pakan dan makan di malam hari. Kemudian untuk Air yang diberikan kami sarankan air rebusan sayuran, misalnya daun pepaya, singkong. Hal ini bertujuan agar joper mampu menjaga kesehatan tubuh dan menjaga nafsu makan.

Ayam jawa super pada umur 26 hari – 2 bulan sangat bagus dikasih konsentrat pedaging 20 %, jagung giling halus 30 % dan dedak padi yang halus 40 %, pada saat umur joper 26 hari lampu dapat dikurangi secara bertahap.

Ketikaa Ayam joper umur 2 bulan ke atas sangat kami anjurkan pemberian konsentrat daging 20 %, jagung 30 %, dedak padi sekitar 40 %, dan 5 – 10 % kemudian tambahan sayuran juga. Bukan itu saja, pada saat joper usia 2 bulan ke atas anda perlu menambahkan suplemen, vitamin, mineral dan serat. Yang terahir berikan pakan sayuran pada joepr dengan memotong kecil-kecil, dan bisa Anda rebus ataupun diberikan langsung ke pakan ayam.

Cek juga :

Harga DOC Ayam Joper Hari Ini

Demikian informasi tentang Pakan Ayam Joper Agar cepat besae yang bisa kami sampaikan. Mudah mudahan bermant. Salam.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel