Skip to main content

Mengenal Jenis Kelinci Anggora

Kelinci anggora merupakan salah satau varietas kelinci yang mempunyai ciri berbulu tebal dan lebat. Pada umumnya kelinci jenis ini di ternak untuk diambil bulu (woolnya). Apakah anda tau? Jika Bulu kelinci angora sangat terkenal karena teksturnya bulunya yang halus dan begitu lembut. Lantas dari mana asal kelincin anggora ini? Berdasarkan informasi dari wikipedia, Jenis kelinci anggora asal mulanya berasal dari Ankara, Turki. Dan ternyata, Daerah di ankara ini juga dikenal sebagai tempat asal mula kucing angora dan kambing angora berasal.

Saat ini peluang bisnis wool kelinci angora berkembang pesat di negara-negara beriklim dingin misalkan saja di negara negara Eropa dan Amerika. Dan ternyata, Bulu kelinci angora yang lembut ini akan dipanen setiap 4 sampai 5 bulan sekali dengan cara dicukur ataupun dicabut. Akan tetapi cara panen dengan teknik pancabutan bulu kelinci dewasa ini menjadi kontroversi dimasyarakat kususnya para pecinta binatang karena dianggap menyakiti satwa. Di Indonesia saja misalnya, kelinci anggora saat ini banyak peminatnya namun untuk dipelihara sebagai hewan kesayangan.

Jenis-jenis kelinci angora apa saja yang ada di indonesia?

Mengenal lebih dekat Jenis Kelinci Anggora


Kelinci Anggora
Kelinci Anggora
Berdasarkan sumber terpercaya, setidaknya ada berbagai macam jenis kelinci anggora yang sangat populer di Indonesia, contohnya kelinci angora Inggris, kelinci angora Perancis, kelinci angora giant, dan kelinci angora satin. Selain itu, terdapat pula kelinci anggora hasil silangan lain namun keberadaanya kurang populer misalnya kelinci angora Jerman, kelinci angora Korsel dan kelinci angora Swiss. Saat ini cukup banyak para breeder yang menyilangkan kelinci angora dengan kelinci ras lain sehingga telah lahir banyak varietas hasil silangan. Untuk lebih mengenal kelinci ini, silahkan baca ya..

a. Kelinci Angora Inggris


Kelinci Angora Inggris adalah jenis yang paling kecil jika dibanding dengan kelinci angora lainnya. Info yang kami peroleh, Bobot tubuh anggora inggris dewasa sekitar 2,3 – 3,2 kg. Uniknya, Angora Inggris inilah yang merupakan jenis yang paling favorit untuk dijadikan sebagai hewan pertunjukan. Anggora inggris memiliki ciri yang khas yakni Bulunya tebal dan tumbuh hingga ke telinga dan muka. Selain itu, Angora Inggris juga perlu perawatan harian yang intensif. Tidak disarankan bagi pemelihara hewan pemula. Kenapa? Ya karena Bulu-bulunya yang panjang dan halus mudah kusut harus rutin dibersihkan karena mudah rontok sehingga butuh perhatian ektra untuk merawat anggora inggris.

b. Kelinci Anggora Perancis



Kelinci Angora perancis mempunyai bobot badan sekitar 3,4 – 4,8 kg. Ciri fisik anggira perancis yakni Bulunya tumbuh panjang dan pertumbuhan bulunya sangatlah cepat. Selain itu, Angora Perancis juga mempunyai warna bulu yang unik dan beraneka ragam. Sedangkan untuk Perawatan kelinci angora perancis tidak sintensif angora inggris. Kelinci jenis ini menurut kami sangat Cocok untuk dipelihara sebagai binatang kesayangan untuk para pemula.

c. Kelinci Anggora Giant


Kelinci Angora giant adalah hasil silangan antaea angora dengan flemish giant. Oleh sebab itu nama angora giant mempunyai badan paling bongsor dari kelinci jenis lain, kelinci Gian dewasa saja dapat mencapai 5 kg. Sedangajn Warna bulunnya adalah putih, kelinci jenis ini juga menjadi pilhan favorit untuk diambil wool-nya. Bukan itu saja, badannya yang besar, membuat hasil panen wool-nya pun juga lebih tinggi jika dibanding dengan kelinci jenis lain. Kenapa? Karena Bulunya tidak mudah rontok maka untuk mengambil bulunya (memanennya) dengan cara dicukur.

d. Kelinci Anggora Satin


Kelinci Angora satin mempunyai berat tubuh mencapai 3 – 4,3 kg, kelinci jenis ini banyak di budidaya untuk diambil wool-nya. Selain itu, Kelinci angora satin juga mempunyai berbagai macan variasi warna. Dan ternyata, kelinci Jenis ini wool-nya saat ini banyak disukai kalangan industri karena mudah dipintal.

Bagaimana? Apakah anda minat untuk budidaya kelinci anggoro ini? Demikian informasi tentang Jenis Kucing Anggoro yang bisa kami sampaikan. Mudah mudahan bermanfaat bagi kita semua. Sekian.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar