HARGA TELUR AYAM RAS HARI INI JULI 2019

HARGA TELUR AYAM RAS HARI INI - Berikut kami sampaikan realisasi Harga Telur ayam Ras update hari Rabu, 3 Juli 2019 di berbagai wilayah di Indonesia di Pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Bali, NTT dan NTB. Sedangkan harga ayam hari ini Kamis 4 Juli 2019 selalu upayakan harga melebihi HPP. Salam Sukses Peternak Broiler!!



Harga Telur Ayam



REALISASI HARGA TELUR AYAM HARI INI

Sumatera: Banda Aceh 20.800 / Medan21.200 / Pekanbaru 21.200 / Padang19.200-19.500 / Payakumbuh 19.200-19.500 / Jambi 18.900-19.300 / Kepulauan Riau21.200 / Bengkulu 20.700 / Bangka–Belitung 20.500 / Palembang 18.800 / Lampung 20.000

Banten: Tangerang 20.500 / Serang 20.500-20.700

DKI/Jawa Barat: Jakarta 20.500-20.800 / Bogor 21.000 / Bekasi 21.000 / Sukabumi20.500-21.000 / Cianjur 20.500-21.000 / Bandung 21.500 / Cirebon 21.000 / Kuningan 21.000 / Tasikmalaya 21.000

Jawa Tengah/DIY: Solo 20.400 / Boyolali20.400 / Klaten 21.000-21.500 / Semarang20.000 / Salatiga 20.900 / Kudus 21.500 / Pati 21.000 / Rembang 21.000 / Yogyakarta20.900 / Magelang 20.800 / Purwokerto 20.200 / Purbalingga 20.000

Jawa Timur: Madiun 20.000 / Surabaya20.500 / Kediri 20.000 / Blitar 20.000 / Pacitan 20.500 / Malang 19.500-19.700 / Tuban 20.500 / Jember 19.300 / Bondowoso 19.500 / Banyuwangi 19.500

Bali: 18.100

NTB: Lombok 18.300 / Sumbawa 18.300

Kalimantan: Pontianak 23.000 / Singkawang23.000 / Palangkaraya 21.000 / Pangkalan Bun 21.500 / Sampit 21.500 / Banjarmasin20.500 / Balikpapan 21.000 / Samarinda 21.000

Sulawesi: Manado 21.000 / Palu 23.000 / Gorontalo 21.500 / Kendari 23.000 / Makassar 18.200 / Parepare 19.800


*Disclaimer

Harga telur ayam ras diatas kami peroleh dari beberapa sumber. Adapun perbedaan harga bisa saja terjadi di setiap daerah tergantung dari kondisi pasar.

Sumber definisi : Telur Ayam Ras

Bagi anda yang tertarik dan akan memulai bisnis usaha jual beli telur ayam ras, alanglah baiknya memahami dan mengerti betul Bagaimana Cara memilh telur Ayam yang berkualitas baik dan super.. silahkan dibaca....

Cara Memilih Telur Ayam yang Baik dan Segar untuk Dikonsumsi

Telur merupakan salah satu bahan pangan yang sangat penting dan nyaris ada seluruh negeri. Kamu bisa memasak telur untuk di makan ataupun menggunakanya sebagai bahan buat membuat kue. Biayanya yang relatif murah membuat telur ayan dapat jadi alternatif lauk bila anda merasa daging sangat mahal.

Di supermarket ataupun sebagian pasar modern kita bisa memilih telu sendiri kala jika akan membelinya. Pedagang telur biasanya cuma akan menimbang telur- telur yang telah kita seleksi. Tetapi, gimana sistem memilah telur yang baik serta masih fresh supaya layak disantap? Berikut ini kami berikan tips bagaimana memilah telur ayam ras yang baik dan berkualitas. Langsung aja...

1. Seleksi berdasarkan pada corak kulit telur

Cara memilah telur yang baik dapat dilihat dari corak kulitnya. Kamu bisa memilah telur bercorak pekat serta nampak terang. Alasannya, terkadang masih terdapat telur bercorak pucat ataupun telur yang kulitnya dipadati dengan bercak- bercak gelap.

Apakah corak kulit telur sangat mempengaruhi pada isinya? Pasti saja sebab telur yang telah lama serta tidak fresh memiliki corak kulit yang nampak kumal serta keruh. Tidak hanya itu, bercak- bercak gelap yang mencuat di dekat kulit telur menunjukkan kalau telur tersebut telah lumayan lama sehingga jamur akan mudah melakukan perkembangan di kulit telur.

2. Telur berukuran wajar

Kala membeli telur di supermarket, naluri kita bisanya akan memilah telur yang memiliki besar sebab berharap dengan ukuran besar kuning telurnya lebih besar. Tetapi, asal kalian tau bahwa besarnya ukuran telur tidak menjamin mutu isi telur. Kala memilah telur buat disantap, seleksi telur dengan ukuran yang wajar wajar saja.

Tidak cuma itu saja, telur yang ukuranya sangat kecil biasanya berasal dari ayam yang masih muda. Pasti kuning telur ayam mudapun biasanya akan lebih kecil dibandingkan telur ayam dengan ukuran wajar.

3. Perhatikan wujud telur

Bila dicermati dengan seksama, telur ayam, telur puyuh, hingga telur bebek mempunyai ukuran yang berbeda- beda untuk tiap jenisnya. Ada telur bundar, namun terdapat pula telur lonjong. Nah, apakah identitas telur yang bagus dapat diseleksi bersumber pada wujudnya? Ya, Kamu bisa memilah telur dengan wujud bundar bila mau ukuran kuning telur yang lebih padat serta banyak.

Bagi para peternak ayam ataupun orang dagang telur, wujud telur yang lonjong malah mempunyai kuning telur yang lebih sedikit. Bila Kamu memilah telur yang bundar, kuning telurnya lebih banyak sehingga akan sangat berguna untuk kalian yang kerap memakai kuning telur sebagai bahan buat membuat kue.

4. Sentuh kulit telur

Mengerti kah Kamu kalau identitas telur fresh dapat dilihat dari permukaan kulitnya? Oleh sebab itu, cara memilah telur yang baik dapat dimulai dengan memegang kulit telur tersebut. Bila Kamu memegang permukaan kulit telur serta mengalami teksturnya agresif serta ada butiran- butiran putih, itu tandanya telur tersebut adalah telur yang masih fresh.

Akan tetapi, kalian jangan sampai terkecoh dengan permukaan telur yang licin serta mengkilap. Alasannya, kulit telur yang lembut serta nampak mengkilap menunjukkan kalau telur tersebut telah ditaruh dan disimpan dalam waktu yang lama.

5. Cium aroma telur

Sama seperti saat ansa memilih durian, kalian pasti menggunakan indera penciuman untuk menghisap aroma durian tersebut. Walaupun kulit telur nampak kokoh serta rapat, namun anda dapat juha mencium bau telur yang busuk, lho.

Jadi, jika anda akan memilih dan memilah telur dalam jumlah banyak, cermat saja aroma telur tersebut. Anda cukul dekatkan telur ke hidung, kemudian tarik nafas dalam- dalam untuk menghisap aroma telur tersebut. Bila aromanya semacam telur busuk, bisa ditentukan kalau isinya juga telah busuk.

6. Guncang telur secara perlahan

Tips berikutnya yakni dengan mengguncang telur secara perlahan. Tidak perlu mengguncang sangat keras sebab nanti pedagang dapat menegur kalian. Guncang telur secara dan dekatkan kuping.

Telur yang bagus tidak ada suara kala di guncang. Alasannya, tekstur putih telur masih sangat kental, berbeda dengan telur yang telah lama bagian putihnya lebih encer sehingga akan menghasilkan suara jika dikocok. Telur yang masih fresh mempunyai penggalan putih telur yang masih memadu kuning telur dengan sangat rapat.

7. Rendam telur di dalam air

Cara memilah telur yang baik berikut ini tidak dapat kalian jalani kala masih berada di tempat pedagang telur sebab kalian akan membutuhkan media wadah serta air buat melaksanakannya. Tetapi, cara membedakan telur busuk serta bagus ini dapat kalian lakukan di rumah buat membenarkan kalau telur sudah anda seleksi masih layak buat disantap.

Langkah Pertama, Kamu cuma butuh sediakan wadah bening serta air. Masukkan telur secara perlahan supaya tidak rusak, kemudian cermati beberapwaciri berikut ini:

Telur yang tenggelam dalam posisi tidur merupakan telur yang masih fresh serta baru berumur sebagian hari

Telur yang tenggelam dalam posisi tidur, namun ujungnya yang lebih lebar sedikit terangkat berarti telah berumur 1 minggu serta umumnya masih layak buat dikonsumsi

Telur yang tenggelam dengan ujung runcing serta ujung lebarnya sedikit mencuat seperti mengambang biasanya mempunyai sudah disimpan selama 3 mingguan

Telur yang mengambang sampai menggapai ke permukaan air merupakan telur yang telah rusak/ busuk dan sangat tidak layak buat disantap.

8. Teropong telur dengan bantuan cahaya

Cara yang menurut kami juga kurang efisien bila kalian mau mengecek kesegaran telur di tempat karena yang kalian butuhkan bantuan dari lampu pijar buat bisa mengecek kelayakan telur dengan sistem yang satu ini. Sistem meneropong telur dengan memakai lampu pijar adalah:

Dekatkan ujung telur yang terlihat runcing ke dekat lampu sebab rongga hawa di dalam telur ada di penggalan ini

Nampak bayangan dalam telur yang menampilkan kuning telur terletak di bagkan tengah telur serta tidak gampang bergerak walaupun dikejutkan secara perlahan

Tidak terdapat bercak ataupun bintik apa juga di dalam telur

Ronga kosong di dalam telur yang masih baru nampak sedikit sebab apabila rongga telur nampak lebih banyak itu tandanya umur telur telah lumayan lama

9. Pecahkan telur dalam suatu wadah

Mau mengenali apakah telur yang hendak digunakan masih bagus ataupun telah busuk? Sistem yang sangat gampang buat mengetahuinya yakni dengan membongkar telur dalam suatu wadah. Berikut merupakan sistem memilih telur bila dilihat langsung dari isinya:

Putih telur masih nampak sangat kental sehabis dipecahkan bila telur tersebut masih baru

Apabila telur telah berumur satu mingguan, putih telurnya terlihat lebih lebar

Telur yang telah berumur 2– 3 mingguan memilah bagian putih yang lebih keruh dengan tekstur yang sedikit encer

Bila telur bercorak abu- abu dengan penggalan kuning yang telah tercampur dengan putih, dan menghasilkan aroma tidak enak artinya telur itu busuk

Tonton juga!

Video Kandang Ayam Petelur Modern


Sumber : youtube.com

Penjelasan tentang Telur Ayam Ras


Apa itu Telur Ayam Ras? Telur ayam ras merupakan salah satu sumber pangan protein hewani yang populer serta 
sangat diminati oleh masyarakat. Hampir seluruh kalangan masyarakat indonesia bisa makan (mengonsumsi) telur ayam ras untuk memenuhi kebutuhan protein hewani. Hal tersebut karena telur ayam ras relatif murah serta gampang didapatkan untuk mencukupi kebutuhan gizi yang diharapkan (Lestari, 2009).

Sedangkan Telur ayam ras segar merupakan telur yang tak mengalami proses pendinginan serta
tak mengalami penanganan pengawetan dan tak menunjukan adanya tanda-tanda 
pertumbuhan embrio yang jelas, yolk belum tercampur merata dengan albumen, utuh, dan bersih (Standar Nasional Indonesia, 1995). Berdasarkan penyusunya, Telur terdiri dari tiga komponen utama yakni kulit telur (kerabang), bagian cairan bening (albumen), dan bagian cairan yang berwarna kuning (yolk) (Rasyaf, 1990).

Telur ayam ras memiliki kandungan protein yang cukup tinggi dan susunan proteinnya pun lengkap, Namun lemak yang terkandung di dalamnya pun juga tinggi. 

Umumnya telur ayam ras dan telur itik adalah telur yang paling sering di 
konsumsi oleh masyarakat indonesia (Sudaryani, 2003).

Perbedaan zat gizi telur ayam ras dibandingkan telur itik dan telur puyuh dapat dilihat pada Tabel 1.

Perbedaan zat gizi telur ayam ras dibandingkan telur itik dan telur puyuh

Telur ayam ras adalah telur yang paling umum dikonsumsi dengan kandungan nutrisi tinggi. Selain itu, Telur ayam ras juga banyak mengandung berbagai jenis protein dengan kualitas tinggi. Pada albumen mengandung lima jenis protein yakni ovalbumin, ovomukoid, ovomucin, ovokonalbumin dan ovoglobulin, sedangkan untuk yolk terdiri dari dua macam yakni ovovitelin dan ovolitelin. Ovovitelin merupakan senyawa protein yang memiliki kandungan fosfor (P), sedangkan ovolitelin hanya sedikit mengandung fosfor akan tapi banyak mengandung belerang (S) (Budiman, 2009).

Bukan itu saja, Telur ayam ras juga mengandung semua jenis asam amino esensial bagi kebutuhan manusia. Asam amino esensial adalah komponen utama yang digunakan untuk menyusun protein yang tidak bisa diproduksi oleh tubuh.

Selain itu, Telur ayam ras juga memiliki berbagai kandungan seperti vitamin dan mineral, termasuk vitamin A, riboflavin, asam folat, vitamin B6, vitamin B12, choline, besi, kalsium, fosfor dan potassium (Buckle et al., 2009).

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bawha Telur ayam ras merupakan makanan yang ekonomis dan mempunyai sumber protein yang lengkap dimana disalam Satu butir telur ayam ras berukuran besar memiliki kandungan sekitar 7 gram protein. Kandungan vitamin A, D, dan E juga terdapat dalam yolk. Umumnya Telur ayam ras juga dikenal menjadi salah satu dari
sedikit makanan yang mengandung vitamin D (Buckle et al., 2009).

Jika anda ingin memahami betul Tentang Telur Ayam Ras Anda silahkan Download artikel Ayam Ras Petelur di bawah ini.

Download Artikel Telur Ayam Ras !

Demikian Informasi tentang "HARGA TELUR HARI INI " yang bisa kami sampaikan. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Salam Sukses Peternak Indonesia.

** harga dapat berbeda di setiap daerah tergantung kondisi pasar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel