Skip to main content

Cara Membuat Kandang Ayam Petelur

Ternak PertamaCara Membuat Kandang Ayam Petelur - Kandang baterai ayam petelur merupakan kandang yang memiliki bentuk sangkar empat persegi panjang disusun berderet memanjang bertingkat dua atau lebih, setiap sangkar bisa menampung 1 alias 2 ayam dewasa.

Lantai kandang terbuat dari bambu atau kawat disusun agak renggang supaya kotoran ayam bisa langsung jatuh ke tanah.

Model kandang baterai ini tepat dan sangat bermanfaat jika digunakan pada lahan sempit dan daerah yang memiliki iklim tropis seperti di Indonesia.

Langkah-langkah dalam pembuatan Kandang Baterai Ayam Petelur yang perlu anda perhatikan adalah:

1. Bahan Kandang Baterai ( battery )
Bahan untuk pembuatan kandang baterai ayam petelur bisa memakai bambu ataupun kawat. Kandang bambu bisa anda buat sendiri  dengan mengikuti pedoman ukuran yang akan kami berikan dibawah ini atau bagi anda yang memiliki banyak modal anda bisa langsung beli kandang yang telah jadi dari bahan kawat dan tentunya hal tersebut bisa menghemat waktu anda. jika anda membutuhkan informasi mengenai harga kandang ayam petelur model baterai (batteray) anda bisa langsung menghubungi admin dari ternak pertama. 

Kandang Baterai bambu

2. Ukuran Kandang baterai ayam petelur
Ukuran kandang ayam petelur model baterai yang akan kami jelaskan dibawah ini merupakan ukuran standar yang biasanya dipakai oleh para peternak ayam petelur, jadi tinggal ikuti saja. mengetahui ukuran kandang ayam petelur sangat perlu anda ketahuii karena hal tersebut akan mempengaruhi kesehatan dan produktif ayam itu sendiri. Tidak hanya berpengaruh pada perkembangan ayam kita meliat dari sisi biaya, jangan lupa membangun usaha tak akan terlepas dari investasi yang dikeluarkan.

Bentuk kandang dibangun memanjang serta di sekat sekat kecil, panjangnya samakan saja sesuai dengan keperluan. Untuk sekat-sekatnya adan bisa menggunakan ukuran dibawah ini
Panjang : 40 cm Lebar : 40 cm
Tinggi : Depan 37 cm dan Belakang 30 cm
Kandang ayam baterai memiliki ventilasi yang sangat terbuka dari berbagai segi dari belakang, atas, depan. untuk bagian alas harus dibuat miring agar telur bisa bergulir atau menggelinding ke depan.

Dalam 1 sekat dapat ditempati oleh 1 atau 2 ayam dewasa yang telah siap produksi

3. Tempat Pakan Dan Minum kandang baterai
Untuk tempat pakan dan tempat minum dibuat bertingkat. Tempat pakan berada di bawah, sedangkan tempat minum  berada di bagian diatas

Tempat pakan anda bisa memakai kayu atau dari pipa. Lebih mudah terbuat dari pipa karena bentuknya sudah lengkung dan mudah didapat di toko bangunan. tempat minum boleh memakai pipa asal tak bocor.

4. Posisi Penempatan pada bangunan pelindung
Kandang ayam di buat panggung dimana kotoran ayam bisa langsung jatuh ke lantai. Ini jelas akan mempermudah anda dalam membersihkan kotoran dan sirkulasi udara menjadi lebih baik.


Penempatan kandang baterai dibangun bersusun bertingkat, tapi tidak boleh pas diatas dan diharuskan begeser ke samping. hal tersebut digunakan untuk ventilasi udara dan kotoran tak menimpa ayam berada dibawah. Saran kami kandang ayam petelur dibuat 2 sampai 3 tingkat saja. Apabila terlalu tinggi anda akan mengalami kesulitan kontrol

Hal yang perlu anda perhatikan!
Tinggi kandang dari tanah 1,25 hingga 1,5 m.  Hal itu berfungsi untuk mengurangi amunia dari kotoran
Jarak ideal antar kandang merupakan 1 x lebar kandang
Posisi kandang dibangun  mengarah ke arah barat-timur, jelas hal tersebut dimaksudkan untuk pengaturan pencahayaan lebih baik.
Kelebihan atau kekurangan dari kandang baterai yang perlu anda ketahui
  1. Kandang mendapatkan ventilasi alami sehingga ayam bakal merasa nyaman, 
  2. Kemungkinan terjadi kanibal bisa dihindari
  3. Penglihatan ayam sakit lebih mudah diketahu
  4. kontrol pakan serta produksi lebih mudah anda lakukan, 
  5. Ayam tidak akan kehilangan energi
  6. produksi telur rutin dalam kondisi bersih.
Kekurangan dari kandang ayam baterai  
  1. Investasi awal pembuatan kandang mahal
  2. Apabila telat dalam membersihkan kotoran bakal ada lalat serta bau
  3. Apabila pakan memiliki kualitas yang tidak baik ayam bakal mudah defisiensi nutrisi 
  4. Mudah terjadi kelumpuhan, apabila ayam dimasukkan sebelum waktunya sebab otot-otot ayam tetap terlalu lemah.
Artikel Lainya :

Cara Beternak Ayam Petelur

Harga Kandang Baterai Ayam Petelur

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar