Skip to main content

Obat Herbal Untuk Mengobati Penyakit Pada Kambing

Ternak PertamaObat Herbal Untuk Kambing - Bagi peternak di pedesaan untuk mengobati ternak yang sakit tentunya mengalami kesusahan, hal tersebut bisa terjadi karena beternak di pedesaan jauh dari kota (toko obat) serta harga obat yang terlalu mahal menjadi masalah bagi para peternak.

Untuk menanggulangi masalah tersebut, kita sebagai peternak mebutuhkan solusi, cara yang bisa kita pakai salah satunya dengan memakai obat tradisional atau obat herbal yang ada dan bisa dilakukan peternak dan harganyapun bisa dibilang terjangkau. Namun usaha pencegahan juga butuh kita lakukan dengan menjaga kebersihan ternak dan lingkungannya, pemberian pakan yang cukup (dengan memperhatikan kualitas dan kuantitas), bersih dan tak beracun. Untuk menanggulangi beberapa penyakit yang sering menyerang kambing kita bisa melakukan dengan pengobatan tradisional atau dengan menggunakan obat herbal. Oleh karena itu kali ini ternak pertama akan menuliskan artikel tentang Obat Herbal Untuk Mengobati Penyakit Pada Kambing.

Obat Herbal Untuk Mengobati Penyakit Pada Kambing Sangat Ampuh

Obat Herbal Untuk Pengobatan Penyakit Kambing

Obat Herbal Untuk Mengobati Kambing Yang Stress

Meningkatkan stamina, daya tahan tubuh dan strees pada kambing penting untuk dijaga bahkan ditingkatkan. Ternak kambing yang habis dari perjalanan jauh, perubahan musim dan tetap dalam proses penyesuaian atau penyesuaian lingkungan baru kambing bakal mengalami penurunan stamina, daya tahan tubuh dan stress yang tinggi, jadi bisa menyebabkan ternak kambing mudah terserang penyakit bahkan berdampak pada kematian. 

Tanda Kambing Yang Stress:

Kambing menjadi lesu dan tak bergairah. Nafsu makan bertidak lebih bahkan hilang. Kambing terkesan tak jarang duduk-duduk.

Pencegahan :

Tempatkan kambing pada kandang/lokasi yang teduh. Hindari keramaian atau aktifitas kegiatan yang membuat ternak kaget. Memberikan pakan sesuai daerah asal (ramban yang telah layu ± 3 jam).

Obat Herbal Yang bisa diberikan (Jamu) pada kambing Yang Stress :
  1. Larutkan gula merah ¼ kg dicampur asam jawa secukupnya. Jamu ini diberikan setelah kambing sampai di kandang atau dari perjalanan jauh (pra droping), cuaca disekitar kandang baik yang kurang baik (terik panas/hujan) dan pada saat satu bulan pertama droping/adaptasi. Jamu ini diberikan 1 satu minggu satu kali dan dua hari berturut-turut sesaat setelah droping.
  2. Madu ¼ gelas dicampur dengan kuning telur itik 1 butir. Berikan jamu ini dengan cara diminumkan.
  3. Bisa juga Kambing di suntikkan neurobion / vit B komplek yg di jual di Apotek

Obat Herbal Untuk Meningkatkan Nafsu Makan Pada Kambing

Dengan meningkatnya nafsu makan kambing maka produktifitasnya bakal meningkat dan ternak bisa terjaga stamina, daya tahan tubuh, strees dan penyakit. Untuk itu, upaya menambah nafsu makan harus selalu kita berikan. Adapun jamu yang bisa diberikan untuk menambah nafsu makan antar lain :
  1. Daun talas 3 lembar dan garam dapur 3 sendok makan direbus selama 15 menit. Daun yang telah matang diberika setiap ekor kambing.
  2. Kencur satu gelas dengan takaran 1 ons, diparut dan dicampur kuning telur ayam 1 butir, Jamu ini diberikan setiap 3 hari sekali hingga kondisi makan kambing normal kembali.
  3. Daun buni, umbi lempuyang gajah dan terasi secukupnya ditumbuk hingga halus, lalu ditambah sedikit air matang. Ramuan ini diperas dan diambil sarinya dan airnya diberikan pada kambing.
  4. Mentimun 2 buah diparut, lalu dicampur garam dapur, asam jawa, terasi dan air secukupnya. Ramuan ini siap diberikan pada kambing untuk satu kali pemberian.
  5. Daun buni 5 lembar, lengkuas sebesar ibu jari, terasi dan garam dapur secukupnya ditumbuk hingga halus lalu ditambahkan air secukupnya. Ramuan ini diperas dan airnya disaring dan diberikan pada 2 ekor kambing.
  6. Pucuk daun durian 5 lembar, daun buni 5 lembar, daun dadap serep 5 lembar, terasi dan garam dapur secukupnya kemudian bahan ini dihaluskan. Tambahkan sedikit air dan airnya diperas. Air perasan ini diberikan pada 2 ekor kambing.

Obat Herbal Untuk Perut Kembung Pada Kambing

Kembung (bloat) dikarenakan oleh penimbunan gas dalam perut dampak proses fermentasi berlangsung cepat. Tingginya akumulasi gas menekan organ dalan tubuh sehingga mengakibatkan kesakitan, pernapasan dengan mulut terbuka atau frekuensi pernapasan tinggi, dan frekuensi buang air besar dan kencing meningkat. Agar hewan ternak kambing anda tidak mengalami perut kembung, hindari pemberian pakan kambing sebagai berikut :
  1. Pakan hijauan yang masih terlalu muda, banyak mengandung air atau terlalu basah, baik terkena air hujan atau embun. Maka sebaiknya kambing diberi pakan hijauan yang telah kering dari embun pagi.
  2. Pakan dari bahan pakan yang mudah dan cepat mengalami pembusukan seperti kol, lobak dan wortel secara berlebihan.
  3. Pakan biji-bijian yang tergiling halus terlalu banyak, tetapi kuarang mendapat hijauan berserat.
  4. Pakan leguminosa (daun kacang-kacangan) terlalu berlebihan. Bila kondisi memaksa, hijauan sebaiknya diberi percikan minyak kelapa.

Tanda-tandaKambing Mengalami Perut Kembung antara lain:
  1. Kambing merasa gelisah, sakit, dan susah bernapas. Perut tahap kiri mengalami pembesaran yang bila ditepuk akan berbunyi seperti bedug/gendang.
  2. Punggung membungkuk, denyut jantung melemah, selaput lender mulut kebiruan.
  3. Kambing jatuh dan susah bangun lagi, bila dibiarkan ternak bisa mati mendadak.

Pengobatan Herbal (Jamu) yang bisa diberikan untuk Kambing Perut Kembung antara lain:
  1. Minyak nabati (minyak kelapa, minyak kedelai, atau minyak sawit) kurang lebih  100-200 ml (kurang lebih ½ – 1 gelas) dengan cara dicekok.
  2. Kambing dicekok 200 cc “Sprite/soda”, lalu perut yang kembung sebelah kiri dibalur dengan bawang merah halus yang telah dicampur dengan minyak angina. Bila angina telah keluar melewati anus, kedua kaki depan diangkat ke atas sambil sisi perut dijepit dengan kaki kita. Mulut kambing harus dalam kondisi terbuka, dengan cara mulut kambing disumbat dengan kayu/paralon dengan cara melintang dan usahakan kambing tetap berdiri. Dengan cara tersebut semua timbunan gas dalam perut bakal keluar.
  3.  Bagian anus kambing ditusuk dengan tangkai daun papaya yang ujungnya telah diolesi minyak goreng supaya tak melukai dinding anus. Setelah itu kedua sisi perut kambing dijepit jadi gas akan keluar melewati tangkai daun papaya.
  4. Berikan Mylanta cair dengan dosisi 1 ml / 1 kg bb, apabila parah dosis bisa di tingkatkan 2 kali lipat. mylanta di campur dengan air matang 1:10

Obat Herbal Untul Mengobati Scabies (Kudis) Pada Kambing

Kudis atau kurap pada kambing disebabkan oleh tungau Sarcoptes scabei, Psoroptes communis var.ovis dan Chorioptes ovis. Tungau ini mudah menular ke ternak lain.

Tanda Kambing yang terkena Scabies (Kudis) antara lain :

Kulit tampak bercak-bercak merah yang membentuk bisul sehingga kulit akan mengalami kekakuan, penebalan dan bersisik. Kambing yang terkena Scaboes atau Kudis akan menggosok-gosokkan bulunya ke dinding kandang sebab gatal dan akan mengakibatkan bulu kambing akan rontok. Kambing yang terkena Scabies lambat laun akan kurus, nafsu makan berkurang dan anemia/kekurangan darah dampkanya produksi susu menurun.

Pencegahan :
  1. Sanitasi kandang dan penyemprotan pada kandang yang tercemar penyakit kudisan sebelumnya.
  2. Hewan yang sakit dipisahkan dari yang hewan sehat dan hindari kontak langsung dengan ternak sehat.

Penyebab Kambing Terkena Scabies Atau Kudis (Kurap):
  • Parasit yang ada pada kotoran, hal itu terjadi karena kandang kambing kotor dan kambing tersebut tidak sempat dimandikan.

Tanda- tanda kambing yang terkena scabies atau kurap (Kudis):
  • Kerak - kerak pada permukaan kulit, Kamning rutin menggesekan bagian kulit yang terserang kudis, bulu terlihat rotol, kulit menjadi tebal dan kaku
Obat Herbal Untuk Pengobatan Kambing Yang Terkena Scabies (Kudis atau kurap):
  1. Cukur bulu kabing di daerah terkena scabies, mandikan kambing dengan disikat dan dengan sabun antiseptic/deterjen. hingga bersih, kemudian jemur hingga kering. Seusai kering bisa diobati
  2. Permukaan kulit yang sakit digosogkan campuran serbuk belerang, kunyit dan minyak kelapa yang dipanaskan setiap 2 hari sekali digosokkan pada kulit yang sakit..
  3. Kulit yang sakit diolesi dengan oli bekas secara teratur seminggu sekali. Pengobatan dengan oli bekas dari kendaraan yang sudah menempuh jarak 1.000 km paling manjur sebab pertumbuhan bulu dan pembetulan kulit sangat baik dibandingkan dengan memakai belerang (Balai Penelitian Veteriner/Balitvet).
  4. Jeruk purut digiling halus, ditambahkan garam dapur dan minyak kelapa. Gosokkan pada kulit yang terserang kudis.
  5. Lengkuas, daun ketepeng kerbau dan garam dapur dihaluskan dan dioleskan dibagian kulit yang terserang kudis.
  6. Kamper / kapur barus digerus, dicampur minyak kelapa dan dioleskan dibagian kulit yang sakit.
  7. Gerusan Kapur barus di campur gerusan belerang di campur minyak goreng bekas, kemudian di salepi ke bagian yang terkena.

Pencegahan:
  1. Kambing yang terkena penyakit kudis tak boleh bercampur dengan ternak yang sehat.
  2. Kambing yang baru dibeli harus bebas dari penyakit kudis
  3. Mandikan ternak dua minggu sekali.
  4. Bersihkan kandang seminggu sekali.
  5. Obat Herbal Untuk Mengobati Penyakit MYASIS Pada Kambing

Penyebab Kambing Terkena Penyakit Myasis Antara lain:

Luka di bagian yang berdarah terinfeksi oleh lalat jadi lalat berkembangbiak (bertelur) dan menghasilkan larva belatung.
  1. Tanda-tanda Kambing Yang Terkena Penyakit Myasis:
  2. Adanya belatung yang bergerak-gerak dibagian yang luka
  3. Bila belatungan pada kaki/teracak maka kambing akan terlihat pincang.

Obat Herbal Untuk Mengobati Penyakit Myasis Pada Kambing:
  1. Bersihkan luka dari belatung, kemudian obati dengan gerusan kapur barus atau tembakau.
  2. Luka dibungkus dengan kain/perban untuk melindungi dari terjadinya luka baru atau kotoran.
  3. Pada hari berikutnya luka dibersihkan, pengobatan diulang dan dibungkus kembali. Biasanya dua atau tiga kali pengobatan kambing akan sembuh.
  4. Bila belatung telah terbasmi, pemberian yodium tinctur bisa digunakan untuk mempercepat pertumbuhan.

Obat Herbal Untuk Kambing Yang Terkena Penyakit Cacingan


Penyebab Kambing Terkena Penyakit Cacingan :

Cacing tubuh karena kondisi kandang yang kotor atau padang pengembalaan yang kotor. Cacing yang banyak ditemukan pada kambing yang terkena penyakit cacingan adalah cacing Haemonchus contortusi. Cacing ini hidup sebagai parasit di daerah pencernaan kambing dan menghisap sari makanan, cairan tubuh dan darah, dan mengeluarkan racun yang berdampak pada kambing menjadi lemah dan lesu.

Tanda-tanda Kambing Yang Terkena Cacingan :
  1. Kambing akan terlihat kurus, lemah, pucat, bulu berdiri dan kusam.
  2. Kambing mengalami diare, nafsu makan sangat berkurang, perut membesar dan produksi susu menurun.
  3. Daerah rahang terkesan membengkak Mati mendadak
Obat Herbal Untuk Kambing Yang Terkena Penyakit Cacingan:
  1. Buah pinang/jambe 2 buah yang telah dijemur hingga kering dan ditumbuk halus lalu diaduk dengan gula jawa dan dibentuk pellet/butiran. Pemberian ini diberikan dengan cara dicekokkan.
  2. Daun tembakau 5 lembar dilumatkan, lalu dicampur air secukupnya dan disaring. Air saringannya diminumkan pada kambing yang sakit
  3. Serbuk getah papaya muda dicampur air dengan perbandingan 1 : 5 hingga terbentuk suspensi. Suspensi getah papaya ini diminumkan atau dicekokkan dengan memakai selang supaya langsung masuk ke dalam perut. Pemberian kurang lebih1,2 gr/Kg berat badan.
  4. Tepung buah pinang dicampur dengan nasi hangat dikepal-kepal kemudian dipaksakan untuk dimakan kambing. Sebaiknya kambing dianjurkan untuk dipuasakan terlebih dahulu.
  5. Daun kelor yang tua dibakar, kemudian debunya dicampur air dan diminumkan. Pengobatan diulangi satu minggu kemudian.

Pencegahan:
  1. Kandang dibuat panggung dan bersih
  2. Pengaritan rumput setelah kondisi panas yaitu pada jam 12.00-15.00 atau pengembalaan kambing pada siang hari jam 10.00-15.00.
  3. Jangan menggembalakan kambing pada daerah rawa, sungai dan sawah.

Obat Herbal Untuk Mengobati Kambing Yang Keracunan Makanan

Penyebab Kambing Keracunan Makanan antara lain:
  • Ternak kambing memakan rumput-rumputan atau daun-daunan yang mengandung zat racun.

Tanda-tanda Kambing Yang Keracunan Makanan
  • Mati mendadak, mulut berbusa, kebiruan pada selaput lendir, pengelupasan kulit/eksim atau terjadi pendarahan. mulut berbusa, kejang, kebiruan pada selaput lendir dan terkadang mati mendadak
Obat Herbal Untuk Kambing yang Keracunan Makanan:
  1. Minyak kelapa 1 gelas diminumkan pada 1 ekor kambing dan beri minum air kelapa setidak sebanyak-banyaknya
  2. Air kelapa dicampur dengan asam jawa dan garam dapur secukupnya duminumkan pada kambing yang keracunan.
  3. Berikan Norit yang di gerus dicampur air matang.
  4. Bila ternak keracunan insektisida, kambing diberi air minum santan kelapa hangat 1 gelas.
  5. Ternak jangan diberi hijauan beracun semacam, daun singkong dan daun dadap serep.

Pencegahan:
  • Tidak memberikan tanaman beracun atau menggembalakan kambing di daerah yang banyak tumbuh tanaman yang mengandung racun.

Obat Herbal untuk Kambing Yang Terkena Belekan / Pink Eye

Kambing yang terserang belekan aktivitasnya bakal terganggu, ini dikarenakan oleh trauma dampak tertusuk ujung rambut, debu dan duri. Mesikipun demikian penyakit ini bisa dikarenakan oleh bakteri, virus, Chlamidia dan Ricketsia.

Tanda Kambing Belekan :

Mata mengeluarkan air, tertutup dan berkedip-kedip. Mata membengkak, merah, kemudian keruh dan muncul borok pada selaput bening hinga mengalami kebutaan.

Pencegahan :

Kebersihan kandang dijaga/sanitasi, pisahkan ternak yang sakit. Pakan dipotong singkat supaya tak melukai mata. Memandikan kambing 1 bulan 2 kali pada waktu cuaca cerah.

Obat Herbal Untuk Kambing Yang Belekan:
  1. Mata kambing dicuci dengan air hangat. Semprotkan dengan teh dan garam yang dilarutkan dalam air hangat. Penyemprotan dilakukan dengan mulut kita. Setelah disemprot berikan obat tetes mata atau salep mata manusia. Pengobatan ini dilakukan setiap hari hingga sembuh. Bisa juga mata yg sakit di teteskan OXYVET LA alias Erlamicetin
  2. Obat Herbal Untuk Kambing Yang Mencret Atau Diare
  3. Mencret terjadi akibat adanya gangguan pada saluran pencernaan yang dikarenakan oleh bakteri, makanan rusak, dan lingkungan alias udara dingin.
Tanda-tanda Kambing Yang Mencret atau Diare:

Feses atau kotoran kambing berwarna hijau muda, hijau mengkilap, hijau kekuningan, hijau kemerahan alias hijau kehitaman. Ternak tampak lesu, lemah dan pucat.

Pencegahan :
  1. Hindari hijauan kacang-kacangan atau daun muda berlebihan.
  2. Jaga sanitasi kandang.
Obat Herbal Untuk Pengobatan Kambing Yang mencret atau diare :
  1. Kambing yang sakit diberi larutan garam 10 gr dan gula pasir 10 gr dan air matang 2,5 liter.
  2. Kambing yang sakit diberi larutan oralit atau norit sebanyak 3 tablet.
  3. Air kelapa muda diminumkan secukupnya.
  4. Daun jambu biji 5 lembar dilumatkan bersama garam dapur dan diberikan pada kambing.
  5.  Kambing banyak diberi hijauan daun jambu biji, daun bambu muda dan daun buni
Cek juga !!

Harga Kambing Hari Ini


Demikian artikel tentang obat hebal untuj kambing yang bisa kami sampaikan. Jika artikel ini bermanfaat ayo like dan share agar info ini bisa sampai ke peternak. Sekian. Salam peternak indonesia...

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar