Tuesday, December 27, 2016

Konsultasi Teknis : Apa Boleh Kandang Ayam Pedaging Dekat Dengan Kandang Ayam Petelur?

Ternak Pertama - Sesui dengan  komitmen ternakpertama.com untuk berkontribusi membantu para peternak yang membutuhkan solusi  atas berbagai masalah yang dihadapi seputar peternakan. Kami siap menjawab pertanyaan tersebut sesuai dengan ilmu dan pengalaman yang kami miliki selama ini.


Apa Boleh Kandang Ayam Pedaging Dekat Dengan Kandang Ayam Petelur?


Bp. Kirman. Garut (0823372xxxxx)

Assalamu’alaykum Wr. Wb. Setelah membaca Panduan Lengkap Ayam Broiler, mohon maaf saya mau menanyakan, apa boleh kandang ayam pedaging dekat dengan kandang ayam petelur? Terimakasih.

Jawab
Wa’alaikumsalam Wr.Wb. 
Berkenaan dengan jarak satu peternakan dengan peternakan lain, Environmental Code of Practice for Poultry Farm in Western Australia (2004) mempersyaratkan jarak antar peternakan hendaknya minimal 100 meter (diukur dari bagian lokasi kandang terluar). Namun, jika berbeda jenis (misal kandang broiler dan kandang ayam petelur) direkomendasikan jarak antar peternakan minimal 1 km (1.000 meter) apalagi di Indonesia di mana kandang kebanyakan menggunakan sistem open house (kandang terbuka). Hal ini terkait dengan aspek bioscurity. Tujuanya adalah adalah untuk mencegah wabah penyakit dan penularan penyakit dari satu lokasi peternakan ke peternakan yang lain.

kandang ayam pedanging dan kandang ayam petelur
kandang ayam pedanging dan kandang ayam petelur
Disamping jarak lokasi peternakan, dalam memilih lokasi kandang hendaknya mempertimbangkan:
  1. Kondisi suhu dan kelembaban lingkungan apakah sesuai untuk karakter ayam yang mudah mengalami heat stress (stres panas).
  2. Topografi dan tekstur tanah serta sumber air.
  3. Luas lahan yang disesuaikan dengan target pengembangan peternakan.
  4. Akses transportasi dan instalasi listrik.
  5. Jarak peternakan dengan pemukiman warga, baik saat ini maupun perkembangan wilayah tersebut di masa mendatang.
  6. Perizinan: Usahakan ada bukti resmi tentang pembangunan peternakan untuk menghindari penggusuran atau penutupan peternakan. Perizinan ini meliputi surat persetujuan dari masyarakat sekitar, rekomendasi dari desa, izin pemerintah kota atau kabupaten, izin mendirikan bangunan dan AMDAL, surat izin usaha dan surat izin gangguan (Hinder Ordo-nantie/HO). Informasi persyaratan perizinan peternakan bisa diperoleh di kantor/dinas perijinan Kabupaten/Kota setempat untuk prosedur.

Demikian yang bisa kami sampaikan semoga membantu anda serta bermanfaat bagi kita semua. Salam Peternak Indonesia!

Bagi bapak/ibu yang ingin konsultasi seputar peternakan, silahkan kirim pertanyaan melaui 

  • Email : ternakpertamaku@gmail.com

 Produk Ternak Pertama :
Bagi Bapak/ibu yang sedang mencari salah satu produk kami, untuk pribadi, usaha ataupun bisnis peternakan bisa memesan/membelinya di ternakpertama.com melalui :

  1. Email : ternakpertamaku@gmail.com
  2. SMS/WA : 089515248576
  3. PIN BB : 5FC2289D

Format Pemesanan Untuk Sapi : 
  • Ketik NamaLengkap#Alamat Lngkap#Jumlah#Spesifikasi

Contoh Bapak Budi Santoso#jln angrek no 62 Kel/Desa Antapani Kidul Kec Antapani/cicadas Kota Bandung Provinsi Jawa Barat # 100ekor#bobot 300Kg

Note :

*WAJIB Menyebutkan Nama dan Alamat Lengkap
*Kami tidak menerima Telephone ( jika sudah sepakat di Email, SMS/WA atau PIN dan Sudah Pasti membeli kami yang akan telp/menghubungi bapak/ibu )
*Ternakpertama.com hanya menggunakan Email, SMS/WA ataupun PIN BB yang tertera diatas.
Konsultasi Teknis : Apa Boleh Kandang Ayam Pedaging Dekat Dengan Kandang Ayam Petelur?
4/ 5
Oleh