Cara Mengobati Katarak Pada Sapi Yang Benar

Cara Mengobati Katarak Pada Sapi - Sapi merupakan salah satu hewan ternak yang sangat populer di indonesia. Saat ini usaha ternak sapi adalag usaha ternak yang memiliki prospek yang sangat menjanjikan namun ada bagi anda pemula pasti takut dengan masalah yang akan mengganggu pada hewan ternak. Salah satu penyakit sapi yang perlu kita waspadai adalah katarak. Penyakit katarak bukan hanya menyerang pada manusia saja, sapi pun bisa saja terkena penyakit katarak di indera penglihatannya (mata sapi).  Penyakit katarak pada sapi akan akan berdampak pada pengliatan sapi, jika dibiarkan sapi anda juga bisa mengalami kebutaan. Untuk itu ternakpeertama.com hari ini akan memberikan informasi bagaimana cara mengobati katarak pada sapi yang benar. Harapan kami, penyakit yang termasuk epidemik ini bisa segera teratasi sehingga sapi anda tidak mengalami kebutaan.

Cara Mengobati Penyakit Katarak Pada Sapi
Penyakit Katarak Pada Sapi

Sebelum kita membahas tentang " Bagaimana Cara mengobati Katarak Pada Sapi " alangkah baiknya kita ketahui terlebih dahulu faktor apa saja yang menyebabkan penyakit katarak pada sapi, berdasarkan pengalaman, salah satu penyebab katarak sapi adalah munculnya mikroorganisme pathogen atau bisa juga karena trauma. Sering kali ditemu karena tak dapat beradaptasi dengan perubahan iklim. Namun Faktor pemicu katarak sapi juga dapat dari lalat, kelembaban, debu, banyaknya jumlah hewan dalam satu kandang dan curah hujan yang tinggi.

Anda harus wasapasa biasanya gejala katarak pada sapi dimulai dari nafsu makan berkurang, sapi mengalami demam tinggi, atau bisa juga karena depresi. Jika sapi anda terkena penyakit katarak biasanya pada mata sapi dimulai dengan keluarnya kotoran mata yang lama lama akan menyerang pada kornea, mengalami konjunctivitis, dan keratitis. Masa inkubasi untuk penyakit katarak sapi sendiri dapat sampai 2 atau 3 hari, bahkan pun lebih.

Diagnosa awal dapat anda lihat gejala mata merah pada mata sapi atau kelopak mata yang semakin hari semakin membengkak.
Penyakit katarak pada sapu inu juga bisa di lihat dari Mata putih, atau katarak pada sapi juga bisa diawali dengan belek pada sapi yang tak ditangani secepat mungkin.


Jika sapi anda terkena katarak, Langkah penangan yang tepat adalah dengan pengobatan yang benar. Obat katarak yang bagus salah satunya adalah dengan memberikan beberapa antibiotic seperti salep mata sulfathiazole 5%, zink sulfat 2,5%. Atau bisa juga dengan memakai campuran anti bakterial dengan anestesi lokal. Ada cara mudah dalam pengobatan penyakit katarak pada sapu yakni dengan menggunakan furazone powder, atau bisa juga dengan penyuntikan LA 200 yang dapat diteteskan secara langsung pada mata. Cara cepat mengobati katarak sapi lebih murah bagi Anda dan para peternak. Kemudian cara herbal mengobati penyakit katarak yakni dengan memverikan tetesan air perasan jeruk nipis yang sudah dicampurkan dengan antibiotik dan langsung disemprotkan dibagian mata sapi yang terserang penyakit katarak.

Bagaimana caranya agar sapi tidak terkena penyakit katarak? Salah satunya demgan melakukan pencegahan. Salah satu yang anda lakukan adalah dengan memberikan pakan yang memiliki kandungan vitamin A dan yang terpenting selalu jaga kebersihan kandang sapi dari hewan-hewan karier. Bukan itu saja, anda harus pisahkan sapi yang sehat dengan sapi yang terdiagnosis terkena katarak. Hal ini penting anda lakukan agar penyakit tidak akan menular pada sapi-sapi lainnya.

Demikian artikel tentang Bagaimana Cara Mengobati Katarak Pada Sapi Yang Benar yang bisa kami berikan. Harapan kami hewan ternak sapi anda selalu dalam kondisi sehat. Sekian. Salam ternakpertama.com
Cara Mengobati Katarak Pada Sapi Yang Benar
4/ 5
Oleh