Cara Menentukan Ukuran Luas Kandang Ayam

Cara Menentukan Ukuran Luas Kandang Ayam - Kita harus tau, kandang mememiliki manfaat yang sangat penting karena aktivitas ayam akan lebih banyak dihabiskan di dalam kandang. Manfaat kandang ayam digunakan sebagai tempat untuk berteduh dari terinya panas dan hujan, sebagai tempat untuk berkembang biak, untuk merawat anak-anaknya dan juga untuk perkawinan dan membesarkan anak-anaknya. Sehingga Kandang sangat perlu untuk mendapatkan perhatian dari peternak agar manfaat kandang ini mampu mendukung pertumbuhan dan perkembangan ayam. Oleh sebab itu, peternak juga harus memahami berapa ukuran luas kandang ayak yang sesuai san pas agar nantinya tidak akan terjadi kepadatan populasi.

Bagaimana cara menentukan luas kandang Ayam Kampung Super?


Asal anda tau, Ukuran luas kandang ayam sangat berpengaruh dengan tingkat kenyamanan ayam. Jika didalam kandang terlalu banyak ayam yang dipelihara dalam satu populasi maka tingkat kepadatan juga akan tinggi. Diaman tingkat kepadatan juga akan mempengaruhi kesehatan ayam. Kandang yang padat akan membuat Ayam kepanasan, selera makan akan hilang, ayam menjadi letih dan lesu sehingga pada akhirnya ayam tersebut akan sakit. Jika kondisi tersebut dibiarkan atau anda tidak melakukan tindakan dengan cara memindahkan ke ayam ke kandang lain, maka ayam bisa mengalami mortalitas/ kematian.


Menentukan ukuran kandang memang berhubungan dengan jumlah ayam yang akan dipelihara. Dimana semakin banyak ayam yang dipelihara maka kandang juga butuh perluasan. Bukan itu saja, bentuk kandang juga akan mempengaruhi kapasitas ayam yang dipeliharanya. Untuk sekarang ini bentuk kandang ayam yang sering pakai untuk memelihara ayam kampung super adalah kandang postal dengan lantai litter, kandang panggungg/ cage serta kandang tingkat/ kandang baterai.

Misalnya kami kasih contoh, jika anda akan memelihara 10.000 ekor ayam dengan kandang bentuk postal berlantai litter dengan lebar maksimal 7 meter maka kepadatan maksimal 12 ekor per meter persegi (1:12). Dengan rincian panjang kandang = 10.000/ (7 x 12 ) x 1 meter = 119 meter. Bagaimana ? Paham tidak?

Dengan cara diatas berarti untuk kapasitas 10.000 ekor anda dapat membuat kandang dengan ukuran 7 m x 119 m.

Masih dengan cara yang hampir sama, jika anda akan ternak ayam sebanyak 10.000 ekor dengan mengunakan kandang panggung dengan lebar kandang maksimal 8 meter dengan kepadatan kandang maksimal 15 m per meter persegi ( 1 : 15 ). Maka  ukuran kandang ayam tersebut 7 x 84 meter.

Namun kalau anda akan memakai kandang tingkat/ baterai dengan lebar maksimal 7 meter dengan kepadatan 12 ekor per meter persegi, maka ukuran kandang yang sesuai 7 x 60 m.

Cara menentukan luas kandang ayam diatas bisa anda gunakan untuk memelihara ayam yang sudah dewasa saja sedangkan jika masih bibit DOC atau anakan maka tingkat kepadatan juga akan lebih tinggi.

kandang yang paling banyak digunakan untuk memelihara Ayam Kampung Super adalah bentuk kandang postal dengan litter. Pada bagian awal untuk kepadatan per meter sekitar 60 ekor/ meter. Kemudian setelah umur 7 – 12 hari maka tingkat kepadatan harus dikurangi menjadi 40 ekor/ meter. Sedangkan untuk umur 13 – 30 hari populasi per meter tinggal 20 ekor. Pada saat umur 31 hingga masa panen kepadatan populasinya 9 ekor/ meter.

Kami jual DOC Ayam Kampung Super yang dapat di kirim ke seluruh wilayah di Indonesia.

Silahkan hubungi ternak pertama untuk mendapatkan DOC Ayam Kampung Super yang berkualitas untuk wilayah Pulau Jawa maupun wilayah luar Pulau Jawa. Untuk pemesanan silahkan hubungi kami.
Cara Menentukan Ukuran Luas Kandang Ayam
4/ 5
Oleh