Cara Beternak Ayam Joper Untuk Pemula Agar Cepat Panen

Cara Beternak Ayam Joper Untuk Pemula – Ayam Joper adalah kepanjangan dari Ayam Jawa Super atau biasa anda kenal dengan nama Ayam Kampung Super. Ayam Joper itu adalah ayam yang dihasilkan dari perkawinan silang antara ayam jantan kampung dan ayam betina petelur. Istilah ayam joper lainya adalah ayam jawa super, ayam kampung super, ayam kamper dan masih banyak lagi istilahnya tergantung dari daerahnya.

Usaha Beternak ayam Joper sat ini banyak yang melirik karena memang memiliki keuntungan yang menjanjikan. Bukan tanpa alasan, karena memang ayam Joper mempunyai kelebihan pada perumbuhan yang lebih cepat dari pada ayam kampung asli sehingga jika anda benternak ayam joper bisa panen lebih cepat. Bukan itu saja, saat ini harga jual ayam Joper di pasaran juga stabil dan cukup tinggi sehingga bisa memberikan keuntungan lebih pada peternak. Pada saat saya menulis artikel ini Harga Joper di pasaran di bandrol dengan Harga Rp. 35.000/kg.

Cara Beternak Ayam Joper Untuk Pemula
Ayam Joper Masa Grower
Kelebihan usaha ayam Joper ini juga tak muncul begitu saja. Ayam joper memiliki ternyata memiliki sifat asli dari indukannya yakni ayam broiler dan ayam kampung atau ayam lokal. Seperti yang sudah saya katakan di awal, Ayam broiler memang mempunyai pertumbuhan yang cepat dan daging yang lebih gemuk. Sehingga ayam joper saat ini banyak digunakan untuk konsumsi pribadi ataupun bisnis rumah makan.

Yang kita tau, ayam kampung mamang dikenal dengan rasanya yang kas, dagingnya juga begitu empuk dan enak serta ayam kampung asli juga kebal terhadap serangan penyakit unggas. Sehingga kelebihan inilah yang diturunkan ke ayam Joper makanya harga ayam joper juga lumayan tinggi.

Berdasarkan data, saat ini banyak peternak yang beralih untuk Beternak Ayam Joper sebagai usaha ternak skala rumahan. Sebenarnya, Beternak ayam Joper tidak sesulit yang kita bayangkan. Seorang peternak pemula sudah mampu untuk melakukannya. Nah sekarang, Bagaimana cara beternak ayam Joper untuk pemula yang benar agar cepat panen? Simak artikel ternakpertama.co  berikut ini :

Cara Beternak Ayam Joper Bagi Pemula Agar Cepat Penen.


Baiklah langusung saja kita bahas, cara beternak ayam Joper untuk Pemula yang benar agar cepat panen. Mudah mudahan artikel ini dapat menjadi referensi kususnya untuk peternak pemula yang akan memulai usaha ternak ayam Joper agar cepar panen :

Persiapan Kandang untuk Ayam Joper

Ayam joper akan merasa nyaman dan akan hidup dengan baik jika kandang sudah persiapkan dengan matang. Kandang ayam joper yang baik dan sesuai satandar akan menjadi tempat tinggal yang nyaman bagi ayam sehingga nanti bisa tumbuh dan berkembang secara maksimal.

Anda harus pastikan jaga selalu kebersihan kandang ayam jangan sampai kotor dan tak layak jika hal itu terjadi maka ayam Joper akan mengalami stres sehingga pertumbuhan dan perkembanganya juga akan terhambat. Dampak terparahnya joper banyaj yang mati sehingga gagal panen.

Jika anda tak mau hal di atas terjadi maka pastikan buatlah kandang ayam Joper selalu bersih dan senyaman mungkin. Ingat ya, Dalam hal perawatan ayam joper berbeda dengan ayam kampung asli yang bisa di umbar kapanpun karena ayam Joper mempunyai sifat yang beda dan perlu perawatan yang intensif.

Ukuran Kandang Ayam Jawa Super yang benar. Sebenarnya , Tak ada standar berapa luas kandang yang harus di buat. Anda cukup perhatikan dengan kepadatan / populasi ayam joper di kandang. Kami sangat menyarankan agar anda membuat 2 kandang. Pertama kandang joper untuk DOC, dan kandang joper untuk masa grower atau pembesaran. Berikut ini kami berikan ukuran kandang joper yang ideal untuk beternak ayam jawa super atau ayam kampung super bagi pemula agar cepat panen.
Ayam joper umur 1-6 hari populasi 60 ekor per m2 kandang 
Ayam joper umur 7-12 hari populasi 40 ekor per m2 kandang 
Ayam joper umur 13- 30 hari populasi 20 ekor per m2 kandang 
Ayam joper 31 – hari sampai panen polulasi 9 ekor per m2 kandang
Ilustrasi:

Anda mempunyai ayam joper yang siap panen dengan populasi 1000 ekor. Sehingga anda persiapkan kandang berukuran 100 meter persegi (10×10 m).

Beternak ayam joper akan lebih maksimal jika anda buat kandang ayam Joper yang jauh dari pemukiman warga, dan pastikan selalu menjada kebersihannya. Selain itu kebutuhan air juga harus tercukupi serta letak kandang mudah ijangkau dengan transportasi. Bukan itu saja, anda juga perlu memperhatikan arah kandang. Kandang yang ideal dan baik adalah kandang yang mendapatkan sirkulasi udara yang cukup dimana arah kandang joper yang bagus arahnya membujur dari arah timur ke arah barat.

Bukan hanya sirkulasi udara yang cukup, anda juga harus pintar dalam mengatur sinar matahari yang masuk ke kandang (agar tidak terkena sinar matahari langsung). Hal ini perlu anda lakukan untuk pencegahan agar ayam Joper tak kepanasan selama siang hari. Selain itu, anda juga harus memperhatikan tingkat Kelembaban. Kandang ayak harus dijaga kebersihanya agar tak terlalu lembab (pengap). Pastikan pula dalam menentukan Ukuran kandang , harus sesuai dengan jumlah dan umur ayam Joper yang diternak (jangan terlalu sempit dan jangan terlalu lebar).

Cari Bibit / DOC Ayam Jawa Super yang Unggul

Bukan hanya kandang ayam saja yang anda perhatikan, Kualitas ayam Joper juga ditentukan oleh bibitnya. Anda harus pintar memilih bibit ayam joper yang unggul. Anda paasti dalam beternak ayam Joper agan memanfaatkan dagingnya bukan? maka anda juga harus memilih bibit yang memiliki tubuh besar sehingga nanti joper anda juga akan cepat tumbuhannya. Selain itu, Pilih juga bibit yang waktu penetasannya tepat 21 hari, jangan kurang ataupun lebih.

Ciri ciri bibit ayam joper yang unggul yakni bibit ayam Joper di lihat fisiknya sehat ditandai dengan mata bersinar, tubuhnya tegap, tak punya cacat bawaan serta memiliki bulu yang bersih dan mengkilap. Itulah ciri ciri joper yang berkualitas, jika doc yang anda beli tak memiliki ciri ciri tersebut maka dapat dipastikan bibit ayam Joper tersebut dalam kondisi sakit sehingga tak layak untuk diternak. Kami tekankan lagi,  Anda harus pintar memilih bibit jopet yang unggul dan benar-benar teliti dalam memilih bibit ternak ayam Joper.

Untuk mendapatkan bibit DOC ayam Joper yang berkualitas dan unggul. Silahkan pesan di ternakpertama.com

Pemberian Pakan Yang Berkualitas

Setelah pembuatan kandang dan pemilihan bibit DOC ayan joper yang berkuakutas, hal yang menunjang keberhasilan dalam usaha beternak ayam joper selanjutnya adalah Pakan. Pakan joper yang berkualitas merupakan salah satu keberhasilan dalam usaha beternak ayam Joper untuk pemula. Selain pakan yang berkualitas, cara pemberian pakan ayam Joper pun juga harus sesuai dengan jumlah dan porsi nutrisi yang di perlukan. Pakan ayam Joper dapat anda peroleh di toko pakan ternak terdekat.

Cara Pemberian Pakan Ayam Joper / DOC joper yang benar

Bibit DOC Ayam Joper yang baru anda beli sebaiknya di istirahatkan beberapa saat, setelah itu berikan minuman dari campuran gula jawa dan air (1 Sendok gula jawa di campur 200 ml air)

Untuk DOC dapat berikan Voer atau BR murni hingga umur 4 minggu, kemudian  DOC umur 4 minggu pakannya bisa anda campur dengan bekatul, jagung, bungkil kedelai dls. Untuk pengalaman, anda dapat mencoba-coba untuk menemukan takaran yang pas.

Kemudian, anda juga harus sering mengontrol pakan ayam Joper pastikan sudah benar benar tersebar merata apa belum. Jangan ada ayam Joper yang tak kebagian makananal atau tidak mau makan karena hal ini menghambat pertumbuhannya, bahkan jika di biarkan terus menerus bisa mengakibatkan kematian.

Selain beri pakan kualitas pakan , Berikan juga Multivitamin agar ayam selalu dalam kondisi  Prima. Perlu di ingat, Ayam joper umur 1 hari (DOC Joper)  diberi air gula dan Vita chick atau Neo meditril untuk mengatasi stres dan ayam semakin kuat. 

Ayam joper umur 4-6 hari berikanlah Vita Chick atau vita stress untuk mengurangi dan mencegah ayam stres serta dapat memacu pertumbuhan ayam joper. Sedangkan Ayam joper umur 12 – 13 hari, umur 22-24 hari dan umur 31-32 hari ayam di berikanlah Vita stress atau Fortevit untuk mengurangi / mencegah stres serta dapat pula untuk memicu pertumbuhan ayam

Cara Pemberian multivitamin yang benar yakni dengan mencampurkannya ke air minum ayam secara merata.

Pencegahan dan penangulangan Penyakit pada Ayam

Aturlah sirkulasi udara dalam kandang. Jangan sampai ada genangan air di dalam kandang ataupun sekitar kandang (Berdasarkan pengalaman genangan bisa menjadi sarang penyakit). Jika ayam joper telah terserang penyakit umum seperti tetelo, snot atau gumbolo, maka harus terus di tangani dengan memberikan obatiyang sesuai dengan penyakit tersebut. Obat penyakit ayam Joper dapat  dibeli di toko ternak unggas terdekat atau di balai-balai peternak ayam jika anda kesulitan mendapatkan obat ayam joper silahkan hub ternakpertama.com.

Manajemen Pemeliharaan Ayam Joper/ Kampung Super / Ayam Jawa Super

Manajemen pemeliharaan merupakan aspek penting dalam usaha beternak ayam joper untuk pemula. Manajemen pemeliharaan ayam joper dapat di mulai dengan menjaga kebersihan kandang, pemberian pakan berkualitas. Dengan begitu pertumbuhan dan kesehatan ayam Joper akan maksimal. Perlu di ingat pula bahwa manajemen pemeliharaan yang benar akan menentukan keberhasilan usaha ternak ayam Joper.

Salah satu Manajemen pemeliharaan ayam joper yang benar yakni dengan selalu mengontrol secara rutin kebersihan kandang, pemberian pakan dan vaksinasi ayam Joper. Kandang ayam joper harus rutin sering anda bersihkan agar kandang selalu dalam kondisi bersih tidak bau atau tidak kotor serta Kebutuhan akan pakan berkualitas tiap harinya juga terpenuhi dengan baik.

Lakukan secara rutin menimbang bobot ayam joper setiap  satu minggu sekali hal ini perlu anda lakukan untuk mengetahui apakah pakan yang diberikan sudah bekerja dengan baik atau tidak. Selain itu, pemberian Vaksinasi juga harus diberikan secara rutin dan terjadwal agar ayam Joper terjangkit penyakit unggas yang berbahaya.

Panen Ayam Joper

Masa panen bagian terahir yang ditunggu tunggu oleh peternak. Ayam Joper yang telah memasuki masa panen jika bobotnya dan umurnya sudah sesuai dengan permintaan pasar. Ayam joper sudah di oanen pada umur 6 minggu dengan berat rata-ratanya 0.7 – 0.9 kg. Dan jika di pelihara terus sampai umur 10-12 minggu beratnya dapat mencapai  0.9 – 1.1 kg.

Setelah mengetahui beratnya, anda juga perlu memperhatikan harga jual ayam joper di pasaran, apakah saat panen harga ayam joper sedang naik, stabil atau malah turun. Saran kami, jualah ayam Joper di saat harganya sedang naik atau stabil. Namun sanpai saat uni harga jual ayam Joper tetap stabil berada di kisaran Rp. 33.000/kg sampai 35.000/kg..

Demikian artikel tentang Bagaimana Cara Beternak Ayam Joper untuk pemula Agar cepat Panen yang bisa kami sampaikan. Harapan kami semoga usaha ternak ayam joper anda bisa menghasilkan keuntunggan besar. Salam Sukses Peternak Indonesia.
Cara Beternak Ayam Joper Untuk Pemula Agar Cepat Panen
4/ 5
Oleh