Cara Mudah Beternak Ayam Kampung Petelur

Cara Mudah Beternak Ayam Kampung Petelur - Sebenarnya berternak ayam kampung petelur itu sangatlah mudah dan simpel dengan metode zaman dulu. Bagi anda yang baru akan memulainya berikut ini akan kami berikan cara sukses dalam memelihara ayam petelur biar untung maksimal. Silahkan baca artikelnya dengan pelan dan segera praktekan ya....

Ayam Kampung Petelur ( Gambar hanya ilustrasi di ambil dari google.com )

Inilah Cara praktis beternak ayam kampung petelur, berikut langkah langkahnya :


1. Memilih bibit ayam kampung petelur yang memiliki badan kecil dari ras asli kampung.

2. Kemudian masukan ayam kedalam kandang, anda bisa menggunakan kandang baterai ayam petelur (dapat beli di ternakpertama.com sesuai dengan standar), atau bisa juga anda buat kandang sendiri dengan ukuran kandang 1 ekor ayam 50 cm X 50 cm (tergantung jumlah ayam)

Anda Butuh Kandang Baterai Ayam Petelur Modern silahkam klik link dibawah ini :


3. Berikan makanan campuran dengan formula 5-1-1-1 yang artinya 5 bekatul separator halus, 1 konsentrat petelor, dan satu konsentrat pedaging, dan terahir berikan juga 1 jagung yang sudah halus giling.
*(ingat berikan makanan ayam petelur diatas dalam keadaan kering).


4. Berikan Egg stimulan biasanya peternak mengghbakan Turbo stimulan ayam dengan takaran  1 sendok makan untuk setiap 5 liter air bersih kemudian gantung di tengah kandang, secara terus-menerus jangan sampai berhenti.
*Jika bapak/ibu membuat kandang di tanah (model kandang ayam zaman dulu di kampung) buatlah ketebalan sekam dan bekatul kurang lebih 25 cm dari tanah, manfaat  sekam dan bekatul bertujuan untuk mengurangi bahkan menghilangkan bau kotoran ayam. Selain itu juga digunakan ayam untuk berkotek-kotek mencari kutu atau gayas sejenis set besar yang akan ada di sekam dibagian lantai tanah. Kemudian diatas penyekat bambu juga harus diberi jaring ayam yang digunakan untuk mengeluarkan bau kotoran ayam. Bukan itu saja, isi juga kandang ayam petelur kampung anda dengan campran sekam dan bekatul grandong (kalau di desa biasanya bisa anda dapatkan di tukang giling padi keliling) batas dari tanah 50 cm, kemudian untuk minuman bisa anda gantungkan saja diatasnya, kemudian buatkan pula tempat bertelur yang ada diatas melekat dengan atap.

5. Jangan lupa seminggu sekali berilah rumput hijau hijauan pada ayam kemudian sesekali siram (dengan cara dipercikan) kandang dengan air bersih. Langkah ini dimaksudkan agar menjaga kelembaban serta menjaga kutu gayas tetap hidup, pastikan siram kandang secara merata dengan campuran air Effective Microorganism yang bisa anda beli di poultry ternak pertama.

Cek : 


Demikian informasi tentang cara praktis beternak ayam kampung petelur yang bsa kami sampaikan. Jika langkah tersebut belum berhasil silahkan hub kami. Sekian.
Cara Mudah Beternak Ayam Kampung Petelur
4/ 5
Oleh