Skip to main content

Harga Sapi Madura Hari Ini Agustus 2020

Harga Sapi Madura Hari Ini -  Sapi Madura merupakan sapi potong lokal asli dari Indonesia hasil persilangan antara banteng dengan bos indicus atau sapi Zebu yang secara genetik mempunyai sifat toleran kepada iklim panas dan lingkungan marginal dan tahan kepada serangan penyakit. Sehingga Sapi jenis ini sangat tepat untuk diternakkan atau dibudidaya baik sebagai sapi pedaging maupun sapi pekerja keras. (wikipedia)

Karakteristik Sapi Madura

  • Secara genetik, Sapi Madura mempunyai sifat toleran kepada iklim panas dan lingkungan pinggiran, dan tahan kepada serangan beberapa penyakit. 
  • Karakteristik dari sapi Madura sangatlah seragam, secara fisiologis sapi Madura mempunyai postur tubuh yang lebih kecil, berkaki lebih singkat dan kuat, mempunyai bulu tubuh dengan warna merah bata, terbisa bulu berwarna putih dibagian perut dan paha bagian dalam, dan bentuk tanduk yang setengah melingkar dan melengkung ke arah depan dibagian ujung tanduknya.
  • Sapi Madura sendiri termasuk sebagai sapi potong tipe kecil dengan variasi bobot tubuh kurang lebih 300kg. Akan tetapi apabila teknik penggemukan sapi dengan baik yang sesuai dengan pemenuhan keperluan pakan yang cukup dan berkualitas, sapi Madura ini dapat tumbuh dengan bobot mencapai lebih dari 500kg.

Perkembangan Ternak Sapi Madura

Sapi Madura sebagai sapi potong berkembang dengan baik di Jawa Timur, terutama di pulau Madura. Kualitas kontribusi peternakan sapi Madura cukup besar dengan persentase mencapai 24% dari keperluan sapi potong yang berasal dari Jawa Timur.

Harga Sapi Madura
Harga Sapi Madura
Badan Pusat Statistik Jawa Timur mencatat, populasi sapi Madura di empat Kabupaten di pulau Madura semakin bertambah setiap tahunnya, hasil pendataan pada tahun 2014 yang dilakukan dilembaga tersebut mencatat, populasi sapi di pulau Madura mencapai 806.608 ekor.

Angka tersebut mengalami peningkatan dibandingkan data pada tahun 2012 yang hanya mencapai 787.424 ekor, dengan jumlah tertidak sedikit berada di wilayah Sumenep, yakni mencapai 360.000 ekor lebih.

Keunggulan Sapi Madura

Ada beberapa keunggulan yang dimiliki sapi Madura dibandingkan dengan tipe sapi lainnya, di antaranya adalah:
  1. Mudah dipelihara alias diternakan.
  2. Mudah dikembangbiakan.
  3. Tahan terhadap beberapa penyakit sapi.
  4. Mudah beradaptasi dengan lingkungan baru.
  5. Masih dapat tumbuh dan berkembang dengan baik, walau diberi pakan dengan kualitas rendah sekalipun.
  6. Persentase karkas yang dihasilkan termasuk baik untuk sapi lokal, yakni berkisar antara 50-60%.
  7. Bagi konsumen, harga sapi Madura ini jauh lebih murah dibandingkan tipe sapi lainnya dengan nilai yang sama.

Peluang Usaha Ternak Sapi Madura

Dengan beberapa kelebihan yang dimilikinya, tak sedikit pembeli yang mencari sapi Madura sebagai primadona sapi potong, baik untuk diolah ataupun diternakan kembali.

Sapi Madura juga mempunyai ciri-ciri daging sapi yang tebal, tulang yang relatif kecil, dan mengandung jumlah lemak yang relatif lebih sedikit dibandingkan tipe sapi lainnya.

Jadi tak heran jika sapi Madura ini banyak yang mencari saat ini dan  bisssa dijadikan sebagai salah satu ternak sapi pedaging unggulan tipe lokal. Disamping itu, sapi Madura juga merupakan salah satu aset penting bagi daya tarik pariwisata yang ada di pulau Madura, dengan salah satu adat terkenalnya, yakni karapan sapi.

Harga Sapi Madura Bulan Ini

Bagi anda yang berminat ternak sapi madura, berikut ini kami sampaikan Informasi Harga Sapi Madura yang berhasil kami peroleh dari berbagai sumber.

Mengawali tahun 2017 harga sapi lokal di pasar sapi masih bertahan baik meskipun ahir-ahir ini harga daging sapi ada sedikit kenaikkan di berbagai daerah. Berikut harga kisaran sapi lokal jenis limousin dan simental dan Masura dipasar hewan jakarta, bandung, semarang, surabaya, malang, solo, jogjakarta, medan, riau, aceh, makasar, bali, dan pontianak
  • Sapi lokal bakalan harga kisaran antara Rp 44.000 - 48.000/kg
  • Harga sapi limosin dan Harga Sapi simetal siap potong berkisar antara Rp 48.000 - 50.000/kg berat hidup.
  • Harga sapi Madura untuk siap potong sekitar Rp 48.000 - 55.000/kg. Untuk harga sapi Madura sebagai sapi kurban sekitar Rp 55.000/kg sapi hidup.
  • Untuk harga pedet sangat bervariasi tergantung kualitas. Harga pedet per kg antara Rp 60.000 - 100.000/kg. Bahkan bisa lebih mahal jika kualitas pedet super. 
  • Harga daging sapi awal tahun 2017 berkisar antara 110.000 - 115.000 per kg untuk area Jatim., jateng dan jabar, Sedangkan harga standart karkas antara 87.000 - 89.000/kg. 
Sedia Sapi Qurban jenis limosin, Simmental, Bali, PO, Lokal dan Kambing kusus kirim area Jabodetabek. Info harga dan pemesanan via email : [email protected] | WA : 085742955443

UPDATE HARGA AYAM BROILER DAN TELUR AYAM RAS SETIAP HARI, GRATIS!!

Demikian Informasi mengenai " Daftar Harga Sapi Madura 2020 " semoga bermanfaat bagi kita semua. Salam Peternak Indonesia.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar