Tuesday, March 21, 2017

Ciri-ciri Indukan Sapi Yang Bagus dan Berkualitas

Ternak PertamaCiri Ciri Indukan Sapi Yang Bagus – Bagi seorang peternak sapi memilih Indukan sapi yang unggul dan berkualitas memang sangatlah penting untuk diketahui karena proses pemilihan bibit sapi yang bagus sangat menentukan hasil produktivitas dari ternak tersebut. Selain itu, Indukan sapi yang berkualitas juga dapat mempercepat performa reproduksi jadi akan menghasilkan anak yang berkualitas dan bagus pula. Nah sekarang bagi bapak/ibu yang akan beternak sapi dan belum mengetahui bagaimana memilih indukan sapi yang baik, silahkan baca dengan seksama ciri-ciri indukan sapi betina yang bagus. Langsung saja.

Ciri-ciri indukan sapi yang berkuslitas


Hal terpenting dalam memahami mana Indukan sapi yang bagus dari jantan ataupun betina anda harus memperhatikanya mulai dari genetik dan postur tubuhnya dengan memperhatikan kedua hal tersebut akan semakin mudah dalam menentukan tanda dan ciri sapi jantan dan betina yang bagus dan unggul. Ada berbagai ciri dan tanda untuk menentukan indukan yang bagus dan berkualitas super.

Ciri-ciri Indukan Sapi Yang Bagus
Ciri-ciri Indukan Sapi Yang Bagus
Berikut ini kami akan memberikan ciri  ciri atau tanda-tanda indukan sapi yang berkualtas dan bagus bahkan sangat baik untuk bakalan indukan dalam peternakan di antaranya sebagai berikut.
  1. Mempunyai warna yang sesuai dengan jenis dan varietesnya, umpama jenis sapi PO ( Peranakanan ongole ) mempunyai warna putih, jenis sapi bali mempunyai warna merah bata, sapi madura mempunyai warna kecoklatan, dan jenis sapi limousin merah bata dan kecoklatan sampai kehitaman.
  2. Mempunyai bentuk dan ukuran yang relatif besar dan proporsional sesuai dengan kriteria yang di cari.
  3. Tidak adanya kecacatan atau tidak normal di baian apapun, sebab akan sangat mempengaruhi produktivitas sapi yang bakal di kembangkanbiakan atau di budidayakan.
  4. Dalam kondisi sehat, misalnya seperti nafsu makan tinggi, mata bersinar cerah, gerakan lincah baik jantan dan betina dan bebas dari penyakit atau hama yang menyerang indukan sapi.
  5. Pertambahan bobot badan secara rutin meningkat pada umur yang telah ditentukan.
  6. Indukan betina yang ideal biasanya berusia 18 – 24 bulan dengan ditandai bunting yang pertama, kemudian sudah menlahirkan atau beranak 2- 3 kali.
  7. Indukan jantan yang ideal biasa berusia 18 bulan yang dapat ditandai dengan bentuk dan ukuran yang besar, reproduksi spermatozoa bagus, dan telah sanggup mengawini indukan betina. Dan indukan jantan juga ditandai dengan mampunya mengawini indukan betina lebih dari satu, dan melakukan afkir indukan jantan kurang lebih umur 5 -6 tahun sebab spermatozoa yang dihasilkan tak akan berkualitas lagi.
  8. Tingkat berahi betina jauh lebih tinggi dan libido juga tinggi pada indukan jantan.
  9. Indukan sapi yang terbaik tidak mempunyai bentuk dan kriteria yang terlalu gemuk, sebab kemungkinan gemuk pada indukan betina lebih cendrung mengalami mandul atau majer.

Apabila sudah melakukan pemilihan indukan sapi yang bagus dan berkualitas, indukan sapi sebaiknya dirawat dengan manajemen perawatan yang benar mulai dari peralatan, kandang, pakan dan pemberian nutrisi untuk mempercepat pertumbuhan dan menambah hasil produktivitas baik daging dan susu.

Demikian artikel mengenai " Ciri-ciri Indukan Sapi Yang Bagus dan Berkualitas " yang dapat kami sampaikan. kurang lebihnya mohon maaf,. kami berharap apa yang sudah kami tulis bisa bermanfaat bagi kita semua. Terutama bagi para peternak sapi di indonesia. Salam Peternak Indonesia!
Ciri-ciri Indukan Sapi Yang Bagus dan Berkualitas
4/ 5
Oleh