image Mengenal Jenis Kambing Saanen dan Ciri-cirinya - Ternak Pertama



Ternak Pertama Menyediakan Berbagai Sarana dan Prasarana Unggas Dapat di Kirim ke Seluruh Wilayah Indonesia Bonus Ebook dan Gratis Konsultasi Selamanya Email : ternakpertamaku@gmail.com | Sms/WA : 089515248576 | PIN : 5FC2289D Bagi Yang Berminat Menjadi Agen Silahkan Hub Kami

Mengenal Jenis Kambing Saanen dan Ciri-cirinya

Ternak Pertama - Kambing Saanen – Kambing merupakan salah satu hewan ternak yang dagingnya banyak di konsumsi oleh masyarakat indonesia terutama saat bulan ramadan. alhasil bisnis ternak kambing menjadi salah satu pilihan peternak karena memang hingga saat ini usaha ternak kambing memiliki prospek yang bagus sebagai lahan bisnis anda. Jenis hewan kambing pun beraneka ragam diantaranya kambing kacang, kambing etawa, kambing boer, kambing saanen dan masih banyak lagi jenis kambing yang cocok dijadikan hewan ternak. bagi anda yang berminat memulai usaha ternak kambing tak ada salahnya membaca artikel yang sudah kami tulis sebelumnya. ( Cara Beternak Kambing Bagi Pemula ).

Mengenal Kambing Saanen -  sesuai dengan judul artikel kali ini ternak pertama akan mengulas tuntas tentang Kambing saanen. Apakah anda sudah mengenal Kambing Saanen?Yukk mari kenali ciri-ciri kambing saanen ini. Kambing saanen merupakan kambing yang berasal dari lembah Saanen, Swiss bagian barat dimana kambing saanen ini merupakan salah satu jenis kambing terbesar di Swiss serta sudah tercata sebagai penghasil susu kambing yang terkenal di dunia.

Namun sangat disayangkan, Kambing ini cukup sulit jika harus dikembangkan di wilayah tropis karena memiliki kepekaan terhadap matahari. Oleh sebab itu di Indonesia jenis kambing ini  dalam perkembanganya disilangkan lagi dengan jenis kambing lain yang lebih resisten terhadap cuaca tropis dan tetap diberi nama kambing saanen, salah satu persilangan yang cocok dengan kambing saanen antara kambing peranakan etawa.

Kambing Saanen Super
Kambing Saanen Super
Secara umum jenis kambing digolongkan menjadi beberapa kategori, diantaranya kategori pedaging dan kategori penghasil susu, untuk kategori kambing penghasil susu memang tak semua masyarakat tahu karena jenis kambing penghasil susu jarang sekali yang diumbar atau diliarkan, banyak dari mereka diternak dan ditempatkan di dalam kandang yang secara rutin terjaga dari sisi kebersihannya agar susu yang dihasilkan bisa steril dan higenis, Seperti yang kita ketahui, di Indonesia sendiri kita kenal ada banyak jenis kambing penghasil susu namun memang benar yang mungkin sering anda dengar ialah kambing etawa, kambing ini sudah terbukti bisa menghasilkan susu yang cukup baik dan berkualitas ketimbang dengan jenis kambing perah lainnya akan tetatapi ada juga jenis kambing perah yang juga bisa menghasilkan susu yang jumlahnya banyak dan berkualitas tak kalah dari kambing etawa. Jenis Kambing yang dimaksud yaitu Jenis Kambing Saanen.

Baca juga : ( Peluang Bisnis Peranakan Kambing Etawa )

Bagi masyarakat indonesia mungkin masih banyak yang belum mengetahui dan mengenal dengan Jenis kambing saanen karena memang jenis kambing ini berasal dari lembah Saanen, Swiss. Jika kita liat dari namanya kambing tersebut diambil dari kata lembah saanen yang berasal dari sana swiss,. Untuk saat penyebaran dari jenis kambing ini telah mencapai dibeberapa wilayah di belahan dunia seperti Inggris, Amerika, Australia, bahkan sudah ada di Indonesia. Namun, di negara tersebut kambing saanen ini kemudian disilangkan lagi dengan jenis kambing yang berada negara tersebut jadi menghasilkan kambing persilangan baru. Sama halnya seperti di Indonesia sendiri jenis kambing saanen ini disilangkan dengan peranakan etawa. Kambing ini tergolong dalam kategori kambing perah yang mampu menghasilkan susu yang cukup banyak, bila dirata-rata kambing ini mampu menghasilkan susu kurang lebih 3,8 liter untuk perharinya, dalam susu tersebut terdapat kandungan lemak hingga 2,5% hingga 3%. Untuk bisa menghasilkan susu yang mempunyai kandungan berkualitas biasanya para peternak memberinya makanan berupa rumput, jerami, biji-bijian dan minuman kira-kira setidak sedikit 3 liter air perharinya. Bagi anda yang belum tahu tentang jenis kambing ini bisa anda lihat dai ciri-cirinya dibawah ini.


  • Bulunya pendek berwarna putih atau krim dengan titik hitam di hidung, telinga dan di kelenjar susu.
  • Hidungnya lurus dan muka berupa segitiga.
  • Telinganya sederhana dan tegak ke sebelah dan ke depan.
  • Ekornya tipis dan pendek.
  • Jantan dan betinanya bertanduk.
  • Berat dewasa 68-91 kg (Jantan) dan 36kg - 63kg (Betina), tinggi ideal kambing ini 81 cm dengan berat 61 kg, di saat tingginya 94 cm beratnya 81 kg.
Demikian artikel tentang "Mengenal Jenis Kambing Saanen dan Ciri-cirinya" yang bisa kami tulis, semoga bermanfaat bagi anda semua terutama untuk peternak indonesia. Hidup Peternak Indonesia!
0 Komentar untuk "Mengenal Jenis Kambing Saanen dan Ciri-cirinya"
Back To Top