Skip to main content

Cara Beternak Kroto Bagi Pemula

Ternak Pertama. Beternak Kroto -  Budidaya semut rangrang memiliki prospek bisnis yang sangat bagus, hal tersebut karena supply kroto ke pasar masih sangat terbatas. Kroto biasanya pada umumnya berada pada pohon-pohon, jadi jika cuaca kurang baik seperti hujan terus menerus, kroto tersebut sangat sulit untuk dicari. Tidak hanya itu keterdapatan kroto di alam bebas terus berkurang, hal ini disebabkan banyak orang yang mencari kroto di alam.
Oleh sebabnya, pada kesempatan ini ternak pertama akan menuliskan cara beternak kroto dengan mudah melalui media toples, dengan media tersebut kita dengan mudah dapat beternak kroto di dalam rumah. 
Budidaya Kroto
Seperti yang telah kami katakan diawal ternak kroto yang akan dibahas di artikel ini adalah melalui Media Toples. Salah satu media untuk budidaya kroto dari semut rangrang adalah toples. Toples yang biasa dipakai merupakan toples plastik transparan yang ada di pasaran yang pada umumnya banyak dipakai untuk tempat kerupuk atau makanan kecil. Harga di pasar bervariasi tergantung ukuran serta juga merenya.
Baca juga
Cara Beternak Jangkrik Bagi Pemula
Bahan yang di perlukan dalam beternak kroto untuk  1 buah toples budidaya kroto adalah:
1 buah Toples 10 Lt dengan harga Rp 13.000
1 buah Nampan plastik diameter agak besar, dengan harga Rp 7.000
Penghasilan dari Beternak Kroto
Anda dapat membudidayakan semut kroto, misalnya perhari menghasilkan 1 Kg telur semut/ kroto maka perhitungannya adalah ;
100.000 X 30 = 3.000.000,-

Keterangan :
· 100.000 adalah harga kroto per Kg
· 30 adalah jumlah hari dalam satu bulan
· 3.000.000,- adalah penghasilan yang diperoleh per bulan

Toples sebagai media dalam beternak kroto
1. Cara membuat media toples untuk budidaya kroto

  • Yang pertama Lubangi bagian bawah toples dengan diameter 7 cm. Cukup 1 lubang saja. Kemudian letakan nampan plastik dengan posisis datar, isi air sampai 1/2 bagian nampan. Selanjutnya taruh batu bata ditengah nampan sebagai media meletakan toples.
  • Yang kedua lubangi toples yang telah telah anda buat, kemudian anda tutup menggunakan lakban untuk mencegah lari semut setelah anda pindahkan semut rangrang dari sarang, sebelumnnya toples yang telah anda siapkan tutup rapat dengan tutupnya ( disini anda harus berhati-hati karena akan diserang dan digigit oleh semut rangrang)
  • Letakan toples ke media rantang / batu bata dengan posisi tutup dibagian bawah, setelah posisinya benar buka lakban yang tadi menempel, dengan begitu para semut tersebut akan berlarian lewat celah itu. bila anda membeli bibit dari penjual yang telah bermedia toples maka anda tinggal memposisikan terbalik kemudian membuka lakbannya, lebih aman dan praktis sebagai tempat pakan semut (rangrang), anda dapat memberikan potongan gelas air mineral atau tempat pakan burung ukuran kecil, tempat minum dapat dari tutup botol air mineral, sebagai pakan awal, anda dapat meberikan ulat hongkong, minum dengan air gula agak kental.

Tambahan !!
Koloni Semut RangrangPerlu anda ketahui bahwa Semut rang rang mempunyai 4 bagian dalam pemerintahan:
Ratu kroto: mempunyai bentuk besar sepeti lalat hijau atau tawon.
Semut jantan: mempunyai bentuk lebih kecil dari ratu, warna kehitaman, waktu hidup juga pendek biasanya 1 minggu.
Semut pekerja: ini yaitu semut betina yang mandul tinggal disarang, tugasnya menjaga telur semut.
Semut prajurit: ini sangat banyak jumlahnya dikarenakan tugasnyaa juga tak sedikit, melindungi keamanan koloninya.
Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa Peralatan diperlukan dalam beternak kroto antara lain :

Toples untuk Ternak Kroto
1. Toples
Untuk toples bebas ukuran, kalau bisa yang transparan. Lalu toples di lubangi seperti gambar di bawah ini untuk saluran keluar masuk semut rangrang dan sebagai tempat udara sarang kroto.
2. Nampan

3. Solasi / plester coklat atau hitam, juga bisa menggunakan kertas.
Fungsinya untuk menutupi toples agar semut rangrang cepat bersarang dan membuat jaring jaring. Setelah semut rangrang mau bersarang, bisa lepas solasinya atau bisa juga membiarkannya.
4. Batu bata atau yang lainya yang di taruh di atas nampan yang sudah berisi air sehingga toples tidak terendam air.

Cara Ternak Semut Rangrang Sebagai Penghasil Kroto

Anda dapat mencari semut rang rang yang ada di pohon kurang lebih rumah. 
Kendala pertama kali dalam membudidayakan atau ternak semut rangrang adalah kita harus memindahkan sarang kedalam sebuahtempat. Resikonya tentu anda bakal digigit oleh semut rang rang tersebut. 

Cara Budidaya Semut Rang rang atau Beternak Kroto
Cara Memindahkan semut rang rang ke dalam media toples:
Cara Pertama :

  1. Potong batang sarang semut rangrang.
  2. Masukan kedalam karung / plastik / toples dan jangan lupa diberi lubang udara.
  3. Siapkan ember plastik besar yang tepi nya telah di kasih tepung. Supaya semut rangrang tak dapat naik keatas.
  4. Masukan sarang kedalam ember plastik tersebut dengan  membuka / mebuang daun daun beserta jaring jaringnya supaya ketika bersarang membuat sarang baru tidak membawa jaring yang lama. Pengalaman para peternak kroto adalah jika tidak di bersihkan nantinya toples akan terlihat kotor.
  5. Buat jembatan penghubung antara ember dengan toples dengan memakai sapu lidi atau penghubung yang lain 
  6. Selanjutnya tingggal saja, hingga satu hari semut rangrang akan bersarang dengan cara alami.

#Catatan : toples telah terdapat makanan serta minuman.

Cara ke dua:
  1. Setelah sarang dimasukkan kedalam ember dan telah di bersihkan dari daun beserta jaringnya. Selanjutnya anda dapat langsung meletakan kedalam toples dengan memakai tangan (pelindung tangan)
Cara Memberi Makan Semuk Rangrang

Bagaimana cara memberi makanan semut rangrang (ternak kroto) pada media toples?
Makanan merupakan bagian utama dalam beternak kroto. Salah memberi makan akan berdampak pada ternak kroto, kroto tersebut akan mengalami perkembangan yang tidak baik hal ini jelas akan berdampak pada hasil/pendapan anda. Setelah anda mengetahui makanan yang harus anda berikan pada semut rangrang. ternak pertama akan memberikan makanan pada semut rangrang dan sekaligus makanan tak terbuang. Jadi anda dapat mengamati persedian makanan, apakah semut rangrang mau makan atau tidak. Pastinya untuk melatih semut rangrang untuk mencari atau berburu makanan sendiri mesikipun telah kami siapkan.

Cara memberi makanan semut dapat di buatkan tempat khusus untuk menampung makanan. Tempat makanan dapat terbuat dari botol plastik yang di potong kemudian sisakan sedikit kira kira tak lebih lebih 2 cm lalu letakkan di atas toples. Pemakaian botol plastik adalah agar makanan tersebut tidak akan keluar. Kususnya untuk makanan yang berjenis ulat ( hongkong, kandang dll). Untuk makanan yang dapat terbang atau meloncat seperti jangkrik dan belalang dapat di masukan langsung kedalam lubang toples dapat juga hewan tersebut anda lumpuhkan dulu kemudian di masukan di tempat yang telah di sediakan.

Kemudian cara memberi makanan yang memakai rak toples. Sebetulnya hampir sama seperti cara di atas. Cuma tempat makanan anda letakkan di samping toples. karena dengan media rak , tempat untuk manaruh tempat makanan sangat luas di banding dengan memakai toples dengan tatakan nampan ( tempat sangat terbatas ).
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar