image KONSULTASI TEKNIS, BOLEHKAH MEMBUAT PAKAN SENDIRI? - Ternak Pertama



Ternak Pertama Menyediakan Berbagai Sarana dan Prasarana Unggas Dapat di Kirim ke Seluruh Wilayah Indonesia Bonus Ebook dan Gratis Konsultasi Selamanya Email : ternakpertamaku@gmail.com | Sms/WA : 089515248576 | PIN : 5FC2289D Bagi Yang Berminat Menjadi Agen Silahkan Hub Kami

KONSULTASI TEKNIS, BOLEHKAH MEMBUAT PAKAN SENDIRI?



Bapak Navis
Pekan Baru-Riau

Selamat Pagi Ferry. Saya Navis, peternak ayam broiler Pekan Baru. Saya bertanya bolehkah bibit DOC diberi makan dengan olahan pakan sendiri. Protein berapa persenkah yang baik untuk itu. Trims banyak sebelumnya pak.

Jawab:

Selamat Pagi. Pada prinsipnya boleh saja bapak memberikan pakan dengan pakan hasil menyusun sendiri asalkan bapak sudah terbiasa melakukannya. Namun, jika belum terbiasa (belum bisa menyusun pakan sebelumnya) sebaiknya jagan ambil resiko karena dapat mengganggu pertumbuhan. Hal tersebut disebabkan karepa pada masa-masa awal (14 hari pertama) merupakan masa krusial dimana terjadi proses pembelahan sel sehingga potensi pertumbuhan ayam sangat pesat dan mencakup semua organ yang berperan bagi produktivitas ayam. Hampir semua ransum yang terkonsumsi dialokasikan untuk pertumbuhan. Hal ini terlihat dari tingkat FCR yang mencapai 1,03-1,2 dengan pertumbuhan bobot badan broiler akhir minggu pertama mencapai 4 kali bobot badan awal (saat DOC).

Untuk bisa memenuhi tuntutan pertumbuhan tersebut diperlukan nutrisi yang seimbang. Pemberian ransum broiler harus memenuhi syarat sebagai berikut: bentuk sesuai fisiologis umur ayam, memiliki kecernaan tinggi (baik), kandungan nutrisi lengkap, tidak beracun dan kandungan zat anti nutrisinya rendah serta palatabilitasnya (tingkat kesukaan ayam) baik. Ransum untuk broiler ada 2 macam, starter dan finisher. Ransum starter digunakan pada umur 0-21 hari sedangkan ransum finisher pada umur 22 hari sampai panen. Kebutuhan ransum broiler dapat dilihat dalam tabel berikut ini:

Zat Nutrisi
Fase Produksi (Hari)
Starter
(0-21)
Finisher
(22-panen)
Protein Kasar (%)
20-22
19
Energi Metabolisme (kkal/kg)
3.025
3.150
Serat Kasar (%)
< 5%
<5,5
Lemak Kasar (%)
2,5-7
2-7
Abu (%)
5-8
5-8
Kalsium (%)
0,9-2
0,9-2
Phospor (%)
0,71-1
0,71-1
Lisin (%)
1,19-1,32
1,05
Sumber: Cobb-Vantess.com (2012), SNI

Jika Bapak Navis tetap ingin menyusun sendiri sebagai proses pembelajaran, saran saya, sebaiknya lakukan dahulu pada umur-umur besar (>28 hari) sehingga jika ada masalah dapat segera dipanen atau ujikan dahulu dalam skala kecil, misalkan100 ekor. Terima kasih.
Tag : Konsultasi
0 Komentar untuk "KONSULTASI TEKNIS, BOLEHKAH MEMBUAT PAKAN SENDIRI?"
Back To Top