Harga Sapi PO Terabru Juli 2019

Harga Sapi PO (Peranakan Ongole) - Sapi peranakan ongole atau sering disebut SAPI PO merupakan salah satu jenis sapi lokal yang pernah populer sebelum masuknya jenis sapi limosin dan simmental. Jenis Sapi PO pernah menjadi jawara sapi lokal dengan harga yang lumayan mahal dipasar hewan baik di Jawa Tengah maupun di Jawa Timur. Akan Tetapi, sekarang ini popularitas sapi PO sudah diganti dengan Sapi jenis Limosin dan Metal yang benar benar semakin disukai oleh peternak sapi lokal karena memang kedua sapi tersebut memiliki banyak kelebihanya, salah satunya dalam segi pertumbuhan dan pertambahan bobot badan.

Namun tak lantas menjadikan Sapi PO hilang dipasar hewan, berdasarkan survey Sapi peranakan ongole juga masih banyak peminatnya untuk wilayah Jawa Timur di bagian ujung timur misalnya di Situbondo, sedangkan di daerah Lumajang dan Probolinggo jenis sapi PO sudah sangat susah ditemukan di pasar hewan namun didaerah Lamongan dan Tuban sapi PO masih banyak yang di ternak sehingga di daerah tersebut masih banyak ditemukan di Pasar Hewan. Apakah anda berminat untuk membeli Sapi yang memiliki ciri khas di punuk nya ini? Nah jika anda tertarik ingin memiliki SAPI PO ini, lantas kira kira Berapa harga sapi PO saat ini di pasaran ya? Baiklah untuk menjawab pertanyaan tersebut, kami sudah merilis Daftar Kisaran Harga Sapi Lokal PO dipasar hewan di beberapa daerah di indonesia.

Karakteristik / ciri ciri Sapi Peranakan Ongole (PO) yang Berkualitas


Harga Sapi PO
Harga Sapi PO
Ciri ciri sapi Ongole (Sapi Po) : Berbadan besar, memiliki punuk besar, gelambirnya longgar, serta lehernya pendek. Sedangkan untuk Kepala, leher, gelambir, dan lutut berwarna hitam, terutama sapi jantan. 

Sapi PO memiliki Kulit berwarna kuning dan bulu putih atau kehitam-hitaman. Sedangkan untuk warna Kulit di sekeliling mata, bulu mata, moncong, kuku, dan bulu cambuk pada ujung ekor berwarna hitam. 

Sapi PO Kepalanya pendek melengkung. Sedangkan Matanya besar dengan sorot yang tenang. 

Ongole memilki tanduk yang pendek dan tanduk pada sapi betina memiliki ukuran lebih panjang jika dibandingkan dengan sapi jantan. 

Peranakan Ongole memiliki telinga yang panjang dan menggantung, sedangkan untuk Sapi Ongole akan dewasa kelamin pada umur 24-30 bulan. Sapi Ongole tergolong lambat dewasa. Jenis sapi ini akan mencapai dewasa pada umur 4-5 tahun. 

Sapi PO berboobot maksimal sapi dewasa 650 kg dan sapi betina dewasa hanya 450 kg. Persentase karkas 45-58% dan perbandingan daging serta tulang 4,25 :1.

Harga Sapi PO Hari Ini di Pasaran

Berdasarkan survey yang kami lakukan di tahun 2019, Harga sapi PO pedet, harganya masih berada dibawah pedet Metal dan Limousin, harga kisaran pedet sapi PO antara RP 6.500.000 - Rp. 7.500.000 per ekor (harganya memang sangat bergantung pada kualitas sapi pedet). Sedangkan kisaran harga pedet Limosin dan Simmental antara Rp 11.000.000 - 13.000.000 per ekornya.

Untuk Harga sapi Bakalan PO juga terbilang lebih murah, bakalan Sapi PO di bandrol hnaya berkisar antara Rp 40,000 - 42.000 per kg. Walaupun kenyataanya lebih mahal dari sapi Limosin dan Simmental, para peternak sapi lokal sekarang ini lebih memilih sapi Limousin dan Metal dengan alasan kecepatan dan pertumbuhnya begitu signifikan.

Kemudian Untuk Harga Sapi PO siap dibandrol dengan harga sekitar Rp 45.000 - Rp 46.000/kg hal ini juga bergantung pada kualitas sapinya.

Cek Harga Sapi Hari Ini

HARGA SAPI LIMOSIN

HARGA SAPI BRAHMAN

HARGA SAPI SIMENTAL


Disclaimer : 

Harga Sapi PO diatas hanyalah harga kisaran (harga tak pasti). Oleh sebab itu, harganya masih dapat berubah sewaktu-waktu serta dapat juga berbeda beda antara pasar hewan didaerah satu dengan pasar hewan didaerah lainnya.

Harga sapi PO yang ukuran kecil sekitar 250 - 300 kg biasanya akan merangkak naik bahkan bisa melebihi harga sapi Limo dan Metal siap potong menjelang lebaran haji karena permintaan khusus sebagai sapi Kurban. Harga untuk sapi Kurban jenis PO ukuran kecil bisa mencapai Rp 50.000 - Rp 60.000 per kg berat hidup.

Perkiraan harga sapi PO di pasaran diatas kami peroleh dari berbagai sumber. Kami sarankan sering membuka halaman ini untuk mengetaui update harga sapi Ongole. Sekian. Salam Sukses Peternak Indonesia

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel