Skip to main content

Tips Membuat Kandang Ayam Petelur Yang Benar

Tips Membuat Kandang Ayam Petelur - Pembuatan tempat untuk menampung hewan unggas (ayam petelur/pullet) sudah seharusnya melewati berbagai proses yang matang. Apalagi bila dipergunakan untuk kebutuhan ternak dengan skala kecil, menengah dan besar. Itulah sebabnya kami perlu memberikan tips membuat kandang ayam petelur yang baik karena akan nerdampak pada produktifitas telur. 

Tips Membuat Kandang Ayam Petelur Yang Benar

Beternak ayam petelur membutuhkan tahapan proses yang sebelumnya melalui proses pertimbangan dan perencanaan yang matang. Dalam memperoleh hasil ternak sesuai harapan, pembuatan kandang juga perlu mendapat perhatian khusus. Hal ini agar usaha tersebut dapat berpotensi memberikan keuntungan yang maksimal.

1. Lakukan Perencanaan yang Matang

Beternak ayam petelur bukanlah usaha yang dapat dijalankan secara sembarangan melainkan butuh persiapan khusus. Aspek perencanaan menjadi perlu khususnya ketika menentukan seberapa besar lahan ternak, berapa banyak jumlahnya, seberapa besar ukuran kandang dan masih banyak lagi.

Standar pembuatan kandang ayam petelur juga diatur oleh Undang-Undang No. 31 Tahun 2004. Maka dari itu perlu dipatuhi bahwa untuk 100-500 ekor ayam luas kandang maksimal 50 m2. Jika jumlahnya mencapai dua kali lipat berlaku kelipatan hingga untuk 3000 ekor unggas luas maksimum 300m2. 

2. Usahakan Lokasi Peternakan Jauh dari Pemukiman Warga

Seperti diketahui bahwa peternak ayam yang bijak memperhatikan keadaan lingkungan di sekitarnya. Ketika aktivitas ini dilakukan, hewan unggas tidak hanya memberikan hasil berupa daging dan telur saja. Ada saat kotorannya harus dibuang atau ditempatkan pada wadah untuk menampungnya.

Jika ini dilakukan di tengah lingkungan pemukiman warga, tentu saja akan menimbulkan bau tidak sedap. 

Kenyamanan masyarakat di sekitarnya akan terganggu. Maka dari itu cobalah untuk menentukan lahan yang tepat dan jauh dari keramaian.

3. Tentukan Konstruksi Kandang Ayam yang Sesuai

Struktur dalam membangun kandang ayam petelur juga menjadi aspek penting untuk diperhatikan. Jangan sampai konstruksinya justru menimbulkan kerugian bagi peternak itu sendiri. Perhatikan ukuran sangkar, kapasitas daya tampung, lebar kandang, susunannya (jika bertingkat) dan pengaturan lainnya.  Jika anda membutuhkan desain dan RAB ayam petelur mulai dari pop 1000 ekor bisa hub kami.
Desain Kandang Ayam Petelur Populasi 1000 Ekor
Dalam ayam petelur Konstuksi kandang dibagi menjadi dua macam konstruksi kandang luar dan konstruksi kandang dalam (kandang batre). Kusus untuk kandang batre ayam petelur, ternak pertama menjual Kandang Baterai ayam petelur dari besi galvanis dan kandang batre dari plastik. Untuk itu bagi bapak/ibu yang membutuhkan kandang batre bisa hub kami segera. Kami siap kirim kandang batre plastik maupun galvanis ke seluruh indonesia. Dan sudah terbukti kualitasnya. Silahkan cek Harga Kandang Batre ayam terbaru :



Bisnis ayam petelur memang menguntungkan, terlebih jika dilihat dari nomoninal untuk harga ayam petelur hari ini mencapai 47 ribu rupiah.

Itulah beberapa hal yang mengulas tentang tiga macam tips dalam membuat kandang ayam petelur. Hal ini agar peternak memperhatikan aturan standar, tidak mengganggu kenyamanan warga dan kecocokan terhadap tempat berlindung bagi keseluruhan hewan unggas tersebut.

Untuk mengetahui bagaimana cara membuat kandang ayam petelur modern silahkan baca artikel di bawah ini :

Cara Membuat Kandang Ayam Petelur
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar