Skip to main content

√ Harga Ikan Guppy Terbaru November 2019

Ternak PertamaHarga Ikan GuppyIkan Guppy merupakan salah satu jenis ikan hias air tawar yang saat ini sedang viral di dunia. Ikan guppy termasuk jenis ikan yang mudah beradaptasi dan menyesuaikan di lingkungan serta termasuk ikan yang mudah di budidya. Berdasarkan pengamatan kami, ikan ini seringkali di temukan di perairan indonesia dan menjadi ikan liar yang memenuhi parit-parit dan selokan. Namun apakah anda tau? Di dalam perdagangan ikan hias dikenal sebagai guppy atau juga millionfish. Selain itu, di berbagai daerah di indonesia ikan ini juga dikenal dengan berbagai nama lokal misalnya gepi (Betawi), bungkreung (Sunda), cethul atau cithul (jawa), klataw (Bjn) dan lain sebagainya.

Harga Ikan Guppy
Harga Ikan Guppy
Selain bentuknya yang unik dan menggemaskan, Ikan guppy ternyata memiliki nilai ekonomis yang menjanjikan, saat ini belum ada standar harga ikan guppy  di indonesia karena Harga ikan guppy sangat bervariasi dilihat dari segi warna dan bentuknya. Selain warna yang unik dan menarik, bentuk sirip ikan guppy ini pun beraneka ragam, pemeliharaan dan pemijahan ikan guppy pun tergolong mudah dilakukan serta tak terlalu berpengaruh pada perubahan temperature dan kualitas air nya. Berdasarkan informasi valid, untuk saat ini sudah ada sekitar 30 jenis ikan guppy berdasarkan pola warna dan bentuk siripnya, yang sebagian besar merupakan komoditi ekspor. Untuk itu tak heran jika saat ini banyak yang memulai usaha budidaya ikan guppy. Bagaimana apakah anda tertarik untuk memulai usaha budidaya ikan guppy di rumah anda? Nah, jika anda tertarik dan ingin memulai bisnis budidaya ikan hias guppy dan kesulitan untuk mencari bibit ikan guppy yang berkualitas bisa pesan di ternak pertama :

Harga Ikan Guppy Semua Jenis Terbaru


Harga Ikan Guppy Hari Ini


Harga Ikan Guppy Mini panda LD : Rp. 120.000/psg

Harga Ikan Guppy Albino sky blue  : Rp. 100.000/psg

Harga Ikan Guppy Platinum Red tail Big Ears : Rp. 100.000/psg

Harga Ikan Guppy Albino Platinum Koi : Rp. 110.000/psg

Harga Ikan Guppy Albino koi : Rp. 110.000/psg



Harga Ikan Guppy Half black blue ribbon : Rp. 150.000/psg

Harga Ikan Guppy Blue moscow : Rp. 110.000/psg



Harga Ikan Guppy Yellow snake skin spire tail : Rp. 110.000/psg

Jika anda memerlukan bibit ikan guppy berkualitas, silahkan langsung saja hubungi kami, kami siap berikan tips bagaimana cara merawat ikan guppy secara gratis

Email : ternakpertamaku@gmail.com

WA : 085742955443

Penting!! WARNING!!

*Kami hanya berkomunikasi dengan email dan WA diatas, selain itu berarti bukan Ternakpertama.

*Harap berhati hati dengan orang/oknum yang mengatasnamakan ternakpertama.

*Kami tidak bertanggungjawab jika bapak/ibu melakukan transaksi selain dari email dan WA diatas.

Cara Budidaya Ikan Guppy Untuk Pemula


Seperti yang sudah kami jelaskan di Awal, Ikan guppy atau nama latinya Poecilia reticulata adalah jenis ikan yang relatif muda untuk di kembangbiakan. Habitat asli ikan guppy berada di danau- danau serta sungai perairanya tenang. Selain itu Ikan ini juga dapat bertahan di air payau yang mempunyai kandungan garam besar.

Berdasarkan namanya, Ikan guppy berasal dari daerah Amerika Tengah serta Selatan. Kemudian Masuk ke Indonesia pada di tahun 1920- an sebagai ikan hias di akuarium. Setelah itu dilepas ke alam leluasa serta tumbuh dan berkembang biak dengan sangat cepat. Hebarnya lagi, Ikan guppy dapat ditemui di nyaris segala perairan air tawar di Indonesia.

Sekarang ini Ikan guppy digemari sebagai ikan hias karena keelokan corak serta  siripnya. Paling utama ikan yang berkelamin jantan, sebab cuma yang jantan yang mempunyai sirip indah. Sebaliknya ikan betina rupanya cenderung kumal.

Jika anda tertarik untuk Budidaya ikan guppy anda tak  perlu kuatir karena budidaya ikan hias guopy ini tidak membutuhkan infrastruktur yang mahal. Cukup siaplan peralatan seadanya, kita dapat membudidayakan ikan ini. Berikut ini kami akan berikan bagaimana cara beternak ikan guppy yang benar kusus untuk para pembaca setia ternakpertama.com.

Langkah Langkah budidaya ikan guppy Untuk Pemula.


Media / Wadah budidaya ikan guppy

Berikut ini adalah perlengkapan yang perlu anda siapkan buat budidaya ikan guppy, anda perlu siapkan alat alat ini : media/wadah/ tempat, Aerator serta tumbuhan air.

Wadah digunakan untuk pemijahan ikan guppy, media yang bisa digunakan akuarium, bak semen, ataupun ember plastik.

Media / Wadah ataupun tempat yang dibutuhkan ubtuk budidaya ikan guppy paling tidak siapkan 4 media, yakni media pembelahan indukan ( 2 wadah), media pemijahan ( 1 wadah), media penetasan ( 1 wadah), serta media pendederan ( 1 wadah).

Ukuran atau Luas media/ wadah untuk budidaya ikan guppy sangat beragam, harus disesuaikan dengan banyaknya ikan yang akan anda pijahkan. Namun Sebaliknya ketinggian tempat/wadah minimun 30 centimeter, kecuali buat pendederan dibutuhkan wadah yang lebih besar yakni sekitar 50 centimeter.

Cara memilah indukan guppy

Perbandingan jantan serta betina dapat diamati dari penampakan fisiknya. Ikan guppy betina wujudnya lebih membulat dengan corak yang cenderung kumal serta tak mempunyai sirip yang menjumbai. Sedangkan untuk ikan jantan memiliki corak yang kontras serta cerah, badannya lebih ramping dengan sirip menjumbai. Untuk ukuran badan ikan betina lebih besar daripada jantan.

Indukan yang siap buat dipijahkan minimun berusia 4 bulan. Corak serta wujud ikan guppy sangat didetetapkan oleh aspek genetis. Agar anda memperoleh hasil yang bagus dan berkualitas pilihlah calon indukan yang unggul. Bukan hanya itu, pembudidaya dapat pula mencoba- coba menyilangkan induk guppy untuk memperoleh generasi yang lebih baik. Bagaimana sangat mengasikan bukan!

Pemisahan indukan

Sebelum anda akan memijahkan ikan guppy, indukan jantan serta betina harus dipisahkan terlebih dulu. Ikan guppy jantan serta betina ditempatkan pada wadah yang terpisah. Media /Wadah diisi dengan air bersih serta ditukar tiap 1- 3 hari sekali. Pergantian air tidak butuh seluruh, cukup  sepertiga air serta menggantinya dengan air baru.

Berbeda dengan proses pemisahan pada biasanya, pemisahan guppy ini dicoba dengan selalu berikan makan. Berikan makanan daphnia ataupun moina sebanyak 2 hari sekali. Hal ini bermanfaat supaya indukan sehar dan fit ketika dalam proses pemijahan.

Cara Pemijahan ikan guppy

Sebelum proses pemijahan, isi wadah atau media pemijahan dengan air bersih yang sudah diendapkan paling tidak 24 jam. Kedalaman air buat tempat pemijahan 25 centimeter. Kepadatan tebar wadah pemijahan tidak lebih dari 30 ekor/ 100 liter air. Contoh, buat akuarium dimensi luas 1 x 0, 5 m, cukuo untuk menampung 30- 40 ekor ikan guppy. Apabila membolehkan berikan tumbuhan air misalnha hydrilla untuk tempat ikan bercumbu.

Pemijahan ikan guppy dapat dicoba satu- satu ataupun secara massal. Pemijahan massal lebih kami anjurkan sebab lebih kilat, murah serta lebih instan. Komposisi pemijahan massal antara lain dengan perbandingan ikan jantan dan betina umumnya 1: 5. Tetapi apabila Kamu ragu seluruh betina terbuahi, komposisinya dapat ditambah 1: 2.

Langkah pertama, masukkan indukan betina terlebih dulu pada pagi hari. Setelah menjelang sore dapat dimasukkan indukan jantan. Pada pemijahan massal belum pasti seluruh ikan memijah pada hari yang sama. Umumnya proses pemijahan dibiarkan berlangsung selama 4- 7 hari. Lekas pisahkan betina yang sudah dibuahi kedalam wadah penetasan.

Cara Penetasan benih ikan guppy

Tempat / Wadah penetasan diisi air bersih dan jangan lupa diberi aerasi. Pemberian aerasi jangan sangat kokoh supaya tidak menganggu larva ikan. Mutu air wajib terus dipertahankan dengan metode mengubah sepertiga air dengan air baru tiap 1- 3 hari sekali. Pemberian pakan buat induk tiap 2 hari sekali berbentuk daphnia ataupun moina.

Ikan guppy merupakan jenis ikan yang melahirkan anaknya. Embrio berkembang di dalam perut sampai siap untuk dilahirkan. Lama kehamilan, terhitung mulai dari pemijahan sampai kelahiran berlangsung 3- 4 minggu.

Ciri ikan guppy yang sedang hamil dapat dilihat selama kurang lebig 2 minggu semenjak pemijahan. Tandanya terdapat zona hitam di bagian dasar anus( bintik kelahiran) serta perutnya sedikit mengembung. Apabila tidak terdapat identitas kehamilan, ambil indukan buat dipijahkan kembali.

Ikan guppy betina memiliki keahlian menaruh mani dalam badannya. Sehingga sang betina dapat berbadan dua sampai 1- 3 kali dalam satu kali pembuahan. Waktu yang dibutuhkan dari kehamilan awal ke kehamilan selanjutnya kisaran 1- 5 minggu.

Dalam satu periode kelahiran, ikan guppy mampu melahirkan 30- 100 anakan. Anak ikan tersebut wajib untuk segera dipindahkan ke tempat pendederan. Apabila tidak akan jadi santapan induk ketika sedang kelaparan.

Cara Pendederan benih ikan guppy

Kolam pendederan kami sarankan ditempatkan di ruang terbuka. Cahaya matahari dibutuhkan untuk membentuk corak yang brilian pada badan ikan guppy. Umumnya para pembudidaya memakai bak semen berdimensi 1 x 1 x 0, 5 m ataupun 2 x 2 x 0, 5 m.

Jangan lupa Tambahkan juga tumbuhan air seperti hydrilla ataupun eceng gondok buat tempat berteduh. Tak lupa juga berikan aerasi pada kolam pendederan. Isi kolam dengan air setinggi 40 centimeter saja. Perlu di ingat diperbarui air tiap 3 hari sekali untuk menjaga kualitas airnya.

Pakan ikan guppy saat pendadaran

Ketika pendadaran anda harus berikan Pakan secara rutin, pakan yang dapat dikasih untuk anak ikan berusia sampai 5 hari yakni infusoria. Kemudian ianak ikan dapat diberikan artemia ( udang renik) atau bisa juga kutu air ( daphnia dan moina) yang telah disaring sebelumnya.

Sehabis burayak berusia 20 hari, baru dapat dikasih kutu air tanpa harus disaring ataupun cacing sutera.

Ikan atau burayak guppy yang sudah berusia 20 hari telah dapat dipilah antara jantan serta betina. ikan jantan yang memiliki warna bentuk dan corak yang bagus biasanya laku dijual dengan harga yang fantastis karena biasanya akan digunakan sebagai ikan hias. Sebaliknya ikan betina biasanya hanya dijadikan sebagai indukan serta sisanya terkadang dibuang. Ikan guppy dapat dikatakan berusia dan dapat bersaing dengan kawanannya sehabis berusia satu bulan.

Anda akan suskses budidaya ikan guppy jika mampu membudidaya ikan guppy  dengan banyaknya kelahiran ikan jantan. Sebab cuma ikan jantan yang yang biadanya diminati oleh para pecinta ikan hias akuarium. Ikan jantan mempunyai sirip yang lebar serta corak- warna atraktif.

Tips bagaimana cara agar budidaya ikan guppy menghasilkaan anak ikan gupyy jantan seluruhnya (kebanyakan jantan) :

Supaya anak hasil budidaya ikan guppy mayoritas ataupun seluruhnya menghasilkan anakan dengan berjenis kelamin jantan, anda perlu berikan hormon dikala kehamilan. Hormon yang digunakan merupakan hormon androgen( 17a- methyltestosteron). Pemberian hormon dicoba pada induk ikan betina yang tengah berbadan dua dengan metode direndam dalam larutan hormon. Waktu pemberian hormon yang pas 2 minggu sehabis pemijahan. Dosisnya 2mg/ liter air, perendaman sepanjang 24 jam.

Daftar Harga Ikan Guppy Semua Jenis

Bagi pembaca yang akan memulai bisnis budidaya ikan guppy sebaiknya ketahui terlebih dahulu berapa harga ikan guppy di pasaran. Saat inu Harga ikan guppy di pasaran sangat beraneka ragam dimana harga ikan guppy bisa di tentukan dari Jenis ikan guppy serta dapat pula dilihat dari keturunan indukan dengan melihat dari segi warna, corak dan bentuk badanya. Berikut ini kami berikan informasi mengenai Jenis jenis ikan guppy lengkap dengan harga ikan guppy terbaru mulai dari harga ikan guppy termahal hingga termurah yang sudah tersebar di indonesia.

Harga Ikan Guppy Termahal - Termurah Semua Jenis


1. Jenis Ikan Guppy – Young Pair Champion Purple

Ikan Guppy Young Pair Champion Purple - Jenis ikan guppy termahal dan tercantik yang pertama yakni ikan guppy young pair champion purple. Jika di lihag dari namanya saja anda pasti sudah mengira dan membayangkan ikan ini pasti mewah dan dibandrol dengan harga yang mahal. Ya anda tepat, jenis ikan guppy young pair champion purple satu ini menjadi Jenis ikan guppy ini menjadi sangat mahal karena sangat susah di temukan saat ini, ikan guppy jenis ini termasuk langka dan mempunyai corak warna yang cantik.

Seperti pada umumnya, ikan guppy biasa mempunyai corak warna bintik-bintik, akan tetapi beda halnya dengan jenis ikan guppy satu ini bercorak polos. Berdasarkan harha dipasaran, satu ekor ikan guppy young pair champion purple di bandrol dengan dengab harga kisaran harga $80 sampai $100 atau jika kita rupiahkan sekitar Rp 1.400.000 per ekor.

2. Jenis Ikan Guppy – Platinum Half Moon

Ikan Guppy – Platinum Half Moon - Jenis ikan guppy termahal dan tercantik yang kedua di sematkan kepada ikan guppy platinum half moon. Ikan guppy jenis ini mempunyai Corak warna gradasi. Kami juga akui jika jenis ikan guppy satu ini memang sangatlah cantik dan unik. Jika anda amati namanya saja guppy platinum half moon, ikan guppy ini mempunyai warna silver platinum dari kepala hingga ekor, sedangkan pada bagian tengah memiliki berwarna hitam kesilveran. Berbicata soal Sirip ekor jenis ikan guppy satu ini hampir sama seperti ikan guppy young pair champion purple.

3. Jenis Ikan Guppy – Silver Lace

Ikan Guppy – Silver Lace - jika anda amati dengan seksama ikan ini sungu sangat unik dan mempesona, lihat saja warna ikan guppy silver lace ini. Dilihat dari Corak warnanya jenis ikan guppy ini hampir meyerupai lukisan abstrak berwarna putih. Ikan guppy silver lace sungguh sangat jarang di jumpai. Mungkin karena hal inilah yang membuat jenis ikan guppy silver lace ini tergolong mahal. Jika anda memiliki ikan jenis saatnya kami bilang Selamat.  Anda sangat beruntung jika sampai memilikinya. Untuk harga ikan guppy jenis silver lace belum ada standarnya. Jika harus menerka nerka mungkin harga ikan guppy silver lace bisa dibandrol dengan harga Rp 500.000 per ekor nya.

4. Jenis Ikan Guppy – Dragon Big Ear

Ikan Guppy – Dragon Big Ear -  Jenis ikan guppy termahal dan tercantik yang ke empat kami berikan kepada ikan guppy dragon big ear. Salah satu perbedaan  jenis ikan guppy jenis ini dengan ikan guppy lainnya yakni ikan guppy dragon big ear mempubyai ciri dua bagian warna tubuh yang berbeda. Di bagian kepala hingga tengah tubuh memiliki warna silver, sedangkan untuk bagian tengah hingga ekor mempunyai warna orange dengan corak hitam. Jika kalian amati namanya, jenis ikan guppy ini mempunyai bentuk sirik ekor yang terbilang besar. Kamu tau tidak berapa ya Harga Ikan Guppy – Dragon Big Ear?

5. Jenis Ikan Guppy – Metal Yellow Lace

Ikan Guppy – Metal Yellow Lace -   bagi kalian yang pertama kali melihat jenis ikan guppy kami yakin anda pasti sangat mengaguminya, hal in karena ikan ini mempunyai paras yang cantik dan elegan. Jika kalian amati Ikan guppy metal yellow lace hampir sama seperti ikan guppy silver lace, namun perbedanya terletak pada corak warna. ikan guppy jenis ini mempunyai warna yellow atau kuning yang sangat mewah dan cantik, dari kepala hingga ujung ekor. Maka tak heran jika ikan guppy satu ini tergolong kedalam jenis ikan guppy termahal dan tercantik di dunia. Kira kira berapa ya harga  Ikan Guppy – Metal Yellow Lace di pasaran ?

6. Jenis Ikan Guppy Blue Grass

Ikan Guppy Blue Grass - Secara singkat ikan guppy jenis ini memiliki ciri yang hampir sama dengan jenis ikan guppy lace, Akan tetapi jenis ikan guppy blue grass mempunyai corak warna yang sangat indah dan cantik menawan. Ada Ciri khas pada jenis ikan guppy ini yakni pada ekornya. Di bagian kepala hingga pangkal ekor memiliki warna kuning, sedangkan pada bagian sirip dan ekor mempunyai warna biru bertotol bintik hitam. Sedangkan pada bagian ujung ekor ikan guppy jenis berwarna hitam. Untuk harganya di pasaran, ikan guppy ini termasuk sangat mahal dibanding dengan jenis lainnya. Apakah anda tau Berapa Harga Ikann Guppy Blue Grass Terbaru?

7. Jenis Ikan Guppy Red Mozaik

Ikan Guppy Red Mozaik - Sama seperti namanya, jenis ikan guppy jenis ini mempunyai corak warna yang hampir karya karya seni mozaik. Bukan itu saja ciri khas dari ikan guppy red mozaik ada pada bentuk sirip ekor yang kecil dan tidak beraturan. Mungkin karena bentuknya yang unik inilah yang menjadikan jenis ikan guppy jenis ini menjadi mahal. Di pasaran dan di grup ikan guppy indonesia, satu ekor jenis ikan guppy red mozaik ini termasuk katagori ikan guppy termahal yang dibandrol dengan harga sekitar Rp 250.000 per ekor. Bagaimana apakah anda tertarik membeli ikan jenis ini?

8. Jenis Ikan Guppy – Cherry Grass

Ikan Guppy – Cherry Grass - Jenis ikan guppy termahal dan tercantik berikutnya kita berikan kepad ikan guppy cherry grass. Tau ga sih, kalau jenis ikan guppy satu ini sangat cocok dimiliki oleh kaum hawa karena bentuknya unik namun tetap elegan dan cantik. Ada Ciri khas dari ikan guppy cherry grass yakni ada pada warna pink dari kepala hingga ujung ekor, warna inilah penyebab utama kenapa ikan guppy cerry sangatlah mahal. Di pasaran, 1 ekor ikan guppy cerry ini di hargai dengan harga Rp 350.000 per ekor.

9. Jenis Ikan Guppy – Black Moscow

Ikan Guppy – Black Moscow - dari namanya saja sudah kelihatan garang dan mewah, jenis ikan guppy black moscow memang benar berasal dari Moscow, Rusia. Ikan guppy black moscow mempunyai ciri yang khas dengan perpaduan warna hitam pekat yang menyelimuti tubuhnya, tak tanggung tanggung hingga warna bola matanya. Jenis ikan guppy jenis ini mempunyai ukuran tubuh dan ekor yang tidak terlalu besar. Namun hangan kuatir Untuk masalah harga,jenis ikan guppy black moscow masih termasuk terjangkau. Yuk tebak kira kira berapa ya Harga ikan Guppy Black Moscow hari ini?

10. Jenis Ikan Guppy – Albino

Ikan Guppy – Albino - Mendengar nama albino jelas bagi kalian nampaknya sudah tidak asing lagi. Memang benar, albino merupakan kelainan warna genetik yang dialami oleh hewan dan manusia. Sama halnya dengan Ikan guppy albino , ikan guppy memang langka dan sulit untuk di temukan, maka dari itu Harga ikan guppy jenis ini menjadi mahal dan banyak yang mencarinya. Harga Ikan guppy albino dibandrol dengan harga kisaran Rp 600.000 untuk satu ekornya.

11. Jenis Ikan Guppy – Yellow Cobra

Ikan Guppy – Yellow Cobra - ikan guppy jebis ini termasuk ikan guppy yang sedang viral. Ikan guppy yellow cobra mempunyai ciri khas yang unuk yakni warna kuning dengan bintik-bintik hitam dari kepala hingga ujung ekor. Maka dari itu ikan guppy jenis ini diberi nama ikan guppy yellow cobra.  Apakah anda sudah tau Berapa Harga jenis ikan guppy cobra ?ya benar ikan jenis ini termasuk  terjangkau dan  cocok untuk di pasarkan di Indonesia.

12. Jenis Ikan Guppy Neon

Ikan Guppy Neon - Jenis ikan guppy termahal dan tercantik berikutnya kita berikan kepada ikan guppy neon. Jika dilihat daru corak warnanya, ikan guppy neon selintas hampir mirip dengan ikan guppy mozaik, namun perbedaanya ada pada warna bagian tubuhnya. Di bagian tubuh jenis ikan guppy neon memiliki warna hijau kekuningan menyala, dan akan terlihat lebih terang jika pada malam hari lampu dikegelapan, mungkin karena keunikanya menjadikan ikan guppy neon ini dinamakan ikan guppy neon. Lantas Berapa ya Harga Ikan Guppy Neon di Pasaran? Jadi penasaran....

13. Jenis Ikan Guppy Crown Tail

Ikan Guppy Crown Tail - jika kita melihat berdasarkan namanya, jenis ikan guppy crown tail mempunyai bentuk ekor yang crown atau dalam bahas inggis berarti (mahkota). Untuk Sirip ekor jenis ikan guppy jenis ini tidak rata dan hal inilah yang membuatnya menjadi unik dan susah di cari. Harga jenis ikan guppy crown tail di indonesia dibandrol berkisar Rp 250.000 per ekor.

14. Jenis Ikan Guppy – Merah

Ikan Guppy – Merah - Jenis ikan guppy termahal dan tercatik berikutnya yakni ikan guppy merah. Ikan guppy jenis ini memang unik, Keunikannya terlihat di bagian warna merah pekat dari kepala hingga ujung ekor, bahkan ada juga mata  ikan guppy jenispun berwarna merah. Untuk saat ini, masih sangat susah dan sulit untuk mendapatkan ikan guppy merah dengan warna merah bersih. Jika ikan jenis ini ada di indonesia, kira kira berapa ya Harga ikan Guppy – Merah?

15. Jenis Ikan Guppy – Red Blonde
Ikan Guppy – Red Blonde -  bagi para pemula mungkin kata red blonde ahmgak sedikit asing di dengar. Jika anda perhatikan namnaya, istilah kata blonde dalam bahasa Indonesia berarti (pirang). Benar, Ikan guppy red blonde adalah hasil keturunan atau hasil persilangan dari ikan guppy merah. Jenis ikan inu memiliki ciri kas pada Corak warnanya yang unik dan enak di pandang nata. Maka taknheran jika saat ini banyak orang sedang mencarai ikan jenis ini untuk dipelihara. Jika anda tertarik dengan ikan ini? Siapkan segera dana sekitar 250rb. Kareba Harga jenis ikan guppy red blonde saat inu dibandrol sekitar Rp 250.000 per ekor.

Ayoooo....anda pilih Ikan Guppy jenis yang mana? Harap seseuaikan bajed anda ya, karena banyak pilihan Harga. Mulai dari Harga Guppy Termahal - Termurah. Yang pasti Pilih Ikan guppy yang Cantik dan Unik Ya......

Catatan :

*Harga Ikan Guppy Semua Jenis di atas kami peroleh dari berbagai sumber baik online maupun ofline dari grup facebook ataupun komunitas guppy indonesia.

*Harga ikan guppy terbaru diatas sewaktu waktu dapat berubah tergantung dari pasaran ikan guppy di berbagai wilayah indonesia

*Jika harga ikan guppy hari ini di atas salah ataupun keliru atau kurang update mohon kirim harga guppy hari ini terbaru ke WA ataupun email di website ini, dan kami akan segera update harga ikan guppy hari ini di website ternakpertama.com

*Jika anda membutuhkan bibit ikan guppy silahkan bisa langsung beli di ternakpertama.com melalui email : ternakpertamaku@gmail.com ataupun WA : 085742955443

Jaga terus kekompakan para Penangkar Ikan Guppy di indonesia agar Harga Ikan Guppy di Pasaran Stabil.

Demikian informasi tentang Harga Ikan Guppy Hari Ini serta bagaimana budidaya ikan guppy yang benar yang bisa kami sampaikan. Kami berharap anda sukses dalam budidaya ikan guppy. Salam Sukses peternak Indonesia.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar