Skip to main content

Cara Memilih Burung Merpati Tinggian Yang berkualitas

Cara memilih Burung Merpati Tinggian - Bagaimana cara memilih dan memiliki burung merpati tinggian yang berkualitas dan bermental Juara? Pintar memilih burung merpati tinggian merupakan hal sangat perlu anda ketahui apalagi bagi anda yang sering mengikuti lomba kolongan ataupun untuk ternak. Memilih merpati tinggian yang bagus bermental juara biasanya berasal dari induk yang juara/berprestasi juga. Dan yang jelas bakalan merpati tinggian mental juara seperti itu dibandrol dengan harga yang tinggi. Terlebih berasal dari Induk yang sudah sering juara 1 di berbagai arena lomba dan sudah terkenal dimana mana, punya nama dan sudah pasti harganya pun akan melambung tinggi.

Bagi oara pecinta dara kolongan sejati yang memiliki banyak modal lmaka untuk harga tak akan jadi masalah, akan tetapi bagaimana dengan penggemar burung kolongan yang bermodal kecil, jelas akan kesulitan untuj mendapat merpati tinggian yabg berkualitas baik. Nah oleh karena itu ternakpertama.com akan menuliskan tentang cara memilih merpati tinggian yang berkualitas bermental juara walaupun sebenarnya bukan dari turunan merpati juara.

Cara memilih merpati tinggian yang kami tulis diambil dari berbagai sumber baik secara online maupun kami dapat daru para penggemar burung merpati di berbagai daerah, karena pecinta burung merpati kolongan saat ini sudah sangat banyak dan sering kali mengadakan lomba merpati tinggian maupun balap. Cara yang kami tukis ini lebih kepada penilaian secara fisik dilihat sari bentuk keseluruhan tubuh merpati kolong tersebut. Kami akan menukiskan ciri ciri burung merpati kolong yang bermental juara mulai dari curi kepala sampai bagian kaki. Sebenarnya simpel, dari bentuk tubuh sudah dapat diketahui kualitas burung dengan sifat dan karakter burung merpati kolong yang terbaik. Jika anda berhasil menemukan tubuh merpati kolongan sama dengan yang kami sebutkan dibawah dengan harga murah, artinya kitq sangat beruntung dan kemungkinan besar merpati tersebut berkualitas dan bakal calon juara. Namun sebenarnya yang terpenting bagaimana cara kita merawatnya agar kelak bisa menjadi sang juara.

Merpati tinggian
Merpati Tinggian

Ciri ciri fisik burung merpati tinggian yang berkualitas dan bermental juara

1. Mata

Pertama kita amati kondisi mata burung merpati tinggian terlebih dahulu. Perhatikan dengan seksama bagian pupil (bulat hitam ditengah). Burung merpati tinggian yang bagus memiliki Pupil dapat merespon sinar matahari dengan cepat, mengecil ketika dihadapkan kearah matahari. Perhatikan dengan seksama bagiam pupil harus benar-benar mengecil , jangan hanya mengecil sedikit. Dan akan cepat kembali normal jika sudah tidak diarahkan lagi ke matahari. Paham kan? Jika anda tak menemukan ciri ciri pupil yang kami sebutkan diatas segera tinggalkan merpati yang pupilnya kurang baik.

Bukan itu saja, selain pupil cari juga yang mempunyai cincin lingkar menempel pada biji mata, bisanya berwarna hijau atau lainnya. Cari yang memiliki 2 warna mata, warnanya bisa kuning tua ataupun kuning muda, merah muda dengan putih atau merah tua dengan hijau tua dll.

Kemudian anda cari juga mata merpati tinggian dengan warna tengah lebih tenggelam dari warna luar. Sedikit tips untuk melihatnya tempatkan merpati kolongan tersebut pada area teduh atau  tak kena sinar matahari langsung. Sedangkan jika anda melihat pada lokasi terang yaitu kena sinar matahari langsung maka kedua warna mata akan tergabung, terlihat seperti titik-titik warna menyatu.
Pada proses ini, anda harus sangat teliti dalam melihat mata merpati tinggian sebelum membeli karena mata burung sangat menentukan pada saat terbang tinggi.

2. Bentuk Kepala 

Setelah mata, kemudian cari merpati tinggian yang memiliki kepala besar dengan batok kepala depan lebih tinggi dari kepala belakang. Pasti para pecinta dara kolongan disini beranggapan merpati berkepala besar lebih pintar dari pada merpati berkepala kecil. Dengan anggapan otak lebih besar lebih baik dan lebih pintar dari otak kecil.

Setelah itu pilihlah kemiringan pangkal hidung dengan atas batok kepala besar sudut 45 derajat sampai 60 derajat. Merpati kolongan yang berkualitas memiliki bentuk kepala seperti ini cerdas dan bagus pada saat naik dan bagus juga pada saat turun. Pilih juga bentuk kepala dengan raut muka kelihatan galak seperti burung rajawali.

Lain halnya dengan kemiringan merpati dengan bentuk kepala 90 derajat, biasanya hanya bagus di saat turun saja.

3. Bulu

Kemudian selanjutnya kita lihat dan raba bagian bulunya, Bulu merpati kolongan yang sehat terlihat berkilauan ketika terkena sinar matahari langsung. Sedangkan Untuk bulu basah/kering rasanya tidak masalah karena kami pernah mempunyai merpati dengan bulu basah dan kering juga sering menjadi juara. Kemudian pada Ujung bulu/lar merpati tinggian berkualiatas biasanya membulat, bukan lancip-lancip. Kami lihat dari pengalaman, merpati tinggian yang mempunyai 4 lar terluar dengan selisih panjang mencolok dari lar lainnya memiliki kestabilan saat terbang tinggi.

4. Postur Tubuh

Merpati tinggian yang baik memiliki postur tubuh “njantung” (berbentuk seperti jantung pisang) dan daging yang enak dipegang/lentur agar dapat manuver sekali jadi dari ketinggian ketika digeber oleh betinanya. Biasanya merpati-merpati yang berani terjun dari ketinggian apabila dipegang akan terasa berat didepan.


5. Tulang Supit Udang

Setelah bulu, kita tinjau lagi dari sisi tulang supit udang, ternyata Kerangka tulang merpati tinggian yang kokoh bisa rasakan dengan meraba dari tulang supitny. Saat ini sudah banyak merpati juara dengan stut keras dan tidak kapokan ditunjang oleh tulang supit yang keras,

Kemudian pilih yang dengan jarak supit udangnya 1 cm sampai 2 cm. Burung Merpati yang punyai jarak supit udang demikian akan memiliki kecepatan saat turun dengan stabil. Ingat jangan sampai anda pilih supit udang terlalu sempit atau malah rapat sekali. Jangan lupa pula pilih supit udang yang bengkok.

6. Bentuk Paruh

Pilih merpati tinggian yang mempunyai paruh panjang dari ujung hidung sampai ujung paruh sedikit lebih pendek dari jarak pangkal hidung ke batok kepala depan paling atas. Cari paruh berbentuk runcing pada ujung, tidak terlalu besar dan tidak terlalu panjang.


7. Hidung 

Hidung merpati yang baik pasti besar, panjang, menggembung akan tetapu bukan turunan burung Merpati Pos.  Hidung merpati yang berbentuk sepert itu memiliki warna kapur pekat, pangkal hidung bagian bawah menjorok kebelakang. Ciri burung tersebut merupakan salah satu jenis burng merpati unggul, meskipun masih ada juga ciri lain dari ini.

Bentuk hidung merpati yang bagus memang besar, panjang, melekat ke paruh kalau Merpati Prambon. Hidung seperti ini kalau warna kapur pekat akan terlihat garis-garis samar sejajar warna merah pada seluruh hidung dan pangkal hidung bawah menjorok kebelakang.

Sedangkan untuk Bentuk hidung kecil, menggembung strain jawa, jawa sungut atau jawa deles. Hidung semacam ini memiliki warna kapur pekat, pangkal hidung bawah menjorok kebelakang. Ini juga merupakan salah satu ciri merpati tinggian yang unggul.

8. Leher 

Setelah kita amati bentuk hidungnya, kemudian kita tinjau dari sisi leher. Pilihlah leher merpati yang kuat, ingat jangan pilih leher nerpati yang panjang, pilih panjang leher sedikit lebih pendek dari tulang dada. Atau anda juga bisa memilih leher yang kuat, tegak, kencang dan mendongak ke atas saat merpati memperhatikan sesuatu.

9. Sayap 

Kemudian selanjutnya kita tinjau dari sisi sayap. Anda harus memilih sayap merpati yang kuat serta lentur dan tidak kaku, sedangkan bentuk bolehlah bervariasi, tebal bulat, pendek berotot atau pipih lebar berotot.

Selain itu, Pilih juga bulu sayap yang tebal, kencang, tak bergelombang, lebar,  rapat jarak satu dengan yang lain dan ujung bulu runcing.

Kemudian pilihlah tulang bulu sayap yang besar, kuat dan lentur pada ujung bulu. Dan jangan lupa pilihlah sayap mengkongkong saat dipegang. Jangan sampai anda memilih sayap yang rapat ke badan.

10.  Dada 

Kemudian pada bagian dada anda harus mencari bentuk dada seperti huruf V jika dilihat dari sisi depan. Dengan bentuk dada seperti V biasanya merpati akan cepat turun dari segala arah. Ingat jangan sampai anda memilih dada merpati tinggian yang memiliki bentuk huruf O ataupub datar.
Kemudian Carilah tulang dada merpati tinggian yang sedikit lebih panjang dari telunjuk orang dewasa atau paling tidak sama jangan pilih yang pendek.

Kemudian Besar kecil dan jarak pinggang merpati akan berpengaruh pada kestabilan terbang. Pinggang jarak renggang dari badan juga akan menjadikan burung merpati ini tak mempunyai keseimbangan yang bagus. Pada saat turun akan lambat atau turun akan berbelok separuh jalan atau tidak ada rem.

Untuk itu anda harus memilih jarak pinggang dengan badan rapat, entah itu pinggang besar ataupun kecil. Burung merpati tinghian seperti ini akan turun dengan cepat.

12. Ekor 

Untuk bagian ekor, Carilah burung Merpati tinggian yang memiliki bulu ekor rapat tebal dan panjang yang sesuai dengan pegangan dan kelenturan. Kemudian pada saat pegang bulu ekor juga akan tampak menyatu, itulah ciri dari pinggang merpati kecil. Dengan kata lain burung merpati seperti ini juga memiliki kecepatan turun dengan cepat.

Namun jika anda pegang bulu ekor melebar pada ujung tak mengumpul jadi satu, itu pertanda bahwa burung merpati pinggang besar dan burung seperti ini turun dengan genjotan.

13. Kaki 

Pada bagian kaki, anda harus memilih kaki yang kering mbesik dan panjang. Berdasarkan pengalaman, tanda kaki merpati yang bagus kalau dipegang kakinya akan mendorong ke belakang dan sejajar dengan ekor.

14. Mental

Yang terpenting dalam memilih merpati tinggian yang berkualitas adalah dengan melihat mental tarungnya. Yang sudah kami jabarkan diatas kita tinjau dari sisi anatomi. Hal tersebut tak akan bekerja dengan maksimal tanpa didukung oleh kualitas mental yang baik. Karena fakta dilapangan banyak bercerita bahwa banyak merpati yang dalam kondisi sehat, giring maksimal, bentuk bodi baik dan daging lentur, mata bagus dan sebagainya, akan tetapi tak berani bermanuver dari ketinggian. Kami berkesimpulan bahwa penyebabnya adalah mental tarungnya yang kurang baik. Burung Merpati tinggian dengan mental tarung yang baik sebagian besar sudah berada ditangan peternak untuk dibudi-dayakan untuk dilestarikan keturunannya.

15. Pantau Langsung

Jika anda akan membeli burung merpati tinggian alangkah baiknya jika dipantau atau dilihat secara langsung dari bentuk fisiknya. Karean didalam memilih merpati tinggian terlebih untuk bermain kolongan tinggian, selalu prioritaskan untuk memilih merpati yang stabil. Percuma memilih merpati yang memiliki stut keras tapi tak stabil, merpati tersebut akan menjadi bulan-bulanan pada saat lomba.

Memiliki burung merpati tinggian dengan kualitas istimewa yang bermental juara terkadang membutuhkan pengalaman yang panjang dan biaya yang cukup banyak.

Demikian informasi mengenai bagaimana cara memilih burung merpati tinggian yang berkualitas dan bermental juara yang bisa kami sampaikan. Mudah mudah nermanfaat bagi kita semua..salam peternak indonesia.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar