Skip to main content

Daftar Hijauan Pakan Ternak Kaya Protein

Daftar Hijauan Pakan Ternak - Hijauan adalah makanan utama yang harus diberikan bagi ternak ruminansia yang terdiri dari dua macam yakni rumput-rumputan (sumber energi) serta leguminosa (sumber protein). Berikut ini ternakpertama.com akan memberikan informasi Daftar tanaman leguminosa yang kaya akan protein diantaranya adalah:

Inilah Daftar Hijauan Pakan Ternak Kaya Protein

Lamtoro (Leucaena leucocephala L)
Tanaman Lamtoro ini sudah banyak dikenal oleh masyarakat sebagai petai cina. Lamtoro ini adalah tipe atau jenis leguminosa yang telah cukup lama dipakai oleh masyarakat sebagai sumber pakan hijauan untuk ternak. Kandungan nutrisi untuk kebutuhan ternak dari Lamtoro ini sungguh sangat baik, dengan kadar protein yang sangat tinggi, Tanaman hijauan Lamtoro ini bisa juga menjadi pilihan sumber protein dari hijauan. Hasil pengujian nutrisi di BPMSP Bekasi Tahun 2015, menunjukkan bahwa didalam lantoro terkandung protein kasar 36,37%.
Tanaman Hijauan Lamtoro
Tanaman Hijauan Lamtoro

Alfalfa (Medicago sativa)
Hijauan Pakan ternak Alfalfa (Medicago sativa) mempunyai nilai kualitas nutrisi serta produksi yang sama baiknya dengan lamtoro, tanaman ini juga disebutkan mempunyai rasa yang sangat enak serta mudah dicerna oleh hewan ternak terutama sapi jadi banyak diproduksi. Hasil pengujian Lab BPMSP Bekasi Tahun 2015 menunjukkan didalam alfalfa terdapat protein kasar 32,63%.
Tanaman Hijauan Alfalfa (Medicago sativa)
Tanaman Hijauan Alfalfa (Medicago sativa)
Indigofera
Pakan Hijauan Indigofera kaya akan nitrogen, fosfor serta kalsium. Dari hasil pengujian nutrisi di BPMSP Bekasi tahun 2015 memperlihatkan bahwa didalam indigofera terdapat protein kasar 29,16 %. Dengan kandungan protein yang kurang tinggi serta palabilitas yang baik menjadikan tanaman ini sekarang ini diminati oleh peternak. Indigofera umumnya dikembangkan dengan generatif melewati biji. Uji coba palatabilitas serta pemakaian hijauan segar Indigofera zollingeriana pada kambing kacang menunjukkan peningkatan efisiensi pakan serta bobot badan sampai 45% (Tarigan 2009).
Tanaman Hijauan Indigofera
Tanaman Hijauan Indigofera
Jika akan membeli Bibit Indigofera Silahkan Pesan ke kami via email [email protected]

Turi (Sesbania grandiflora syn)
Hijauan pakan ternak Turi adalah  tanaman yang bisa tumbuh dengan cepat, mempunyai akar yang dangkal, serta mempunyai cabang cabang yang menggantung. Dengan kadar protein yang tinggi, tanaman hijau turi ini juga cukup potensial untuk pakan ruminansia serta non ruminansia. Hasil uji lab BPMSP Bekasi Tahun 2015 turi mempunyai protein kasar 27,59%. Akan tetapi dibalik kualitas nutrisi yang cukup memuaskan, turi mengandung zat anti nutrisi yang cukup berbahaya bagi ternak jadi dalam pemberiannya butuh proses pengolahan terlebih dahulu.
Tanaman Hijauan Turi (Sesbania grandiflora syn)
Tanaman Hijauan Turi (Sesbania grandiflora syn)
Gamal (Gliricidia sepium)
Tanaman Hijauan galmal adalah tanaman yang sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat serta mudah tumbuh di beberapa macam keadaan. Cara penanaman bisa dilakukan dengan biji atau stek. Batang tanaman gamal dipotong serta ditancapkan ke tanah, proses selanjutnya gamal akan membentuk akar baru serta tumbuh menjadi tanaman baru. kandungan nutrisi gamal hasil uji lab BPMSP Bekasi mengandung protein kasar 26,29%.
Tanaman Hijauan Gamal (Gliricidia sepium)
Tanaman Hijauan Gamal (Gliricidia sepium)
Demikian informasi tentang Daftar Hijauan Pakan Ternak Kaya Protein yang bisa kami sampaikan. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Terimakasih sudah berkunjung ke ternakpertama.com. Salam Sukses Peternak Indonesia
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar