Skip to main content

Cara Membuat Kandang Itik Yang Benar

Ternak Pertama. Cara Membuat Kandang Itik - Sebagaimana yang telah kita tau bahwa budidaya itik mempunyai prospek dan peluang bisnis ternak yang sangat baik kedepannya. Telur bebek akan banayk di butuhkan oleh masyarakat, apalagi ketika momen menjelang lebaran. Tidak hanya di musim lebaran saja, telur itik juga sangat di butuhkan  di parik roti sebagai bahan produksi.Untuk itu kali ini ternak pertama akan menuliskan artikel mengenai cara membuat kandang itik yang baik, jenis atau tipe kandang kandang yang baik akan berdampak pada kesehatan itik atau bebek anda terjaga dengan baik. Langsung saja inilah Cara membuat Kandang yang baik untuk itik. Simak dan baca dengan seksama.

Jenis Kandang itik Yang Baik

Kandang Baterai
Kandang Itik Baterai
Di kandang baterai, setiap 1 kandang hanya dihuni seekor itik dewasa. Ukuran kandang kurang lebih 50 cm x 50 cm x 45 cm. Bisa juga dibangun berkelompok, dihuni 5 ekor itik, asalkan kandang lebih luas. Kandang bisa terbuat dari bilah bambu maupun rangka kawat. Anggaran investasi kandang baterai relatif tinggi dibandingkan tipe kandang lain.Perkawinan itik yang tinggal dalam kandang baterai dilakukant dengan cara inseminasi buatan.

Untuk itu, perhitungan tenaga kerjanya mencakup inseminator—ahli inseminasi buatan. Keuntungannya, produktivitas itik lebih terkontrol dan pengendalian penyakitnya lebih terjaga.Pengambilan telur di kandang baterai lebih mudah lantaran tempatnya terbatas. Tetapi, sekarang, jarang peternak itik layer yang memakai kandang baterai. Kandang baterai hanya digunakan pada sekarang merawat itik starter.

Kandang ranch ( Rak )
Kandang Itik Ranch (RAK)
Tipe Kandang yang sering digunakan oleh peternak itik sekarang yaitu kandang ranch atau Kandang Rak. Kandang itik jenis rank atau rak ini merupakan modifikasi dari kandang postal itu yakni dengan menyediakan ruangan tempat ternak sebagai tempat umbaran atau tempat bermain. Jenis kandang ini juga disebut kandang umbaran. Kandang tersebut dibekali dengan kolam atau saluran tempat itik membersihkan diri atau hanya sekedar mendinginkan tubuh di siang hari. Tipe kandang ranch tepat untuk pemeliharaan itik petelur dewasa.

Kandang Postal
Kandang itik Model Postal
Kandang jenis Postal berbeda dengan kandang itik baterai, kandang postal dihuni lebih dari satu itik. Satu kandang, populasinya bisa mencapai ratusan hingga ribuan ekor tergantung luas kandang. Kandang postal itu tepat digunakan untuk itik grower. Tempat makan dan minum itik disediakan dalam kandang jadi relatif menghemat tempat. Tinggi kandang tak boleh tak lebih dari 2 m. Tujuannya untuk mempermudah ketika panen telur, saat membersihkan kandang dan pemberian pakan.
Kandang Postal
Keadaan Kandang Itik Yang Baik

Berdasarkan keadaannya, jenis kandang bisa dibagi menjadi kandang basah dan kandang kering.

Kandang basah

Kandang basah itu artinya ada tempat khusus untuk aktivitas mandi, minum, berenang, dan membantu proses perkawinan berupa kolam. Sistem kandang basah baik untuk telur tetas. Untuk itik petelur, kolam jangan terlalu luas supaya itik tak terlalu banyak mengeluarkan tenaga. Tujuannya supaya energi yang dialokasikan untuk menghasilkan telur lebih banyak. Untuk sistem kandang basah sebaiknya diberi jarak antara kandang dan kolam, kurang lebih 2—3 m. Manfaatnya supaya kandang tidak terlalu basah ketika itik masuk setelah melakukan aktivitas di kolam. Kandang yang terlalu basah cenderung cepat berbau dan berisiko mengajak penyakit.

Kandang kering

Kandang kering hanya menyediakan air untuk aktivitas mencuci muka dan minum. Aktivitas itik dibatasi jadi energi yang diperoleh dari pakan diperuntukkan untuk memproduksi telur. Kelebihan lain, kandang kering adalah meminimalisasi aroma kotoran itik.

Bagaimana Cara Modifikasi Kandang Itik dan Bebek

Pemeliharaan itik di daerah beriklim basah butuh harus mendapatkan perhatian lebih. Kandang itik tersebut wajib dijaga supaya kehangatan tetap terjaga. Itik yang stress karena kedinginan bisa mogok bertelur atau produktivitasnya akan mengalami penurunan. Untuk itu, kandang bisa dimodifikasi dengan membuat kandang panggung.

Lantai kandang yang tidak bersentuhan langsung dengan tanah membuat kondisi kandang lebih hangat. Tempat makan dan minum disediakan di depan kandang. Itik masih bisa makan walau di dalam kandang dengan cara meneroboskan lehernya lewat lubang kandang.

Kepadatan Kandang

Ukuran kandang itik petelur disesuaikan dengan populasi itik. Kapasitas kandang juga butuh diperhatikan. Jangan sampai terlalu padat. Sesuaikan ukuran dengan luas kandang dan umur itik yang dipelihara.

Anak itik

(0—6 minggu):

TIPE KANDANG ITIK 

Umur 1 minggu, 25 ekor

Umur 2—3 minggu, 18 ekor

Umur 4—6 minggu, 10 ekor

Itik dara umur 2—5 bulan, Itik dewasa umur di atas 8 ekor/m2 5 bulan, 3 ekor/m2

Baca Juga Artikel Lainya
3 Jenis Itik Yang Baik Untuk Usaha Ternak 
Peluang Usaha Budidaya Bebek Peking  Untung Besar 
Beternak Itik Tanpa Air

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar