Skip to main content

Peyebab Penyakit Ayam Kampung Dan Cara Mengatasinya

Ternak Pertama - Kita sebagai peternak ayam kampung atau anda yang sedang akan memulai ataupun yang sudah beternak ayam kususnya ayam kampung harus mengetahui kendala apa saja yang akan kita hadapi saat akan beternak, kendala-kendala tersebutlah yang harus kita ketahui dan pahami agar usaha kita dibidang peternakan menghasilkan hasil yang optimal, kendala yang biasanya sering muncul dalam peternakan adalah Penyakit pada hewan ternak kita. kita harus mengetahui Jenis Penyakit Yang Biasa Menyerang Ayam Kampung dan bagai mana cara pencegahannya, kita semua mengerti bahwa yang namanya Penyakit merupakan momok yang sangat menakutkan. tapi tenang saja kali ini ternak pertama akan menuliskan artikel tentang Penyebab Penyakit Ayam Kampung dan Cara Mengatasinya secara singkat, jika anda kurang jelas bisa langsung konsultasi kepada kami melalui form konsultasi, yang namanya penyakit secara umum sudah jadi hal biasa bagi makhluk hidup tak terkecuali hewan peliharaan seperti ayam kampung yang katanya punya data tahan lebih baik tapi Bagi Anda yang sedang membudidayakan ayam atau beternak ayam kampung, berikut ini adalah beberapa penyakit yang biasa menyerang pada ayam kususnya ayam kampung.

Ayam Kampumg

Jenis-jenis Penyakit Ayam Kampung dan Cara Mengatasinya

Penyakit Ayam Kampung

1.Tetelo (ND)
Tetelo (ND) termasuk salah satu penyakit yang sering menyerang ayam kampung, paling sering ditemukan dan satu dari sedikit yang paling mematikan.

Penyebab Penyakit Pada Ayam Kampung

Penyebab : paramyxivirus 
Gejala penyakit Tetelo: badan gemetaran, ngorok, batuk-batuk, kepala berputar-putar, kelumpuhan pada kaki atau sayap, kotoran bila diperhatikan berwarna putih kehijauan. 
Pencegahan Tetelo: vaksinasi secara teratur, sanitasi kandang, terhadap ayam yang terkena ND maka harus dibakar.
Pengobatan : belum ada

Penyakit Ayam Kampung

2.Gumboro (gumboro disease)

Penyebab Penyakit Pada Ayam Kampung

Penyebab : virus
Gejala Gumboro : ayam tiba-tiba sakit dan gemetar tapi disertai dengan gejala lain berupa bulunya yang tiba tiba berdiri, sangat lesu, malas untuk bergerak, diare putih di sekitar anus.
Pencegahan : vaksinasi secara teratur dan menjaga sanitasi kandang
Pengobatan : belum ada

Penyakit Ayam Kampung

3.Penyakit cacing ayam (worm disease)

Penyebab Penyakit Pada Ayam Kampung

Penyebab : Cacing
Gejala : pertumbuhan terhambat, kurang aktif, bulu kelihatan kusam.
Pencegahan : Berikan obat cacing secara berkala, kemudian usahakan untuk melakukan sanitasi kandang yang teratur dan baik, penggantian litter kandang secara teratur, dan mencegah serangga yang dapat menjadi induk semang perantara.
Pengobatan : Terdapat beberapa jenis obat cacing yang dapat digunakan seperti pipedon-x liquid, sulfaquinoxalin, sulfamezatin, sulfamerazi dan piperazin.

Penyakit Ayam Kampung

4. Berak kapur (Pullorum)

Penyebab Penyakit Pada Ayam Kampung

Penyebab : Bakteri Salmonella pullorum
Gejala : Ayam anakan biasanyakanan kumpul di bawah pemanas, kepala lesu ditandai dengan menunduk rendah, kotoran melekat pada bulu-bulu disekitar anus.
Pencegahan : Lakukan fumigasi yang tepat pada mesin penetas dan juga kandang
Pengobatan : Obat yang dapat digunakan antara lain noxal, quinoxalin 4, coxalin, neo terramycyn  atau obat lain sesuai rekomendasi ahli.

Penyakit Ayam Kampung

5. Berak darah (Coccidiosis)

Penyebab Penyakit Pada Ayam Kampung

Penyebab : protozoa Eimeria sp.
Gejala : anak ayam terlihat sangat lesu, sayap terkulai, kotoran encer yang warnanya coklat campur darah, bulu-bulu disekitar anus kotor, ayam bergerombol di tepi atau sudut kandang.
Pencegahan : mengusahakan sanitasi yang baik dan sirkulasi udara yang baik pula atau bisa juga dengan pemberian coccidiostat pada makanan sesuai takaran
Pengobatan : noxal, sulfaquinoksalin, diklazuril atau lainnya
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar