Skip to main content

MENCEGAH DAN MENGATASI REAKSI POST VAKSINASI


Mencegah Reaksi Post Vaksinasi
Ternak Pertama. Mengatasi Reaksi Post Vaksinasi Pada Ayam - Pernahkan anda mem-vaksin ayam anda? Jika pernah, anda tentu terkadang menjumpai setelah vaksin ayam menunjukkan gejala lesu atau bahkan “nyekress”. Meskipun hal tersebut sering terjadi dan bahkan berulang-ulang terkadang peternak tetap saja ragu dan bertanya-tanya apakah ini reaksi post (setelah) vaksin atau memang ayam mulai terkena gejala sakit. Berikut ulasanya yang dirangkum dari buletin info medion.

Vaksinasi merupakan upaya menstimulasi pembentukan titer antibodi yang protektif (mampu melindungi ayam dari serangan penyakit). Caranya dengan “memasukkan” sejumlah mikroorganisme, baik virus atau bakteri yang telah dilemahkan atau dimatikan (yang lebih kita kenal sebagai vaksin) dengan dosis yang terukur.

Aplikasi vaksinasi ini dibedakan berdasarkan sediaan vaksin. Vaksin inaktif yang biasanya berbentuk suspensi atau emulsi diberikan dengan cara suntikan subkutan (leher) maupun intramuskuler (dada, paha). Sedangkan untuk vaksin aktif, yang berisi mikroorganisme hidup yang dilemahkan, biasanya diberikan melalui air minum, cekok, tetes mata, tetes hidung, spray dan juga suntikan. Jika diaplikasikan secara tepat vaksin akan mampu menstimulasi pembentukan titer antibodi secara protektif (melindungi) dalam waktu 2-3 minggu pada vaksin aktif atau 3-4 minggu pada vaksin inaktif.

Vaksinasi subcutan pada doc 1-4 hari

Adakalanya ditemukan gejala ngorok setelah pemberian vaksin pernapasan, seperti ND atau IB. Hal ini tentu akan menimbulkan pertanyaan dalam diri kita, apakah vaksinasi yang diberikan menyebabkan outbreak? Atau mungkin terjadi infeksi sekunder oleh Mycoplasma gallisepticum? Ataukah malah gejala itu merupakan gejala normal?

Wajar, Reaksi Vaksinasi Muncul

Setelah “diinfeksikan” ke dalam tubuh ayam, vaksin akan langsung bekerja menggertak sistem kekebalan tubuh ayam untuk memproduksi titer antibodi. Mekanismenya pun berbeda antara vaksin aktif dan inaktif. Saat vaksin aktif berada dalam tubuh, virus vaksin akan bermultiplikasi (memperbanyak diri) terlebih dahulu sebelum menuju ke organ limfoid. Nah, pada saat proses multiplikasi inilah biasanya akan muncul reaksi post vaksinasi.

Gejala yang muncul sangat tergantung dari jenis vaksin yang diberikan. Jika vaksin yang diberikan mengandung mikroorganisme yang memiliki target organ pernapasan, maka reaksi post vaksinasi yang muncul berupa gangguan pernapasan ringan, seperti ngorok atau mata berair. Namun jika target bukan saluran pernapasan, misalnya bursa Fabricius, layaknya vaksin Gumboro, maka sewajarnya reaksi post vaksinasi yang muncul tidak berupa ngorok.

Lain halnya pada vaksin inaktif, mikroorganisme vaksin akan langsung menuju ke organ limfoid untuk menstimulasi pembentukan titer antibodi. Akibatnya tidak akan ditemukan reaksi post vaksinasi. Atau dengan kata lain, reaksi post vaksinasi secara normal hanya ditemukan setelah pemberian vaksin aktif. Meskipun demikian pada vaksin inaktif, ayam biasanya akan mengalami stres akibat suntikan jika aplikasi dan handling ayam tidak dilakukan dengan tepat.

Baca Juga :





Reaksi post vaksinasi yang muncul juga bisa menjadi penanda bahwa tubuh merespon keberadaan vaksin melalui pembentukan titer antibodi. Malah jika tidak ditemukan reaksi post vaksinasi, bisa mengindikasikan, vaksin tidak bekerja atau respon tubuh untuk membentuk kekebalan tidak optimal. Kondisi ini bisa disebabkan beberapa faktor diantaranya dosis vaksin kurang, vaksin rusak akibat terkena sinar matahari atau suhu penyimpanan yang tidak sesuai atau titer antibodi saat pelaksanaan vaksinasi masih tinggi sehingga vaksin ternetralisasi.

Reaksi Post Vaksinasi atau Bukan?

Apabila kita perhatikan, gejala ngorok atau leleran hidung yang muncul setelah vaksinasi mirip dengan gejala serangan CRD maupun penyakit pernapasan lainnya? Lalu bagaimana kita membedakannya?

Gejala post vaksinasi secara normal akan muncul dan terdeteksi pada 2-3 hari setelah vaksinasi. Dan pada 5-7 hari post vaksinasi, gejala tersebut akan hilang dengan sendirinya. Kedua hal inilah yang membedakan dengan gejala penyakit.

Antisipasi Agar Reaksi Tidak Berlebihan

Memang reaksi post vaksinasi merupakan gejala yang wajar ditemukan setelah vaksinasi. Namun, gejala ini bisa menjadi bumerang jika pelaksanaan vaksinasi dilakukan pada ayam yang kurang sehat, strain mikroorganisme vaksin yang ganas, dosis berlebih, adanya faktor stres maupun kondisi kandang yang kurang nyaman (kadar amonia tinggi). Kondisi ini akan menyebabkan reaksi post vaksinasi terjadi secara berlebihan. Bahkan bisa menurunkan nafsu makan, menghambat pertumbuhan maupun meningkatkan mortalitas. Langkah antisipasi perlu kita lakukan untuk mencegah reaksi post vaksinasi yang berlebihan, diantaranya :

·         Pastikan ayam sehat

Menjadi syarat dilakukannya vaksinasi ialah ayam dalam kondisi sehat. Tujuannya agar tubuh ayam, dalam hal ini organ limfoid, mampu merespon keberadaan vaksin melalui pembentukan titer antibodi yang protektif. Saat vaksin diberikan pada ayam yang sakit atau sedang terjadi outbreak bisa jadi akan memperparah kondisi ayam dan tentu saja titer antibodi yang terbentuk tidak protektif. Selain itu besar kemungkinan akan muncul reaksi post vaksinasi yang berlebihan.

·         Dosis vaksin tepat dan setiap ayam mendapatkan dosis yang sama

Selayaknya vaksin diberikan dengan dosis sesuai aturan pakai yang tertera pada etiket atau leaflet. Terutama untuk vaksin dengan tingkat reaksi yang tinggi seperti ILT. Hal ini untuk meminimalkan reaksi post vaksinasi yang berlebih.

Selain itu, setiap ayam hendaknya bisa memperoleh dosis yang sama. Kondisi ini akan lebih mudah tercapai apabila vaksinasi dilakukan melalui tetes mata, hidung, mulut dan suntikan. Pada pemberian vaksin melalui air minum perlu sekiranya kita memberikan perhatian lebih pada jumlah tempat minum dan distribusinya maupun kuantitas dan kualitas air yang digunakan melarutkan vaksin.

Saat tiap ayam memperoleh dosis vaksin aktif yang tidak sama, maka akan memicu munculnya rolling reaction, yaitu reaksi post vaksinasi meningkat dan berlangsung lebih lama. Hal ini terjadi karena secara normal akan terjadi shedding virus vaksin ke lingkungan. Akibatnya ayam yang memperoleh dosis vaksin rendah seakan-akan tervaksinasi ulang sehingga reaksi post vaksinasi meningkat dan berlangsung lebih lama. Hal lain yang juga perlu diperhatikan untuk mencegah rolling reaction ialah melakukan vaksinasi seluruh ayam pada satu flok atau satu kandang secara serentak/bersamaan dalam satu hari.

Aplikasi yang kurang tepat juga akan meningkatkan reaksi post vaksinasi. Contohnya saat aplikasi vaksin melalui spray, maka ukuran partikel cairan vaksin yang terlalu kecil dapat memicu terjadinya reaksi post vaksinasi yang berlebih, terutama pada ayam yang berumur kurang dari 4 minggu.

·         Kondisi lingkungan yang nyaman

Hal ini terutama terkait dengan sirkulasi udara yang baik dan kadar amonia yang rendah. Seringkali kedua hal inilah yang menjadi pemicu reaksi post vaksinasi menjadi lebih parah dan kadang berakhir dengan terjadinya infeksi penyakit pernapasan. Oleh karena itu, kondisi kandang harus kita optimalkan, baik dari kepadatan kandang, sistem ventilasi maupun jadwal pembersihan feses ayam.

·         Konsentrasi bibit penyakit dikurangi, terutama Mycoplasma gallisepticum

Keberadaan bibit penyakit, terutama M. gallisepticum dapat memicu reaksi post vaksinasi menjadi lebih parah bahkan mengalami kegagalan, terutama vaksin pernapasan. Infeksi M. gallisepticum ini pun akan memicu infeksi penyakit lainnya, seperti Eschericia coli. Akibatnya reaksi post vaksinasi akan menjadi semakin parah dan titer antibodi tidak akan terbentuk optimal.

·         Faktor immunosuppressive minimal

Stres, mikotoksin, Gumboro dan Mareks merupakan beberapa faktor immunosuppressive yang dapat menghambat pembentukan titer antibodi dan menyebabkan reaksi post vaksinasi yan berlebihan. Oleh karena itu penting sekiranya untuk meminimalkan atau menghilangkan faktor immunosuppressant saat vaksinasi.

·         Support dengan vitamin, jika perlu antibiotik

Pemberian multivitamin maupun vitamin dan elektrolit akan meningkatkan stamina tubuh ayam dan mampu menekan stres akibat vaksinasi. Harapannya, tubuh mampu merespon pembentukan antibodi secara optimal, sehingga terbentuk titer yang protektif, yang mampu melindungi ayam dari infeksi penyakit.

vitamin atau antibiotik dapat diberikan lewat air minum

Jika diperlukan, antibiotik dengan kandungan enrofloksasin, antibiotik golongan florokinolon ataupun doksisiklin, juga dapat diberikan, terutama jika 3-4 hari sebelum vaksinasi muncul gejala serangan penapasan atau infeksi bakterial lainnya. Harapannya dengan pemberian antibiotik ini konsentrasi bibit penyakit dalam tubuh ayam menurun sehingga vaksin mampu menstimulasi pembentukan titer antibodi secara optimal. Pemberian antibiotik inipun bisa dilakukan jika pada 5-7 hari post vaksinasi gejala gangguan pernapasan tidak kunjung hilang.

Reaksi post vaksinasi menjadi sebuah kewajaran, yang menggambarkan bahwa tubuh ayam sedang merespon vaksin dengan membentuk antibodi. Hanya saja perlu sekiranya kita mengantisipasi terjadinya reaksi post vaksinasi yang berlebihan sehingga titer antibodi dapat terbentuk secara optimal (protektif). Sukses untuk kita semua.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar