Skip to main content

Memilih Kandang Ayam Petelur Yang Baik

Memilih Kandang Ayam Petelur Yang Baik - Telur dari ayam petelur menjadi salah satu jenis yang tingkat konsumsinya cukup tinggi. Ada beberapa kelebihan sebagai contoh, nilai jualnya lebih murah dibanding dengan ayam kampung. Untuk harga ayam petelur hari ini dibanderol sekitar Rp 5200/ minggu /ekor.

Menentukan Jenis Kandang Ayam Petelur 
Kurungan dibuat dengan tujuan agar ayam merasa nyaman yang akan mendukung produktivitasnya. Ada berbagai hal harus diperhatikan dalam pemeliharaannya. Mulai dari jenis, pencahayaan, manajemen pindah kandang, jumlah penghuninya, hingga tenaga kerja. Jenis kandang ayam petelur jika dilihat dari konstruksinya ada dua jenis, yaitu sebagai berikut:

1. Kandang Postal

Ini adalah jenis kandang di mana sistem pemeliharaan ayam yang disatukan dalam bentuk kelompok dalam suatu luas tertentu. Jumlahnya sendiri bisa mencapai ribuan ekor dengan kebutuhan ruang gerak seluas kurang lebih 250 cm2.

Kandang postal menggunakan tanah sebagai lantainya. Untuk menghindari penyakit yang bersumber dari kotoran ayam, maka dilapisi dengan sekam padi. Keuntungan kurungan ini adalah kokoh dan mudah dalam pembuatannya.

2. Kandang Baterai

Ini adalah salah satu jenis kandang yang memiliki panjang 40 cm dan lebar 20 cm. Sedangkan untuk tingginya menyesuaikan dengan tinggi ayam, biasanya sekitar 30 cm hingga 40 cm. Kurungan dibuat bersambung antara satu sama lain. Sistemnya sendiri juga dibuat per kelompok dalam sebuah ruangan.

Contoh Kandang Baterai Plastik


Misalnya dalam satu kandang berisi 4 sampai 6 ekor, dengan luas kandang yang disesuaikan jumlah ayam. Jenis ini ternyata sangat baik untuk diterapkan karena ventilasi baik, jadi udara leluasa masuk ke dalam sangkar.

Bagi bapak/ibu yang membutuhkan kandang batre berkualitas bisa membeli langsung di ternakpertama.com. kami memiliki 2 jenis kandang batre yang dijual dengan bahan besi galvanis dan plastik. Silahkan cek harga kandang batre ayam petelur di ternakpertama.com


3. Kandang Panggung

Kandang panggung memiliki jarak antara lantai dengan tanah berkisar 2 m, biasanya menggunakan bilah bambu yang disusun sejajar dan jarak kurang lebih 2 cm. Namun, karena dirangkai memakai kawat menyebabkan lebih banyak kerusakan dan kelainan bentuk kaki.

Kebaikan dari penggunaan jenis ini adalah memiliki ventilasi yang sangat baik dan kemudahan dalam mekanismenya. Sementara kelemahannya, yaitu biaya untuk membangun kandang lebih besar, karena haru dibuat kokoh.

Baca Juga :


Walaupun terdapat tiga jenis kandang ayam petelur yang bisa digunakan, namun para peternak biasanya mengombinasi pemakaian antara tipe-tipe tersebut. Mereka melihat dari sisi usia ayam peliharaannya juga. 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar