Skip to main content

Desain Kandang Ayam Petelur

Desain Kandang Ayam Petelur - 
Peternak hewan unggas perlu memperhatikan berbagai aspek ketika menjalankan usahanya. Penyediaan lahan, pakan dan hasil ternak juga butuh dilakukan melalui proses perencanaan. Termasuk dalam hal ini terdapat beberapa desain kandang ayam petelur yang dapat diterapkan sesuai kebutuhan. 

3 Jenis Desain Kandang Ayam Petelur 

Kandang batre
 
Kandang akan memiliki peran besar dalam menampung banyaknya jumlah ayam yang diternak. Sebelum ditempati oleh hewan unggas tersebut maka perlu dipertimbangkan kecocokan desain dengan keperluan budidaya tersebut. Pemilihan rancangan ini kembali lagi berdasarkan keputusan peternaknya.

1. Desain Kandang Koloni atau Umparan
    
Setelah peternak menetapkan berapa banyak jumlah ayam petelur, hal berikutnya yang perlu dipersiapkan adalah kandang untuk menampungnya. Salah satu desain kandang unggas tersebut adalah tipe koloni. Rancangannya tampak lebih sederhana dan tersedia dalam berbagai ukuran.  

Meskipun kandang umparan lebih banyak dipakai untuk ayam broiler atau pedaging. Tapi ada sebagian peternak memanfaatkannya untuk ayam petelur. Jumlah keseluruhan ayam ditempatkan pada kandang koloni secara bercampur. Jika nantinya menghasilkan telur, pemiliknya dapat mengambilnya dari dalam.   

2. Desain Kandang Baterai

Harga ayam petelur hari ini adalah Rp 42.000 per ekor khususnya untuk wilayah Yogyakarta. Sedangkan untuk daerah lain dapat dibanderol dengan biaya beli lebih tinggi. Peternak unggas ini apabila membudidayakan dalam skala besar, direkomendasikan memilih desain kandang baterai galvanis anti karat.

Proses penempatannya adalah satu ekor ayam akan menempati satu ruang kandang dengan pembatas di sisi kiri maupun kanannya. Bahan yang digunakan antara kawat, baja ringan dan mampu. 

Keistimewaan dari tipe kandang ini adalah peternak dapat mengambil telur ayam dari luar kandang. 

Anda bisa membeli kandang baterai ayam petelur galvanis di ternakpertama.com


3. Desain Kandang Baterai Tanpa Pembatas

Jenis rancangan kandang unggas berikut ini disebut kandang baterai namun bedanya tidak dilengkapi dengan pembatas. Pengaplikasiannya pun lebih banyak dimanfaatkan untuk tempat menampung bibit atau ayam petelur berukuran kecil namun tetap dalam peternakan berskala besar.     

Kurang lebih pembahasan mengenai desain kandang ayam petelur telah dijelaskan secara singkat dan umumnya masih terus digunakan sampai saat ini. Selain memberikan kemudahan, hadirnya rancangan tersebut membantu peternak dalam memberikan tempat yang cocok bagi semua hewan budidayanya.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar