Skip to main content

Faktor Penentu Harga Telur Ayam Ras

Ternak Pertama - Faktor Penentu Harga Telur Ayam Ras - Harga telur ayam ras memang sering mengalami fluktuasi bahkan selalui berubah setiap bulannya. Meskipun relatif terjangkau, namun perubahan tersebut juga bisa berakibat kepada banyak hal. Karena terdapat beberapa faktor yang bisa mempengaruhi naik turunnya penjualan hasil peternakan tersebut.

3 Faktor Utama yang Menentukan Harga Telur Ayam Ras

Fluktuasi harga yang terjadi pada telur ayam ras sudah biasa terjadi di berbagai daerah. Selain disebabkan oleh adanya perbedaan lokasi sehingga memerlukan pendistribusian, terdapat faktor lain dalam pengaruh akan hal tersebut, seperti :

1. Harga Pakan Ayam

Pakan menjadi faktor utama yang menentukan harga dari hasil peternakan tersebut. Berdasarkan sebuah penelitian diungkapkan bahwa sebanyak 60% biaya produksi dikeluarkan untuk memenuhi kebutuhan makanan ayam sehingga tak heran apabila harganya naik maka telurnya pasti lebih mahal.
Pakan ayam petelur
Pakan Ayam Petelur
Di sisi lain, kebutuhan akan konsumsi telur masyarakat juga terus meningkat sehingga saat pasokan telur tidak tersedia dalam jumlah yang cukup, maka para produsen dan distributor akan kesulitan untuk mencarinya. Akibatnya, harga bahan pangan tersebut bisa melambung tinggi.

2. Harga DOC atau Bibit Ayam

DOC merupakan kepanjangan dari Day One Chick atau biasa disebut sebagai bibit dari ayam petelur. Di dalam struktur produksi sebuah perusahaan peternak, faktor ini merupakan komponen kedua setelah pakan sehingga apabila harganya naik, maka harga telur juga akan ikut melambung tinggi.
Bibit ayam petelur
Doc / bibit ayam petelur (sumber : phokphand)
Sejak tahun 2018 harga ayam petelur hari ini diperkirakan mencapai Rp 8000,00 per ekornya. Apabila dibanding dengan 2020 saat ini harga doc ayam petelur cp sudah berkisar antara Rp 11.00,00 hingga Rp 12.000,00 perkekor yang sudah vaksin. Hal inilah yang menyebabkan telur sekarang lebih mahal daripada dari tahun ke tahun.

3. Harga Dari Ayam Afkir

Ayam afkir merupakan jenis ternak petelur yang sudah tua. Apabila jumlah jenis tersebut meningkat maka produksi telur akan cenderung menurun karena para peternak lebih memilih untuk menjualnya. Akibat dari perilaku ini, maka produksi telur bisa menurun. Sedangkan harga pakan terus naik.

Harga ayam petelur afkir
Ayam petelur afkir
Apabila produksi telur menurun, maka harga di pasaran akan melambung tinggi. Hal inilah yang menyebabkan fluktuasi pada penjualan hasil peternakan tersebut. Oleh sebab itu, perilaku peternak ayam juga bisa memberikan dampak besar.

Itulah beberapa faktor yang menentukan harga telur ayam ras. Ternyata tak hanya menyangkut perihal distribusi saja, akan tetapi masih banyal hal lain. Penetapan nominal penjualan sangat penting untuk memaksimalkan keuntungan jangka pendek suatu perusahaan dan menumbuhkan pendapatan mereka.

Bagi bapak/ibu yang ingin mengetahui daftat harga telur ayam ras hari ini update setiap hari, bisa gabung di grup ternak pertama, Gratis!! Atau bisa langsung kunjungi link di bawah ini :

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar