Skip to main content

Cara Mengobati Kudis Pada Kelinci Dengan Mudah

Cara Mengobati Kudis Pada Kelinci Dengan Mudah – Scabies atau kudis atau gudik merupakan salah satu penyakit yang menjadi momok para peternak hewan, salah satunya kelinci. Penyakit ini dapat menyerang kelinci baik itu anakan maupun yang dewasa, biasanya penyakit ini akan timbul karena beberapa sebab seperti kebersihan kandang yang kurang terjaga, pakan komboran yang terlalu basah, tertular dari kelinci lain. Adapun Gejala yang kita amati dari penyakit kudis ini seperti munculnya bintik kecil kasar pada bagian tubuh kelinci seperti kaki, kuku, hidung, telinga, mata yang mana akan membesar ke seluruh bagian tubuh lainya.

Cara Mengobati Kudis Pada Kelinci


Mulanya hewan kelinci yang terkena penyakit kudis akan merasa kegatalan kemudian akan menggaruk-garukan di bagian tubuh yang terkena penyakit kudis, kemudian kelinci tersebut akan terlihat semakin kurus karena nafsu makannya akan berkurang dan yang paling fatal adalah menimbulkan kematian pada kelinci. Pada awalnya saya juga mengalami hal serupa pada kelinci yang saya pelihara dan tentunya saya juga agak kebingungan dengan bintik kecil pada telinga yang semakin hari semakin parah, kemudian kami mencoba sharing dengan peternak kelinci lain yang sudah senior disarankan untuk memberikan obat WORMECTIN pada kelinci yang terserang scabies dengan cara injeksi atau menyuntikkannya dibawah kulit kelinci.

Setelah mendapatkan saran tersebut kemudian kami coba mencari obat tersebut pada toko pakan ternak dan ternyata disana ada yang menjualnya, disana saya membeli wormectin untuk pertama kalinya yang berukuran 2 ml beserta alat suntiknya lalu setelah itu saya coba suntikkan pada kelinci yang terserang penyakit tersebut, selang beberapa hari saya justru dibuat bingung karena bukannya hilang tapi penyakit tersebut malah semakin parah dengan menjalar ke hidung ann telinga namun kebingungan itu sedikit mereda setelah saya diberitahu lagi bahwa efek dari penyuntikan itu terkadang seperti itu, ibaratnya penyakit tersebut akan keluar semua dan ternyata memang benar setelah beberapa hari gudik tersebut mulai rontok dan kelinci saya pun kembali bersih dari gudik yang saat itu sudah menyerang dibeberapa area tubuh seperti kuku, telinga dan hidung.

Dari situlah kecemasan saya akan penyakit kudis yang sering menyerang kelinci agak sedikit reda dan sampai saat ini saya masih menggunakannya untuk mengobati kelinci saya yang terserang kudis. Sebenarnya obat ini tidak hanya digunakan untuk kelinci saja karena ada beberapa hewan yang penyakitnya juga bisa diobati dengan obat ini. Berikut inilah ada keterangan dari penggunaan wormectin.

INDIKASI :
*Dapat meredam dan mengobati penyakit yang disebabkan oleh parasit luar, kutu,caplak,tungau, dan insekta lainnya
*Mengobati penyakit cacing

PERHATIAN :
Jangan diberikan pada anjing ras Collie
Stop pemakaian obat 28 hari sevelum ternak di potong untuk konsumsi.

ATURAN PAKAI :
Obat disuntik dibawah kulit (subkutan)
*Untuk Sapi 1 ml setiap 50 kg berat badan perhari
*Untuk Babi 1 ml setiap 33 kg berat badan perhari 
*Untuk Domba 0,5 ml tiap 25 kg berat badan
*Untuk Anjing,Kucing 0,02 ml tiap kg berat badan

Cara Mengobati Kudis Pada Kelinci Dengan Mudah

Cara penyuntikan pada kelinci

Langkah pertama anda harus menyiapkan wormectin yang sudah dibeli ditoko hewan atau pakan ternak beserta alat suntiknya.

Buka dan ambillah cairan obatnya menggunakan alat suntik dengan aturan pakai seperti diatas.

Suntikkan pada bagian kulit yang berada ditengkuknya.

Setelah disuntik anda tunggu beberapa hari hingga obat tersebut bekerja dan kudisnya akan rontok.

Untuk kelinci yang tergolong parah harus  di suntik sebanyak 3 kali dengan selang selama 4 – 6 hari, akan tetapi biasanya ada juga yang menyuntikannya sebanyak 3 kali selama 3 hari berturut-turut.

Bagi kelinci yang masih gejala ataupun bintik kasarnya masih kecil saya biasanya cukup menyuntikkannya sekali saja.

Nah demikianlah informasi tentang Cara Mengobati Kudis Pada Kelinci Dengan Mudah, semoga informasi ini dapat berguna dan bermanfaat untuk kalian semua, sekian dan terima kasih.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar