Skip to main content

KONSULTASI TEKNIS : Solusi Ayam Afkir Berproduksi Kembali?

Ternak Pertama - Solusi Ayam Afkir Berproduksi Kembali? - Sesuai dengan komitmen ternakpertama.com untuk berkontribusi membantu para peternak yang membutuhkan solusi  atas berbagai masalah yang dihadapi seputar peternakan. Kami siap menjawab pertanyaan tersebut sesuai dengan ilmu dan pengalaman yang kami miliki selama ini.

Bapak : Adi
No Hp : 082273587***
Di Aceh

Pertanyaan ;

Solusi Ayam Afkir Berproduksi Kembali? dan Berapa hari kita beri parutan kelapa?


Jawaban : 

Ayam Afkir
Ayam Afkir Petelur
Ayam setelah 80 hari akan mengalami "molting" atau rontok bulu, normalnya terjadi selama 4 bulan. Namun dapat dipersingkat menjadi 6 atau 8 minggu dengan cara force molting untuk memaksa ayam berhenti berproduksi sehingga organ reproduksi nya "diperbaiki"

Cara force molting bermacam macam ada yang dipuasakan selama 10 hari (air minum full) selanjutnya diberi pakan komplit 25% atau jagung 50% dari konsumsi normal. Setelah 30 hari lebih diberi pakan seperti biasa dan selanjutnya diberi vitamin asam amino, b komplek, vit D, A dan E.

Syarat force molting adalah :
  1. Ayam sehat. Jika ada yg sakit pisahkan
  2. Bobot ayam minimal 1,9 sd 2 kg.
Molting dilakukan biasanya saat harga ayam afkir murah atau kelangkaan pullet (mahal) atau kelangkaan DOC maka ayam tua bisa dipelihara.

Bagi bapak/ibu yang ingin konsultasi seputar peternakan, silahkan kirim pertanyaan melaui
  • Email : ternakpertamaku@gmail.com
Demikian " KONSULTASI TEKNIS : Solusi Ayam Afkir Berproduksi Kembali kali ini, Semoga bermanfaat bagi kita semua. Salam Peternak Indonesia!

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar