Daftar Harga Burung Kenari Mei 2019

Daftar Harga Burung Kenari -  Bagi seorang (peternak) yang memiliki usaha budidaya burung kenari harus sudah mengetahui berapa harga burung kenari dipasaran. Hal tersebut merupakan informasi yang harus diketahui karena dengan begitu peternak bisa menghitung berapa keuntungan yang didapat dari usahanya. Untuk membantu para peternak burung kenari pada hari unu ternak pertama akan menyampaikan daftar harga burung kenari semua jenis di seluruh daerah di indonesia. Namun sebelumnya, bagi anda yang belum mengetahui asalmu asal burung kenari bisa kenali burung yang terkenal dengan kicauan merdunya terlebih dahulu.

Mengenal Burung Kenari

Berdasarkan wikipedia " Burung kenari atau nama latinya Serinus Canaria pertama kali ditemukan Oleh Pelaut asal Perancis bernama Jean de Berthan Cout yang berada di Kepulauan Canary sekitar abad ke-15. Karena melihat keindahan bulu dan kemerduan suaranya. Keaneka ragaman burung kenari yang sekarang merupakan salah satu bentuk perkembangan yang telah diturunkan dari burung kenari liar yang bernama latin Serinus Canarius. Sekarang ini banyak sekali terdapat jenis burung kenari yang tersebar ke seluruh dunia. Banyaknya jenis ini merupakan kondisi alam atau juga karena kawin silang yang terjadi sejak lima abad yang lalu.

Daftar Harga Burung Kenari
Daftar Harga Burung Kenari
Negara Belanda merupakan negara yang dikenal sebagai negara pengekspor kenari Indonesia, berawal dari mendatangkan kenari dari Inggris, Jerman dan Belgia kemudian kenari tersebut dikawinkan dengan burung kenari liar dan menghasilkan beberapa jenis seperti norwich,scoth fancy,bolder fancy,london fancy,yorkshire,lanchaisire,gloser,dan sebagainya.

Harga Burung Kenari Hari Ini di Pasaran


Tau ngga sih? Nama dari burung kenari sebenarnya tidak hubungan sama sekali dengan buah kenari, melainkan diambil dari nama pulau habitat aslinya, yaitu Kepulauan Canary. 

Bagi anda yang tertarik dan ingin memelihara / budidaya burung kenari serta ingin berbisnis burung ini maka perlu sekali mengetahui harga pasaran Burung kenari ini di Jakarta, surabaya, semarang, bandung, jogja, solo, makasar, pontianak, medan, aceh dan pasar burung kota-kota besar lainnya, agar anda tidak tertipu dengan harga yang ditawarkan oleh penjual pribadi ataupun penjual dari toko burung, berikut Daftar Harga Burung Kenari di Pasaran :

Daftar Harga Burung Kenari  Semua jenis di Pasaran Bulan Ini di Pasar burung :

Harga Kenari lokal hijau (anakan) : Rp78.000,-

Harga Kenari lokal bond (anakan) : Rp78.000,-

Harga Kenari lokal orange (anakan) : Rp88.000,-

Harga Kenari lokal kuning (anakan) : Rp58.000,-

Harga Kenari lokal putih (anakan) : Rp 120.000,-

Harga Kenari Lokal semua warna dewasa: 170.000 sd 250.000,-

Harga Kenari Gloster dewasa : Rp1.250.000,-

Harga Kenari gloster (anakan) : Rp780.000,-

Harga Kenari Taiwan jantan : Rp 850.000,-

Harga Kenari Taiwan betina : Rp 650.000,-

Harga Kenari red intensif jantan : Rp 1.850.000,-

Harga Kenari red intensif betina : Rp1.450.000,-

Harga Kenari Border dewasa : Rp 1.750.000,-

Harga Kenari Border anakan : Rp 750.000,-

Harga Kenari frill : Rp 2.100.000,-

Harga Kenari lizard dewasa : Rp 1.450.000,-

Harga Kenari lizard anakan : Rp 550.000,-

Harga Kenari Yorkshire (YS) jantan : Rp4.500.000, – Rp 10.500.000,-

Harga Kenari Yorkshire (YS) betina : Rp 3.500.000,- Rp 6.500.000,-

Harga Kenari F1Yorkshire (YS) anakan : Rp 1.160.000,-

Harga Kenari F2 Yorkshire (YS) anakan : Rp 2.250.000, – Rp2.550.000,-

Harga Kenari F3 Yorkshire (YS) anakan : Rp2.550.000, – Rp4.500.000,-

Harga Kenari AF anakan : Rp350.000, – Rp450.000,-

*Catatan Harga Burung kenari diatas kami peroleh dari berbagai sumber terpercaya dan terbaru 2019, dan kemungkinan harga nya pun bisa berubah sewaktu-waktu, maka dari itu silahkan selalu pantau terus website ternakpertama.com untuk mengetahui Update terbaru Harga pasaran Burung Kenari di Indonesia

Mengenal Jenis Jenis Kenari

Jenis Kenari Berdasarkan Negara

Kita tau bahwa burung kenari banyak sekali jenisnya, bagi anda yang penasaran apa saja jenis jenis burung kenari beserta ciri cirinya yang ada didunia. Berikut kami rangkum hanya untuk anda. Berdasarkan asal negaranya :

1. Kenari Yorkshire

Burung Kenari jenis ini merupakan hasil persilangan antara kenari Lanchasire dengan kenari Belgia. Ciri ciri kenari yorkshire antara lain burung selalu dalam kondisi berdiri tegap dan mempunyai kaki panjang. Panjang kenari Yorkshire sekitar 16 centimeter.

2. Kenari Norwich

Burung Kenari Norwich mempunyai ciri-ciri yakni bentuk tubuh agak sedikit bulat dan mempunyai bulu yang cukup tebal. Sedangkan Bentuk dadanya terlihat  lebih lebar dan bagian punggungnya agak sedikit pendek dan lebar. Kemudian untuk Sayapnya pun lebih pendek. Kenari norwich ini banyak di temukan memiliki adalah warna hijau.

3. Kenari Border

Burung kenari jenis ini tinggal di perbatasan daratan antara negara Inggris dan Skotlandia. Kenari border berasal dari Cumberland Facy di daerah perbatasan atau border. Ciri unik burung kenari border ketika di perlombaan yakni bentuk tubuhnya yang bulat.

4. Kenari Gloster

Burung kenari gloster memilikibentuk tubuh berukuran tak lebih dari 11 centimeter. Umumnya kenari jenis ini ada dalam ajang perlombaan, kenari Gloster memiliki tubuh tidak lebih dari 11 centimeter.

Ciri unik kenari gloster ada pada warna bulunya yang berwarna kuning, sayapnya  pun agak sedikit kehijau-hijauan, dan warna ekor putih.

5. Kenari Roller

Burung Kenari Roller tergolong pada jebsi kenari yang memiliki keturunan kenari Jerman. Ciri- unik kenari roller adalah ketika berada di dalam sangkar kayu yang ditutupi kain di bagian depannya.

6. Kenari Crest


Berdasarkan informasi dari wikipedia, di dunia terdapat dua varietas unik pada kenari jenis ini, yaitu mempuyai jambul dan tidak ada jambul. Unik nya lagi adalah kenari Crest yang berjambul, maka jambulnya bisa menutupi kepalanya, bahkan sampai pada matanya dan paruhnya.

7. Kenari Frill

Kenari Frill mempunyai bulu yang khas dan unik. Di indonesia burung kenari jenis ini yabg terkebal yakni jabot, mantle, dan fin.

Mantle adalah bulu yang berada di tengah-tengah punggung kenari jenis ini, atau secara simetris. Kemudian Jabot merupakan bulu yang ada pada bagian dadanya yang merombak ke dalam sehingga berbentuk seperti kerutan yang menutup.

Sedangkan Fin adalah bulu yang ada di sekitar paha sampai ke sekeliling sayap. Jika bulunya tumbuh dengan bagus dan sempurna maka akan terlihat lebih indah serta elegan dan menawan, akan tetapi sebaliknya bila bulu-bulu nya tidak tumbuh dengan sempurna maka akan kelihatan sangat aneh karena bulu tersebut.

8. Kenari Belgia

Burung Kenari Belgia saat ini yang paling susah diternak. Ciri unik burung kenari jenis ini yakni ada pada bentuk kepala yang kecil seperti ular.


Jenis Burung Kenari Berdasarkan Hasil Silangan

Selain burung kenari diatas, ada lagi jenis burung kenari berdasarkan pada hasil silangan dalam budidaya kenari, termasuk  didalamnya ada kenari YS, F1, F2, F3, AF, AFS, Lokal, dan Lokal Super (Loper).

1. Kenari YS

YS sebenarnya merupakan singkatan dari YorkShire. Burung jenis ini merupakan burung impor yang sering dijadikan indukan bagi para para breeder Indonesia karena tubuhnya yang besar, tinggi, dan panjang burung ini sangat diminati oleh oara penangkar.

2.  Kenari Holland

Samahalnya dengan YS, Holland juga merupakan burung kenari impor. Namun anda anda akan merasa kesulitan dalam membedakan jenis burung menari ini karena memang jika dilihat dari segala aspek, kenari jenis ini sungguh sangat mirip dengan kenari lokal. Akan tetapi umumnya kenari hollan memiliki ring dari asal breeder-nya. Hal ini bertujuan agar kenari hollan tidak disamakan dengan kenari Lokal

3. Kenari F1

Burung Kenari F1 merupakan kenari hasil keturunan pertama dari silangan YS (Yorkshire) vs Lokal.

4. Kenari F2

Burung Kenari F2 merupakan keturunan hasil persilangan dari YS (Yorkshire) vs F1.

5. Kenari F3

Burung Kenari F3 meruoakan hasil dari persilangan antara YS (Yorkshire) vs F2.

6. Kenari AF

Burung Kanari AF merupakan hasil persilangan antara F1 vs Lokal.

7. Kenari AFS

Burrung Kenari AFS (AF Super) merupakan hasil dari silangan F1 vs F1.

8. Kenari Loper

Burung Kenari Loper (Lokal Super) merupakan hasil dari AF vs lokal

Dari kedelapan burung kenari diatas, kami yakin anda pasti akan bingung dalam membedakan. Jika dilihat secara kasat mata sungguh agak sedikit sulit karena memang belum ada sertifikat yang menyatakan jenis burung diatas. Akan tetapi anda tak perlu cemas, untuk burung kenari impor umumnya sudah memakai ring import. Sedangkan Untuk keturunan yang ada di Indonesia kami belum bisa memastikan karena hal ini bergabtung dari para penangkarnya. Bersedia memakaikan  ring ataupun tidak.

Jenis-Jenis Burung Kenari Lokal

Burung Kenari lokal merupakan burung kenari yang ada Indonesia, akan tetapi bukan asli dari Indonesia, namun sebagian besar burung lokal yang ada di pasar burung Indonesia sebagian besar berasal dari Taiwan, China, dan Belanda. Kemudian Kenari impor akan dikawinsilang sehingga disebut kenari lokal.

Dilihar secara fisik, Perbedaan kenari lokal dengan kenari impor ada pada postur tubuhnya. Postur tubuh kenari lokal akan terlihat lebih kecil dan ramping. Sedangkan untuk Ukuran kenari impor lebih besar.

Anda harus mengerti, jjka Burung Kenari lokal sebenarnya bukan kenari kicauan yang bagusdari sifat fighter nya. Burung Kenari lokal umumnya hanya sebagai kenari hias. Maka tak heran jika disebut sebagai burung kenari rumahan atau kenari warna. Akan tetapi kami lihat banyak juga kenari lokal yang ikut dikonteskan di lapangan.

1. Kenari lokal kuning. 

Burung kenari Kuning merupakan warna khas kenari jenis ini. Kenapa kenari ini disebut lokal kuning? Ya, karena burung jenis ini mempunyai warna kuning terang dominan bercampur dengan putih pada tubuhnya.

Burung Kenari Kuning dibagi menjadi beberapa bagian

  • Kuning Polos yakni semua warnanya kuning.
  • Melanin Kuning (Yellow Melanin) yakni warna dasar kuning dengan coklat dan pigmen hitam pada bulu.
  • Lipochrome Kuning (Yellow lipochrome) yakni warna coklat dan hitam pada pigmen dengan meninggalkan warna dasar kuning.

2. Kenari lokal merah.

Bulu pada kenari lokal merah atau merah lokal (merlok) faktanya bukan murni berwarna merah, akan tetapi lebih condong ke warna orange (oranye). Namun tetap saja meski warnaya orange, kita biasabya menyebutnya  kenari lokal merah.

Burung Kenari merah dibagi menjadi beberapa bagian:

  • Red Factor Melanin yak i warna dasar merah dengan warna coklat dan hitam pada pigmen.
  • Red Factor Lipochrome yakni Mutasi yang menghilangkan pigmen hitam dan coklat dengan meninggalkan warna dasar merah

3. Kenari lokal putih.

Burung Kenari lokal putih mulanya belum beredar secata luas, akan tetapi saat ini sudah banyak penangkar yang membawa kenari lokal putih ke lapangan kontes.

Putih Dominan (Dominant White) --warna dominan yang menghilangkan pigmen hitam dan coklat dengan meninggalkan warna dasar putih.

Burung kenari putih dibagi menjadi beberapa bagian :

  • Resesif Putih (Recessive White)yakni menghilangkan pigmen hitam dan coklat dengan meninggalkan warna dasar putih.
  • Silver Factor yakni menggabungkan warna dasar putih dengan coklat dan pigmen hitam pada bulu.

4. Kenari Lokal Sunkist

Burung kenari jenis ini namanya seperti nama jeruk. Dan ternyata warna tubuh kenari lokal sunkist memang seperti jeruk Sunkist.

5. Kenari lokal hijau

Burung kenari jenis inu memiliki warna yang khas ada di bagian dada kuning bercampur kehitam-hitaman. Sedangakn Dpada bagian tubuh coklat belang dan kehitam-hitaman.

6. Kenari Lokal Isabel

Burung Kenari lokal Isabel adalah burubg kenari yang mempunyai warna yang gelap, namun untuk ukuran dan postur tubuh nya rata-rata sama saja.

7. Kenari Lokal Starblue

Burung kenari jenis ini akan sepertinya hampir mirip dengan burung gereja. Burung ini memiliki warna antara hitam dan abu membuat kenari ini langka sekali untuk di-breeding karena memang dialampun masih belum umum apa lagi di lapangan kontes.

8. Kenari Faktor Blue

Burung kenari jenis ini Ada juga yang menyebutnya Faktor Biru (Blue Factor). Burung ini memiliki warna hitam pekat dan warna coklat melanin pada bulu dengan warna dasar putih.

9. Kenari Panda

Burung Kenari panda merupakan jensi burung kenari yang memiliki kombinasi warna hitam dan putih. Kenari Panda meruoakan turunan daru kenari Starblue.

Warna hitam dan putih yang melekat pada bulu kenari ini akan membentuk pola seperti kombinasi wana hitam putih pada panda. Itulah sebabnya burung kenari jenis ini disebut Kenari Panda, termasuk Kenari Panda Simetris.

Burung Kenari yang Warnanya mirip Panda adalah salah satu warna favorit dan banyak dicari oleh kenarimania. Burung kenari panda mempunyai warna khusus, perpaduan putih dan hitam atau abu.

Jenis Burung Kenari jika dilihat dari Segi Warna

Dari segi warna, jenis burung kenari ada dua jenis:

  • Kenari Polos yakni burung kenari yang mempunyai Satu warna, seperti putih, abu, kuning, oren.
  • Kenari Bon yakni burung kenari yang memiliki paduan warna lain atau warna campuran, contohnya bon orange dengan kuning, kuning dengan coklat, starblue, dan lainnya.
Bagaimana? apakah anda tertarik ingin menangkar burung kenari atau ingin memiliki burung peliharaan yang bersuara ini? Ayo silahkan anda tinggal memilih dari jenis apa yang ingin anda pelihara dan terpenting sesuaikan dengan badget anda ya.
Demikian yang bisa penulis sampaikan mengenai Informasi Daftar Harga Burung Kenari di Jakarta, Bandung, Surabaya, semarang dan kota-kota besar lainnya. Salam Peternak Indonesia!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel