image Cara Memilih DOC Broiler Yang Berkualitas Super - Ternak Pertama



Ternak Pertama Menyediakan Berbagai Sarana dan Prasarana Unggas Dapat di Kirim ke Seluruh Wilayah Indonesia Bonus Ebook dan Gratis Konsultasi Selamanya Email : ternakpertamaku@gmail.com | Sms/WA : 089515248576 | PIN : 5FC2289D Bagi Yang Berminat Menjadi Agen Silahkan Hub Kami

Cara Memilih DOC Broiler Yang Berkualitas Super

Ternak Pertama - Cara Memilih DOC Broiler - Bagi seorang peternak kususnya peternak ayam broiler, keberhasilan dalam beternak ayam broiler sangat dipengarui oleh kualitas DOC. Memilih DOC yang bagus bagi peternak pemula merupakan hal yang cukup sulit, butuh pengalaman dan pengetahuan yang mumuni untuk mengethui DOC yang berkualitas super. Untuk itu, ternak pertama akan menulis artiekl tentang "Cara Memilih DOC Broiler Yang Berkualitas Super" Mudah-mudahan tulisan kami bisa membantu para peternak pemula yang akan atau sedang menjalani usaha ternak ayam broiler. Seperti yang telah kami jelaskan diawal, Pemilihan doc yang berkualitas sangat berperan penting dalam keberhasilan ternak, sekarang banyak sekali penjual bibit/doc yang menawarkan harga yang terjangkau, tetapi hendaknya peternak berhati-hati dengan hal ini. Proses produksi doc yang baik serta berkualitas super membutuhkan banyak tahapan didalam prosesnya, seperti yang telah kami jelaskan pada postingan sebelumnya. Kalau kami tinjau lebih dalam, dalam hal pembiayaan ternak, doc mempunyai beban kurang lebih 20% dari total anggaran, tidak hanya untuk pakan dan lain-lain, akan tetapi doc mempunyai peran lebih dari 60% dalam keberhasilan ternak, untuk itu anda harus pintar memilih dan meilih DOC yang bagus dan berkualitas jangan hanya memandang harga DOC yang murah semata. Saran kami pilihah breeder yang terpercaya dalam bidangnya serta seleksi kembali doc yang kamu beli sebelum chick in.

Cara Memilih DOC
Cara Memilih DOC
Pemilihan bibit  atau doc broiler yang baik serta bernilai adalah salah satu kunci supaya dalam berternak memperoleh hasil yang maksimal, bukan hanya asal-asalan dalam beternak hal tersebut justru akan mengalami kerugian. Walaupn bukan hanya pemilihan DOC yang bagus saja yang menjadi faktor keberhasilan dalam beternak broiler akan tetapi keberhasilan  dalam beternak ayam broiler tak lepas dari kontribusi pakan, nutrisi serta perlangkapan lainnya yang menunjang peternakan broiler.

Dalam beternak broiler faktor yang paling mutlak adalah perawatan, meskipun dalam pemilihan bibit telah maksimal akan tetapi perawatan anda kurang maksimal maka hasinya juaga tak bakal maksimal, khususnya dalam pemeliharaan pada suhu kehangatan pada saat kondisi ayam tetap kecil usia 0 - 7 hari.

Cara Memilih DOC Broiler Yang Berkualitas Super

Berikut ini adalah cara pemilihan bibit ayam atau DOC yang bagus, berikut ini ciri-cirinya :
  1. Pilihlah bibit ayam atau doc broiler dari perusahaan pembibitan yang berpengalaman atau sudah populer
  2. Pilihlah bibit ayam atau doc broiler yang berkualitas dengan berat badan antara 35 - 40 gram atau super
  3. Pilihlah bibit ayam atau doc broiler yang memiliki warna yang cerah
  4. Pilihlah bibit ayam atau doc broiler yang tidak memiliki cacat bawaan (anda bisa melihat fisiknya)
  5. Pilihlah bibit ayam atau doc broiler yang mempunyai suara yang nyaring dan tubuh tidak lemes
  6. Pilihlah bibit ayam atau doc broiler yang memiliki warna putih kekuning kuningan
  7. Pilihlah bibit ayam alias doc broiler dengan paruh serta kaki yang kuning cerah

Setelah anda berhasil memilih bibit ayam atau DOC yang berkualitas kita jamin anda akan memperoleh hasil panen yang optimal akan tetapi semua itu tak lepas dari perawatan serta nutrisi untuk menunjang pemeliharaan yang baik. Secara umum Bibit ayam Broiler dibedakan menjadi tiga kelompok diantaranya Grade A, Grade B serta Polos

Berikut Ciri-ciri DOC yang masuk ke dalam Grade A adalah :
  • Bisa berdiri serta lincah
  • Pusarnya sehat  tak basah
  • Anggota badan lengkap serta normal tak memiliki cacat bawaan 
  • Bulu tumbuh dengan sempurna serta warna bulu sesuai dengan breednya (bangsanya)
  • Warna kaki atau paruh tak pucat
  • Bobot Tetas antara 35 - 40 gram tergantung tipe
  • Perut tak kembung
  • Tak ada luka sedikitpun luka walaupun hanya memar.

Selanjutnya Untuk DOC grade B biasanya mempunyai nilai yang lebih rendah dari grade A, jadi harganyapun lebih rendah.  DOC yang tergolong ke dalam grade B biasanya ditandai dengan :
  • Pusar yang sehat tak basah
  • Anggota badan lengkap serta normal
  • Tidak bisa berdiri dengan tegak dan tak lincah 
  • Kaki atau “shank” pucat
  • Bulu tumbuh dengan sempurna, tapi warnanya tak merata 
  • Perut tak kembung
  • tak ada luka atau memar sedikitpun.
Dan yang terahir adalah Ciri-ciri DOC polos atau sering kita sebut dengan istilah afkir atau Anak ayam yang tidak masuk ke dalam grade A maupun grade B dan digolongkan ke dalam DOC afkir, yaitu DOC yang mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :
  • Menderita omphalitism atau pusar basah
  • Perut kembung
  • Tak bisa berdiri dan terlihat lemah
  • Pertumbuhan bulu tak sempurna serta warnanya tak merata
  • Anggota badan tak lengkap atau tak normal.

Apabila ada salah satu ciri di atas yang ditemukan pada DOC yang anda beli, maka bisa dipastikan bahwa anak ayam tersebut diafkir.  Pada perusahaan penetasan, biasanya anak ayam yang diafkir ditampung oleh perusahaan pembuatan pakan ternak untuk dipakai sebagai pakan ayam atau ikan sebagai sumber protein.

Sekian artikel yang bisa kami tulis yakni tentang "Cara Memilih DOC Broiler Yang Berkualitas Super". Semoga bisa membantu anda semua.kususnya peternak indonesia! Hidup Peternak!!

Baca juga :


Artikel terkait ciri doc broiler super, jenis doc broiler terbaik, ciri ciri doc yang tidak baik, doc broiler cp 707, doc broiler platinum, doc broiler superchick, doc broiler wonokoyo, doc broiler jantan
0 Komentar untuk "Cara Memilih DOC Broiler Yang Berkualitas Super"
Back To Top