image Cara Membuat Pakan Fermentasi Sendiri Untuk Penggemukan Kambing - Ternak Pertama



Ternak Pertama Menyediakan Berbagai Sarana dan Prasarana Unggas Dapat di Kirim ke Seluruh Wilayah Indonesia Bonus Ebook dan Gratis Konsultasi Selamanya Email : ternakpertamaku@gmail.com | Sms/WA : 089515248576 | PIN : 5FC2289D Bagi Yang Berminat Menjadi Agen Silahkan Hub Kami

Cara Membuat Pakan Fermentasi Sendiri Untuk Penggemukan Kambing

Ternak Pertama - Cara Membuat Pakan Fermentasi Untuk Kambing- Secara sederhana kami bisa jelaskan fermentasi pakan merupakan proses amoniasi ,atau dalam bahasa sehari-hari nya peternak biasa menyebutnya dengan istilah peragian atau pemerana. Biasanya fermentasi ini biasa dibuat untuk pakan ternak ruminansia (sapi ,kerbau ,kambing) .Tujuan utama peternak memberikan pakan fermentasi adalah untuk memaksimumkan pengawetan kandungan nutrisi yang tersedia pada makanan hijauan atau bahan pakan ternak lainnya ,supaya bisa disimpan dalam kurun waktu yang lama ,untuk kemudian diberikani sebagai pakan bagi ternak .Sehingga jelas pakan fermentasi untuk hewan ternak bisa menanggulangi kesulitan yang dihadapi peternak dalam memperoleh pakan hijauan pada musim kemarau.

Kegunaaan pakan ternak fermentasi diantaranya :
  • Pakan bisa disimpan sesuai keperluan (pakan bisa bertahan lama tanpa mengurangi jumlah nutrisi)
  • Menambah nafsu makan jadi dapat mempercepat pertumbuhan hewan ternak
  • Daging hewan yang dihasilkan khususnya kambing rendah kolesterol serta tidak “prengus”
  • Mengurangi bau/amoniak yang tidak enak pada kotoran hewan
  • Kotoran/limbah fhewan ternak berkualitas dan selanjutnya bisa untuk dikegunaaankan menjadi pupuk
Pada saat ini pemberian pakan fermentasi terhadap ternak terutama pada peternakan kambing sangat memberikani efek positif bagi kualitas daging dan memiliki nilai jual dari ternak tersebut yang dapat mengalami peningkatan secara signifikan.

Cara Membuat Pakan Fermentasi Kambing Sendiri
Pakan Fermentasi Kambing
Kualitas hewan ternak akan semakin baik dan itu jelas akan berdampak pada nilai jual yang mengalami peningkatan ini dikarenakan kondisi dari ternak kambing tersebut  yang sehat , gemuk dan memiliki berat yang maksimal. ada faktor inilah yang sanggup mendorong meningkatnya omset penjualan yang sudah anda ternakan .

Berbicara tentang kambing yang sehat , gemuk , serta memiliki bobot yang ideal ini tak serta merta terjadi begitu saja , karean dibutuhkan perawatan yang ekstra serta pemberian pakan yang bagus dan sesuai standar. Salah satu pakan yang sangat baik untuk diberikan terhadap hewan ternak kambing adalah dengan memberikanya pakan fermentasi ditambah dengan pemberian suplemen.
Terbukti benar seperti yang telah saya katakan di awal tulisan ini , pemberian pakan fermentas akani berdampak positf bagi perkembangan hewan ternak kambing anda, lantas bagaimana cara membuat pakan fermentasi yang benar untuk menggemukan kambing?

Baiklah, kami akan menuliskan lengkap bagaimana cara membuat pakan fermentasi itu? untuk membuat pakan fermentasi dalam hal ini akan digunakan sebagai penggemukan kambing akan saya paparkan di bawah ini. Perhatikan bagaimana cara pembuatan pakan fermentasi dengan benar! Siapkan alat dan bahanya sekarang juga ya?

Cara Membuat Pakan Fermentasi Sendiri Untuk Penggemukan Kambing


Alat dan bahan untuk membuat pakan fermentasi kambing

  • Alat cacah atau anda bisa gunakan golok dll
  • Terpal, plastik besar atau tong besar
  • Jerami atau gedebok pisang
  • Tetesan gula pasir atau tebu
  • Suplemen probiotik, (kami sarankkan dengan memakai probiotik SOC - HCS)
  • Air
  • Bekatul atau dedak 

Cara Pembuatan Pakan Fermentasi Kambing :

  • Cacah jerami atau gedebok pisang dengan golok atau anda bisa menggunakan alat cacah, tahapan ini berfungsi agar proses fermentasi menjadi lebih mudah
  • Siapkan tempat pembuatan, anda bisa menggunakan terpal, plsatik besar ataupun anad bisa gunakan tong besar
  • Larutkan gula pasir atau tebu dengan air ditambah dengan cairan probiotik SOC - HCS
  • Masukan jerami , dedak serta bekatul pada tempat pembuatan yang sudah disiapkan sebelumnya
  • Siram semua bahan yang telah tersusun rata di dalam tempat pembuatan dengan larutan gula dam SOC - HCS yang tadi telah dilarutkan dengan air
  • Aduk semua bahan hingga merata
  • Setelah semuanya telah diaduk secara merat , selanjutnya tutup tempat pembuatan dengan terpal atau dengan apapun. pastikan menjadi kedap udara .
  • Setelah semua tertutup rapat (kedap udara) proses fermentasi sedang berjalan , sekarang anda tinggal tungu 1 - 14 hari pakan fermentasi yang sudah anda buat dari jerami akan segera jadi , atau apabila pembuatan pakan fermentasi tadi anda memakai gedebok pisang ini bisa lebih cepat 
Setelah pakan fermentasi yang telah anda buat tadi sudah jadi, sekarang anda bisa memberikan hewan ternak anda (kambing) pakan fermentasi tersebut , tetapi alangkah lebih baiknya pakan fermentasi itu dianginkan terlebih dahulu kurang lebih selama 15 menit setelah itu baru anda bisa diberikan pakan fermentasi itu pada kambing yang anda ternak.

Cara Membuat Pakan Fermentasi Kambing Sendiri
Cara Membuat Pakan Fermentasi Kambing Sendiri
Sedikit tips tambahan, Pemberian pakan fermentasi tadi sangat bagus diberikan pada kambing pada siang atau sore hari setelah kambing tersebut memakan makanan hijau / rumput . Ini berfungsi supaya kambing tak kaget dengan pakan fermentasi yang akan diberikan .

Ciri-ciri pakan fermentasi yang sudah jadi:
  • Ada peningkatan suhu
  • Ada perubahan warna
  • Jadi lapuk/empuk
Cara memberi pakan fermentasi ke kambing :
  1. Kalau anda akan memberikan pakan fermentasi pada terna (misalkan kambing) ,maka jerami yang telah di fermentasi tadi, harus di angin-anginkan dulu sebelum diberikan ke hewan
  2. Selama pakan fermentasi tersebut tidak terkena matahari secara langsung langsung atau tidak terkena hujan secara langsung, maka pakan ternak hasil fermentasi SOC tersebut sanggup bertahan selama bertahun-tahun
Catatan tambahan!
  • Di dalam pembuatan pakan fermentasi kami sarankan anda membuat dengan jumlah yang sangat banyak , karena pakan fermentasi ini bisa bertahan hingga berbulan bulan bahkan bertahun-tahun)
Tips ampuh supaya kambing mau memakan pakan fermentasi yang sudah anda buat!

Setelah anda mengenal cara membuat pakan fermentasi untuk penggemukan kambing, dan anggap saja anda sudah mencoba membuatnya, akan tetapi ada masalah misalnya kambing anda tidak mau makan pakan fermentasi, anda tak perlu kuatir akan hal itu karena biasa memang terjadi demikian terutama pada kambing yang baru mengenal atau baru pertama memakan pakan fermentasi , untuk itu dibawah ini kami akan memberikan sedikit supaya kambing mau memakan makanan fermentasi , yang diantaranya : 
  • Puasakan kambing anda terlebih daulu jadi kambing menjadi sangat lapar,setelah itu kambing merasa kelaparan dan sat itu anda coba sedikit demi sedikit  memberikan pakan fermentasi pada kambing anda.
  • Cekoki kambing dengan suplemen probiotik SOC - HCS kurang lebih setengah tutup botol hingga 1 tutup botol
Dan yang terahir, untuk bisa menggemukan kambing dengan cepat dan maksimal serta tetap menjaga kualitas hewan ternak kambing anda sangat disarankan tidak hanya memberikan pakan fermentasi pada kambing saja namun berikan juga pakanan lain yang kaya akan protein yang tersedia pada kulit kedela , kacang hijau, kulit kopi dll . Serta jangan lupa berikan  pula pakanan hijauan.

Baca Artikel kambing lainya :
0 Komentar untuk "Cara Membuat Pakan Fermentasi Sendiri Untuk Penggemukan Kambing"
Back To Top