image 3 Jenis Itik Yang Baik Untuk Usaha Ternak - Ternak Pertama



Ternak Pertama Menyediakan Berbagai Sarana dan Prasarana Unggas Dapat di Kirim ke Seluruh Wilayah Indonesia Bonus Ebook dan Gratis Konsultasi Selamanya Email : ternakpertamaku@gmail.com | Sms/WA : 089515248576 | PIN : 5FC2289D Bagi Yang Berminat Menjadi Agen Silahkan Hub Kami

3 Jenis Itik Yang Baik Untuk Usaha Ternak

Ternak Pertama. Jenis-jenis Itik Petelur Unggulan - Jika kita akan beternak itik untuk usaha ternak maka salah satu hal yang harus dilakukan pertama kali yakni memilih bibit itik petelur yang baik tentunya dengan kualitas unggulan. Bagaimana cara mengetahui itik yang akan kita pilih untuk beternak tersebut unggul? untuk menjawab itu, hal penting bagi peternak adalah Mengetahui Jenis Itik Yang Unggul. Bagi peternak yang sudah melakukan usaha ternak itik hal tersebut sangatlah mudah tapi bagi pemula mengenal jenis itik yang baik mungkin perkara yang sulit, tetapi santai saja. kali ini ternak pertama akan menuliskan artikel mengenai Jenis-jenis Itik yang unggul, tulisan ini mungkin bermanfaat bagi seorang pemula yang akan memulai beternak itik. Pada dasarnya Itikk petelur unggul paling baik harus diketahui oleh para peternak baik yang sudah lama maupun pemula. Itik atau Bebek merupakan unggas yang mudah untuk di pelihara tapi jangan lupa juga untuk memperhatikan berbagai faktor agar usaha ternak kita mendapatkan keuntungan yang maksimal baik pada itik petelur maupun sebagai itik potong.

Pemilihan Bibit Itik Unggul

Usaha Ternak Itik dimulai dari pemilihan bibit, begitu juga dengan usaha ternak bebek atau itik. Bibit itik yang akan kita pilih harus sesuikan dengan tempat

Ada berbagai opsi atau jenis itik atau bebek yang bisa menjadi bahan pertimbangan untuk mengawali usaha pada bidang ini, dibawah ini merupakan jenis itik unggul paling baik menurut menurut kami dan sangat cocok untuk dijadikan usaha ternak itik.

Itik Tegal
Itik petelur unggul paling baik ini memiliki ciri-ciri berikut ini :
1. Warna bulu kecoklatan hampir seluruh tubuh bercorak totol-totol kecoklatan terkesan        jelas dibagian dada, punggung dan pada sayap luar, warna mata merah.
2. Pada paruh kaki dominan warna hitam.
3. Bentuk paruh panjang dan lebar pada ujungnya
4. Bentuk kepala kecil
5. Leher langsing, panjang, bentuk bulat
6. Sayap menempel pada badan dan ujung bulu-bulu saling menutupi di atas ekor
7. Posisi badan hampir tegak lurus, langsing semacam botol, dengan langkah tegap
Bebek atau itik tegal merupakan itik petelur yang memiliki produktifitas telur yang baik (banyak menghasilkan telur dengan kualitas yang bagus). Berasal dari daerah tegal jawa tengah. Jenis itik atau bebek ini bisa dijadikan salah satu pilihan yang bisa digunakan untuk usaha itik petelur. Produksi telur pertahun rata-rata mencapai 200 – 250 telur dengan berat antara 70 – 75 gram tiap telur.
Gambar Itik Tegal
 Itik Tegal
Itik Tegal

Itik Mojosari
Itik mojosari juga termasuk dalam itik petelur yang baik untuk di ternak.
ciri-ciri Itik Atau Bebek Mojosari  :
1. Warna bulu kemerahan variasi coklat kehitaman, Warna paruh dan kaki hitam
2. Pada itik jantan tersedia 1-2 bulu ekor melengkung ke atas
3. Berat badan itik dewasa rata-rata 1,7 kg
Itik Mojosari merupakan itik petelur yang sering di budidaya oleh para peternak sebab produksi telurnya banyak. Budidaya itik atau bebek jenis itik mojosari  menguntungkan disamping mudah dalam pemasarannya, ukuran  telurnya yang besar rasa telurnya pun enak di konsumsi. Berasal dari Mojosari, Jawa Timur. Produksi telur pertahun rata-rata 230-250 butir.
Gambar Itik Mojosari
Itik Mojosari

Itik Alabio

Bebek alabio yang satu ini juga tergolong itik petelur unggul paling baik dengan ciri-ciri :
1. Warna Bulu:
    - Jantan  : warna bulu coklat gelap, bulu suri sayap hijau kebiruan.
    - Betina  : warna bulu coklat kuning keabuan, bintik putih diseluruh badan.
2. Warna Paruh dan kaki kuning terang.
3. Posisi badan tak terlalu tegak dengan aspek kemiringan 60 derajat.
4. Ciri lain itik alabio jantan dan betina ada garis putih diatas mata semacam alis.
Itik Alabio merupakan itik persilangan itik Kalimantan dengan Itik Peking. Nama itik alabio ini berasal dari suatu  nama daerah di Kabupaten Hulu Sungai Utara Kalimantan Selatan yaitu Albio. Nama itik Alabio sendiri diberi nama oleh ilmuan drh. Saleh Puspo.
Gambar Itik Alabio
Itik Alabio

Itiik Albio bisa memproduksi pertahun 230 Butir alias 65,5%. Pertama bertelur umur 24 Minggu dengan berat pertama bertelur 1.761 gram. Berat rata-rata telur 62 Gram.
Bebek Alabio salah satu tipe bebek petelur yang banyak di budidaya, Anda boleh mencoba tipe unggas ini untuk di budidaya.
Tag : Artikel
0 Komentar untuk "3 Jenis Itik Yang Baik Untuk Usaha Ternak"
Back To Top