Skip to main content

Cara Ternak Kenari Bagi Pemula Lengkap

Cara Ternak Kenari - Burung kenari merupakan salah satu burung kicau yang sangat terkenal dikalangan para pecinta burung. Disampung suara kicauan yang merdu Keindahan bulunya pun sangat menyejukan mata. Itulah mengapa banyak para penangkar tertarik untuk ternak burung kenari.

Bukan itu saja, Burung kenari merupakan burung kicau yang cocok dijadikan teman bermain. Banyak yang mengagumi keindahan bulunya, semakin halus bulu dan merdu suaranya menjadikan burung ini memiliki kualitas yang bagus dan tentunya memiliki nilai jual yang cukup mahal. Burung kenari adalah salah saru brung yang menghabiskan waktunya di kandang, oleh karena itu bagi Anda yang akan memelihara bahkan berencana akan ternak burung kenari sebaiknya persiapkan terlebih dahulu dengan ukuran yang cukup besar agar burung ini secara leluasa bisa terbang dalam kandang.

Cara Ternak Kenari

Cara-ternak-kenari
Cara Ternak Kenari

Berdasarkan informasi dari wikipedia, Burung kenari berasal dari bahasa Inggris adalah Canary bird. Sesuai dengan namanya, burung kenari berasal dari pulau Canary yang berada masuk dalam negara Spanyol dan terletak di samudra Atlantik. Pada umumnya warna dari burung kenari adalah kuning. Mungkin karena warna bulu yang indah inilah, burung kenari menjadi ide dasar dari pembuatan tokoh kartun Tweety. Akan tetapi saat ini warna burung kenari tidak hanya kuning, sudah banyak jenis burung kenari dipasaran burung kenaei warna merah-oranye, putih, merah muda, dan berbagai coklat. Jika anda bandingkan dengan kebanyakan burung, burung kenari adalah burung kicau dengan ukuran kecil akan terapu dapat bertahab hidup hingga 20 tahun.

Nah sekarang, Bagi Anda yang berencana akan ternak burung, burung kenari adalah salah satu burung kicau yang cukup menguntungkan untuk diternak. Walaupun burung ini termasuk individu, ketika musim kawin, baik pejantan maupun betina akan sangat birahi dan mudah untuk di kawinkan. Asal anda tau, ternyata burung kenari jarang tertarik pada hal lain selain kawin. Anda dapat mempunyai satu pejantan dan banyak betina, tal perlu membeli sepasang-sepasang. Akan tetapu, tidak menutup kemungkinan juga, akan ada pasangan burung kenari yang tidak berpisah atau hanya setia pada satu burung saja.

Cara Ternak Burung Kenari Bagi Pemula

Jika anda berminat berternak burung kenari, berikut ini kami sudah siapkan artikel cara ternak burung kenari bagi pemula Lengakap. Langsung saja baca artikel ini perlahan lahan ya biar paham

Cara Sukses Ternak Kenari Bagi Pemula

1. Kenali Jenis kelamin burung kenari

Langkah pertama yang perlu kalian lakukan didalam ternak kenari adalah pintar dalam hal membedakan jenis kelamin burung kenari, bagaimana cara membedakan jenis kelamin pada burung burung kenari? Bagi peternak pemula dalam usaha ternak burung kenari, sebelum kalian mulai untuk berternak burung kenari, ada baiknya jika kalian sering berlatih untuk membedakan mana kenari yang jantan dan mana yang betina.

Ciri kenari Jantan : 
  • Dubur pejantan menonjol, tegak lurus dan vertikal 
  • Sering berkicau dan bunyinya nyaring 
  • Bentuk badan cenderung ramping memanjang
  • Leher lebih panjang. 
Ciri kenari Betina : 
  • Dubur tidak menonjol melainkan datar
  • Berkicau namun tidak sering dan tidak nyaring 
  • Bentuk tubuh cenderung bulat 
  • Leher lebih pendek 
2. Usia burung kenari

Langkah kedua dalam ternak kenari Yang harus kalian ketahui apakah burung kenari tersebut sedang dalam keadaan siap kawin atau birahi atau tidak.

Ciri-ciri burung kenari siap kawin :

Kenari Jantan : 
  • Sering berkicau
  • Hiperaktif (sering melompat-lompat)
  • Mengepak-kepakkan sayap
  • Terkadang juga sengaja menabrak jeruji kandang.
Kenari Betina : 
  • Suka mematuk-matuk apapun yang ada di dalam sangkar.
  • Sayap juga dikepak-kepakkan.
3. Kandang untuk burung kenari

Langkah ketiga dalam ternak kenari yakni persiapan kandang. Seperti diawal yang sudah kami jelaskan bahwa burung kenari memerlulan ruang yang cukup luas untuk terbang, maka buatlah sangkar yang memungkinkan bagi burung kenari untuk dapat terbang dari dahan ke dahan. 

Tahap awal ternak kenari sebaiknya pisahkan terlebih dahulu burung jantan dan betina. Atau sangkar besar yang sudah ada sekatnya untuk memudahkan perjodohan. Kemudian jangan lupa kalian siapkan tempat untuk makanan burung. Pakan burung kenari biasanya biji-bijiaan ditambah dengan telur rebus.

4. Proses perjodohan burung kenari

Langkah ke empat dalam ternak kenari adalah proses perjodohan. Sebelum proses perkawinan, kalian harus berikan waktu bagi kenari jantan dan betina untuk saling berkenalan. Caranya pun mudah kalian cukup mendekatkan kandang kenari jantan dan betina. Ciri-ciri kenari berjodoh yakni burung kenari jantan akan menyuapi si betina meski berada di luar sangkar. Kemudian Pejantan juga akan lebih sering berkicau sebagai pertanda untuk menggoda si betina.

5. Proses perkawinan burung kenari

Langkah selanjutnya dalam ternak kenari yakni proses perkawinan. Ketika kenari sudah terlihat berjodoh (dengan melihat perilaku pada langkah 4) maka kalian sudah dapat memasukkan pejantan dan betina dalam satu kandang yang sama. Caranya pun mudah yakni dengan memasukkan burung kenari jantan ke dalam sangkar burung kenari betina. Saran kami lakukan kegiatan tersebut ketika sore hari. Setelah disatukan dalam satu kandang, kalian perhatikan apakah mereka saling menyuapi (seperti berciuman) atau tidak. Jika iya, maka sebentar lagi mereka akan melakukan perkawinan. Biarkan dalam sangkar hingga pagi hari. Keesokan harinya pisahkan kembali jantan dan betina pada jam 7-9 pagi. Kemudian memasukkan burung jantan ke kandang burung betina pada sore hari hingga betina bertelur. Ingat, kalian tak usah menjemur burung kenari betina yang sudah bertelur, karena akan merusak telur kenari.

6. Proses pengeraman telur burung kenari

Langkah ke 6 dalam ternak kenari yakni proses pengeraman, biarkan jantan dan betina berada tetap di satu sangkar. Hal ini agar betina terus berada di sarang untuk mengerami karena pejantan akan terus menyuapi betina. Akan tetapi jika kalian punya lebih dari satu betina, pisahkan saja kenari jantan nya.

Selama betina mengerami telurnya, kalian harus terus memberi pakan dan minum, serta menjaga kebersihan kandang.

7. Proses penetasan telur

Langkah terahir dalam ternak kenari yakni proses penetasan telur. Umumnya pada hari ke-14 sesudah bertelur, telur-telur tersebut akan menetas. Kalian harus perhatikan kebersihan kandang-kandang kenari dan rutin memberikan pakan dan minum. Jangan sampai kehabisan pakan dan minuman.

Yuk simak videonya.


Sumber : youtube.com

Gimana? Mudah bukan...Demikian artikel tentang Cara Ternak Kenari Bagi Pemula yang bisa kami sampaikan. Mudah mudahan kalian sukses dalam usaha ternak burung kenari. Sekian. Salam peternak indonesia.....
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar