Cara Penggemukan Sapi Limosin Lengkap

Cara Penggemukan Sapi Limosin - sebelum ternakpertama.com membahas bagaimana cara penggemukan sapi limosin yang benar, sebaiknya cek terlebih dahulu harga Sapi limosin terbaru agar anda mengetahui harga pasaranya serta akan lebih semangat dalam berternak sapi limosin.

Berdasarkan informasi dari wikipedia.org, Sapi Limosin atau limousin merupakan salah jenis sapi potong yang pertama kali ditemukan di negara Prancis yakni di daerah Haute Vienne. Hal ini dibuktikan dengan adanya lukisan yang ada pada dinding Gua Lascaux sekitar pada 18 abad yang silam.
Sapi Limosin Terbesar
Sapi Limosin Terbesar
SAPI LIMOSIN juga dikenal sebagai sapi potong yang dagingnya banyak manfaatkan oleh masyarakat untuk dikonsumsi sehari hari. Bukan saja dijadikan sebagai hewan ternak, sapi jenis limosin ini juga dimanfaatkan dalam bidang pertanian karena kecepatan dan kekuatannya dalam mengolah tanah pertanian.

Saat ini Sapi limosin merupakan jenis sapi potong yang menjadi pilihan oleh banyak peternak, hal tersebut karena sapi ini memiliki banyak kelebihan. Salah satu kelebihan sapi limousin yakin mempunyai perawakan yang sangat besar dibandingkan sapi lokal sehingga jika dijual dengan sistem timbang (bobot) akan lebih menguntungkan kaeran dagingnya pun berkali-kali lipat beratnya dibandingkan sapi lokal sehingga jika dijual perkilo jelas akan lebih untung apalagi jika kita cermati harga perkilo sapi limosi pun stabil, dengan trend harga perkg sering mengalami kenaikan (lebih mahal) ketika momen idul adha. Bagaimana? Apakah anda tertarik ingin memiliki usaha penggemukan sapi limosin?
Sapi Limosin Berat 1 Ton
Sapi Limosin Berat 1 Ton
Anda harus paham ketika akan memulai usaha penggemukan sapi limosin, harus tau betul karakter sapi limosin serta ciri bakalan sapi limosin yang berkualitas untuk pengemukan, kareba jenis sapi limosin yang ada di indonesia merupakan hasil persilangan dari perkawinan sapi lokal, jika anda akan memulai bisnis pembesaran sapi limosin dan akan membeli bakalan sapi limosin anda harus paham betul apa saja ciri khas sapi limousin berkualitas super agar nantinya anda tidak tertipu atau salah dalam membeli karena kurangnya pengetahuan.

Ciri ciri sapi limosin yang berkualitas Super
  • Sapi limousin mempunyai bulu sangat tebal yang menutupi hampir seluruh bagian tubuhnya
  • Bentuk tubuh sapi limosin besar, padat, dan berisi
  • Bulu sapi limousin yang bagus berwarna coklat
  • Tinggi sapi limousin sekitar 1,5 meter
  • Di bagian sekitar mata dan kaki dari lutut sampai kebawah berwarna terang
  • Mempunyai tanduk berwarna cerah. Kusus untuk sapi limousin jantan tanduknya tumbuh keluar dan agak sedikit melengkung
Kemudian pertanyataan selanjutnya Bagaimana cara memilih bakalan sapi limosin yang bagus? Mungkin itulah pertanyaan yang sering di tanyakan. Maka dari itu kami tuliskan ciri ciri bakalan sapi limosin yang bagus dan berkualitas super. Perhatikan dengan seksama ya....

Cara memilih bakalan sapi limosin yang bagus dan berkualitas :

  • Pilihlah Sapi bakalan limosin yang agresif dan lincah
  • Tidak ada bekas luka ataupun koreng pada dan kulit
  • Mempunyai kaki yang sehat dan tidak cacat
  • Mulut sapi limousin terlihat datar
  • Pilih sapi limosin yang dibagian lehernya tebal, besar, kekar dan bergelambir
  • Tatapan mata tajam, bening dan cerah
  • Memiliki bentuk kaki sejajar, tidak bengkok atau menyilang saat sapi berdiri ataupun berjalan.
  • Memiliki nafsu makan yangsangat 
  • Sapi mmiliki bentuk badan panjang dan tinggi
  • Mempunyai Bulu warna cerah dan mengkilap
  • Mempunyai tulang atau kerangka tubuh yang baik
  • Punggung sapi limosin harus datar dan tidak bengkok ataupun melengkung kebawah
  • Pantat sapi limosin tidak lancip (susah gemuk)
Setelah kalian sudah paham bagaimana cara memilih bibit / bakalan sapi limosin yang bagus dan berkualitas, selanjutnya yang tak kalah penting yakni mengetahui seperti apa Tempat yang cocok untuk memulai bisnis Ternak Sapi Limosin. Kami sarankan kalian perhatikan tukisan ini.
  • Sapi limosin dapat hidup dengan kualitas baik di lingkungan yang beriklim sedang
  • Jenis sapi limausin sangant cocok hidup di daerah yang mempunyai curah hujan sangat tinggi
  • Sapi limosin kurang cocok jika dipelihara di daerah yang beriklim panas.

Cara Cepat Penggemukan Sapi Limosin yang Benar serta Efien


Di indonesia sudah banyak peternak yang mulai memilih sapi limosin sebagau usaha pengemukan sapi. Namun sayangbya tak sedikit dari merekapun gagal dalam bisnis pnggemukkan sapi limosin. Kegagalan pengemukan sapi potong jenis limosin ini di sebabkan karena para peternak belum mengerti dan memahami betul bagaimana cara penggemukan sapi limosin yang baik dan benar dalam waktu yang relatif cepat efektif dan efisien. Sebagian peternak yang gagal biasanya  berfokus pada faktor pemberian pakan yang berlebihan (dalama jumlah yang banyak) tanpa memperhatikan kualitas pakan. Oleh sebab itu, sangat penting penting kiranya kami bahas secara tuntas panduan lengkap bagaimana cara capat menggemukan sapi limosin yang baik dan benar. Cara penggemukan sapi limosin yang benar tidak hanya berfokus pada pemberian pakan yang banyak sja. Berikut ini kami berikan tips dan cara cepar agar sapi limosin mampu tumbuh dengan baik dan  sempurna.

Penggemukan Sapi Potong Jenis Limosin


Hal pertama yang perlu kalian lakukan dalam usaha penggemukan sapi limosin yakni dengan mencari pakan sapi yang mempunyai kandungan gizi yang sesuai untuk kebutuhan pakan sapi potong tersebut, pakan sapi limosin harus mempunyai kagandungan protein, lemak, karbohidrat, vitamin dan mineral. Dan kalian harus pastikan juga pakan tersebut dalam keadaan bagus serta tidak tercemar kotoran atau bibit penyakit yang bdapat merusak kulitas pakan sapi potong tersebut. Ketika kalian mencari pakan, usahakan cari pakan di waktu siang hari ataupun sore hari hal ini bertujuan untuk menghindari adanya telur cacing yang bersemanyam dalam pakan.
Bakalan Sapi Limosin dan Simental
Bakalan Sapi Limosin dan Simental

Seperti yang kami katakan diatas, pengemukan sapi limosin itu gampang gampang susah, banyak juga para peternak yang belum berhasil dalam melakukan cara penggemukan sapi limosin potong, faktor kegagalan dalam penggemukan sapi limosin kareba ketidaktahuan dalam melakukan cara penggemukan sapi limosin. Asal kalian tau, Cara penggemukan sapi limosin potong tidak hanya dilakukan dengan cara memberikan pakan dengan jumalah yang banyak saja, akan tetapu perlu memberikan vitamin agar sapi tetap dalam kondisi sehat serta kebutuhan gizinya tercukupi. Ketika kalian akan melakukan penggemukan ada beberapa syarat yang harus terpenui terutama dari segi pakan.

Yang kita tau, budidaya sapi potong di masyarakat kebanyakan memang masih mengandalkan berternak dengan menggunakan sistem tradisional dan masih menjadi sebagai usaha sambilan. Padahal kalau kita cerdas pertumbuhan penduduk di indonesia semakin hari semakin meningkat secara signifikan sehingga jumlah permintaan dan kebutuhan daging sapi juga semakin tinggi pula, terutama kebutuhan akan daging sapi. Akan tetapi sangat disayangkan, jumlah produksi daging sapi saat ini masih belum mampu memenuhi jumlah kebutuhan masyarakat.

Kita juga tau, Negara ini sungguh sangat kaya dengan berbagai macam ternak yang ada, salah satu hewan ternak yang mempunyai banyak keuntungan yaitu sapi.  Oleh karena itu usaha pengemukan sapi potong limosin sungguh sangat menggiurkan. Sapi merupakan hewan ternak yang mempuyai banyak keuntungan bagi pemiliknya tak terkecuali sapi limosin, disamping diambil dagingnya, sapi juga bisa dimanfaatkan susunya untuk dijadikan minuman olahan, daging dan kulit sebagai bahan makana. Bukan itu saja, kulit sapi juga dapat diolah menjadi kerajinan tangan misalnua untuk kerajinan tas kulit sapi. Hebatnya lagi, dimasyarakat pedesaan sapi juga dapat dimanfaatkan sebagai alat transpotasi untuk menarik gerobak atau membajak sawah.

Dalam usaha bisnis penggemukan sapi limosin potong, pakan sapi merupakan faktor terpenting dalam keberhasilan budidaya sapi limosin. Hal ini karena pakan yang berkualitas baik akan memberikan efek cepat gemuk adalkan dalam pemberianya pun benar. Akan tetapi sangat disayangkan, terkadang pemberian pakan menjadi masalah tersendiri karena memang ada sebagian sapi yang cocok dengan beberapa jenis pakan. Oleh sebab itu, kalian harus cerdas dalam mencari pakan yang sesuai untuk sapi terutama dalam masa penggemukan sapi limosin potong tersebut. Bagaimana? Apakah anda sudah tertarik untuk usaha penggemukan sapi limosin? Jika sudah kami teruskan ya bahas tentang Cara penggemukan sapi limosin. Namun sebelumnya kalian harus tau janis pakan apa saja yang cocok untuk penggemukan sapi limosin.

Jenis jenis Pakan Untuk Sapi Potong Limosin


Cara Penggemukan Sapi Limosin
Cara Penggemukan Sapi Limosin

1. Pakan Hijau

Pakan hijau merupakan hijauan pakan ternak yang sangat bagus untuk penggemukan sapi limosin. Hijauan pakan ternak atau Pakan hijau yang bisa diberikan misalnya jenis rumput rumputan, siratro, lamtoro, gamal, centro, indogofera. Bisa juga anda berikan Daun lamtoro, limbah pertanian yakni jerami. Pakan hijau dapar dijadikan pakan utama sapi limosin, sehingga pakan selalu dalam kondisi baru agar sapi mendapatkan gizi yang cukup untuk pertumbuhan sehingga penggemukan sapi limosin berjalan dengan optimal. Nah bagi kalian yang susah mendapatkan hijauan pakan ternak indigofera, bisa order di ternakpertama.com, kami meyediakan bibit indogofera dengan harga yang murah. Indigofera yang kami jual ada dua macam berupa biji  indigofera (kalian bisa tanam sendiri di kebun) atau bibit tanaman indigofera tinggi 70 cm dengan minimal order 500 polybag. 
Bibit Indigofera
Keterangan!

Jenis legum (kacang-kacangan), protein 28-31%.

Sudah diriset oleh IPB dan telah terbukti dapat meningkatka produksi susu ternak perah, meningkatkan bobot sapi potong dan juga untuk unggas petelur kualitas telurnya lebih baik (antioksidan tinggi).

Selain untuk Sapi, indigofera juga bisa diberikan untuk kelinci maupun ikan.

Harga Bibit atau Biji Indigofera 100 gram Rp. 100.000, 250 gram Rp. 200.000, 500 gram Rp. 400.000, 1 Kg Rp. 700.000

Order Sekarang Juga

Via Email : ternakpertamaku@.com

2. Pakan Konsentrat

Pakan konsentrat atau pakan penguat merupakan pakan sapi yang sudah diolah seperti dedak padi yang telah dicampurkan dengan bungkil kelapa, tepung tulang dan garam dapur. Pakan konsentrat ini mempunyai komposisi 70% dedak, 30% bungkil kelapa, 0,5% tepung tulang dan 1% garam dapur, komposisi olahan tersebut harus dengan takaran yang sesuai jangan terlalu banyak salah satunya agar kebutuhan akan gizi sapi seimbang untuk kebutuhan sapi tersebut. Bagi bapak/ibu yang sedang mencari konsentrat sapi potong dan sangat cocok untuk Sapi Limosin dan Simental bisa order ke kami karena kami juga menjual Konsentrat Sapi Potong ( Limosin dan simental) Pati Feedmil dengan minimal order 5 ton. Konsentrat sapi limosin dan simental yang kami jual sudah lulus uji laboratorium dengan nilai gizi yang sesuai.

Jual Konsentrat Sapi Pati Feedmill


Konsentrat Sapi Pati Feedmill
Konsentrat Sapi Pati Feedmill
Kandungan Gizi Konsentrat Pati Feedmill

Kandungan Konsentrat Sapi Feedmill
Video Kualitas Konsentrat Sapi Pati Feedmill

Video Sapi limosin dan simental Ketika Makan Konsentrat Sapi Pati Feedmill


Tips Jadwal Pemberian Pakan Ransum Pada Sapi Potong Limosin dan Simental Agar  Usaha Penggemukan Sapi Sukses!

Ketika kalian memutuskan untuk usaha penggemukan sapi potong anda harus sudah mengetahui bagaimana cara pemberian pakan sapi dan jadwal yang benar. Pemberian ransum sapi potong harus kalian atur atau sudah dijadwal sedemikian rupa agar berjalan efektif dan efisien. Tujuannya pemberian pakan sapi yang terjadwal adalag untuk memberikan tingkat kecernaan ransum setinggi-tingginya.
Cara Penggemukaa Sapi potong
Cara Penggemukaa Sapi potong

Sungguh sangatlah Penting untuk kalian diperhatikan dalam memberikan hijauan dan kosentrat dalam waktu bersamaan faktanya dapat menurunkan kecernaan bahan kering dan bahan organik ransum. Penyebabnya yakni mikroorganisme dalam rumen mempunyai kemampuan dalam mencerna kosentrat lebih dahulu dibandingkan dengan hijauan.

Untuk meningkatkan kecernaan bahan kering serta bahan organik ransum, kmai sarankan berikan kosentrat dua jam sebelum hijaun pakan ternan diberikan. Karena saat hijauan mulai masuk ke dalam rumen, kandungan pati dalam rumen, kandungan pati dalam kosentrat sebagian telah dicerna oleh mikroorganisme rumen.

Pakan Kosentrat sapi kami sarankan diberikan 2—3 kali dalm sehari semalam. Jika diberikan dua kali, maka pemberiaan pakan konsentrat sapi dilakukan pada pukul 08.00 dan 15.00, akan tetapi apabila diberikan tiga kali, maka pemberian pakan konsentrat dimulai dari pukul 08.00, 12.00, dam 16.00.

Sedangkan untuk hijauan, kami mentmyarankan diberikan secara bertahap, untuk minuman empat kali sehari semalam. Semakin sering diberi pakan hijauan, semakin meningkat pula kemampuan sapi mengonsumsi ransum dan semakin tinggi pula tingkat kecernaan bahan kering hijauan tersebut. Pemberian hijauan pakan ternak in pertama dilakukan 2 jam setelah kosentrat diberikan, atau sekitar pukul 10.00.

Apabila anda memberikan kosentrat dua kali sehari, maka jadwal pemberian hijaua n dimuali pada pukul pukul 10.00, 13.00, 17.00, dan terakhir pukul 19.00. Sedangkan apabila kosentrat sapi diberikan tiga kali sehari, maka hijauannya diberikan mulai pada pukul 10.00, 14.00, dan 18.00. dan 19.00. Ingat, Hindari pemberian hijau sekaligus karena nanti akan banyak yang terbuang dan tidak termakan oleh sapi.

Cara Mencampur Ransum Sapi Yang Benar


Misalnya pemberian kosentrat, seperti dedak padi kasar, onggok, dedak jagung, bungkil kelapa, dan bungkil kacang tanah, serta mineral seperti garam dapur, tepung tulang, dan kapur yang diberikan kepada sapi wajib diaduk secara merata menjadi campuran yang homogen terlebih dahulu.

Biasanya mencampur kosentrat dapar dengan bantuan mesin pecampur (mixer) ataupun  manual.

Jika anda akan memakai cara manual, berikut ini langkah langkah yang harus anda lakukan 
  • Persiapkan dulu tempat untuk pencampuran, kalau memakai lantai, kalian harus pastikan lantai dalam keadaan bersih dan kering
  • Persiapkan alat-alat untuk mencapur, contoh timbangan, sekop, dan ember. Kalian juga harus pastikan alat dalam keadaan bersih
  • Persiapkan bahan-bahan kosentrat yang akan dicampur
  • Timbangan bahan kosentrat yang mempunyai jumlah paling banyak, lantas hamparkan diatas lantai. Kemudian, ulangi lagi proses tersbut pada bahan kedua terbanyak dan hamparkan jyga hasil timbangan diatas bahan pertama, demikian seterusnya
  • Kemudian aduk dengan sekop sampai menjadi campuran homogen.
Bagaimana? Mudah bukan..segera praktekan ya agar program penggemukan sapi potong berjalan dengan lancar.

Demikian informasi tentang bagaimana cara penggemukan sapi potong (limosin dan sinental) yang baik dan benar. Kami berharap kesuksesan akan menghampiri anda. Sekian... Salam sukses Peternak indo esia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel