Cara Membuat Pakan Organik Untuk Sapi

Cara Membuat Pakan Organik Untuk Sapi - Bagi anda yang belum mengerti bagaimana cara membuat Pakan Organik sapi yang benar, pada hari ini kami akan berikan tips praktis buat pakan sapi organik sendiri dengan mudah dan efisien. Langsung saja ikuti dan praktekan di rumah ya...

Cara membuat Pakan Organik Untuk Sapi


Sebelum kita mulai membuat pakan organik Sapi, ada beberapa cara membuat pakan fermentasi untuk sapi yang dapat anda praktekkan dalam usaha ternak sapi.
Pakan Organik Sapi
Pakan Organik Untuk Sapi

1. Pakan Organik Sapi dari Kulit Kacang Tanah


Seperti yang kita ketahui kulit kacang tanah  merupakan salah satu limbah yang kebanyakan orang belum mengerti mau digunakan untuk apa? Terkesan tidak berguna serta kebanyakan akan dibuang sebagai limbah. Akan tetapi, kulit kacang tanah ini dapar anda gunakan kembali sebagai pakan organik untuk program penggemukan sapi.

Berdasarkan informasi dari wikipedia, di dalam kulit kacang tanah memiliki kandung nutrisi tinggi seperti protein sebanyak 5.77% dan juga total digestible nutrient hingga mencapai 31.70% sehingga sangat cocok dijadikan pakan sapi organik (pakan fermentasi).

Caranya pun mudah, anda hanya perlu mencampurkan kulit kacang tanah dengan tongkol jagung kering yang sudah dipotong potong.

Kemudian Campur dengan air gula merah, garam dapur dan probiotik kemudian aduk hingga merata.

Lalu Masukkan dalam karung goni serta peram selama kurang lebih 2 hari.

Langkah terahir, Buka dan keringkan dengan cara dijemur dan bisa diberikan untuk ternak sapi. Bagaimana? Mudah bukan buat pakan organik sapi dari kacang tanah. 

2. Pakan Organik Sapi dari Tepung Kembang Kol

Masih sama berdasarkan informasi dari wikipedia.com, berdasarkan dari hasil analisa memperlihatkan jika tepung daun kembang kol mempunyai kandungan protein hingga mencapai 25.18 g/100 g dan juga kandungan energi metabolis sebanyak 3523 kcal/kg dan ini juga sangat baik untuk pakan ternak seperti sapi, kambing atau domba.

3. Pakan Organik Sapi dari Kedebog Pisang

Kalian pasti sudah tau jika Gedebog pisang mempunyai kandungan nutrisi yang sangat baik. Hal ini juga bagus digunakan sebagai pakan organik sapi ternak khususnya bagi anda yang sedang usaha penggemukan sapi limosin.

Berdasarkan hasil riset, Nutrisi dalam gedebog pisang dalam kondisi kering 87.7%, abu sebesar 25.12%, lemak kasar sebanyak 14.3%, serat kasar 29.40%, asam amino, pati, gula, vitamin B, karbohidrat, asam nukleat, amine nitrat dan juga glikosida yang sangat diperlukan untuk pertumbuhan sapi.

Cara buat pakan organik sapi dari gedebog pisang pun mudah anda hanya perlu Potong potong gedebog pisang atau cacah kecil dan tambahkan dengan gula dan SOC bersama 1 liter air.

Lantas Campurkan cacahan gedebog pisang hingga merata, ampas tahu dan katul dalam wadah dan tambahkan larutan SOC dalam pakan.

Lalu beri garam  secukupnya dan aduk hingga tercampur rata.

Kemudian yang terahir masukkan pakan dalam drum plastik dan tutup rapat sekitar 1 hari dan siap diberikan saat pagi dan sore hari. Bagaimana mudah bukan buat pakan organik sapi sendiri? 


4. Pakan Organik Sapi dari Kulit Kakao


Anda baru tau bukan? Jika Kulit kakao  juga sangat bagus digunakan sebagai pakan ternak organik sapi alternatif karena memiliki jandung nutrisi seperti protein sebesar 10%, hara mineral K dan N, sejumlah asam organik, serat dan juga lemak.

Kulit kakao dapat digunakan sebagai pakan ternak fermentasi sebanyak 15% dan kami percaya dapat meningkatkan berat badan sapi hingga mencapai 0.9 kg per hari khususnya dalam budidaya sapi potong.

Cara buat pakan organik sapi dari kakaupun cukup mudah, anda hanya perlu Potong potong kulit buah kakao lalu campur dengan EM4 kemudian masukan ke dalam ember.

Lantas segera ttup dengan plastik dan biarkan selama 3 hingga 5 hari.

Sesudah tercium bau harum seperti tape, maka segera jemur serta tumbuk menjadi halus, dan pakan organik sapipun sudah bisa diberikan ke sapi sebagai pakan berupa dedak.

Cek juga :
SAPI LIMOSIN
Cara Penggemukan Sapi Limosin
Demikian informasi tentang cara mudah membuat pakan organik sapi yang bisa kami berikan. Mudah mudahan bermanfaat. aamiin....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel