Skip to main content

Cara Pemberian Pakan Ayam Kampung Super Sampai Panen

Cara Pemberian Pakan Ayam Kampung Super Sampai Panen - Pakan yang memiliki nilai gizi yang tinggi sangat diperlukam bagi ayam kampung suoer agar cepat dalam perkembangan dan pertumbuhannya. Dengan teknik pemberian pakan yang benar pertumbuhan Ayam Kampung Super dapat tumbuh secara optimal. Karena pertumbuhan dan perkembangan yang baik inilah Ayam Kampung Super sudah dapat dipanen pada umur 6 minggu. Tak heran jika untuk sekarang sudah ada peternak yang mampu memanen Ayam Kampung Super pada umur 45 hari. Waww....penasaran? Bagaimana cara pemberian pakan ayam kampung super yang benar biar cepat panen? Baiklah simak artikel ini dengan seksama....

Cara Pemberian Pakan Ayam Kampung Super Sampai Panen

Berdasarkan penelitian dan pengalaman pribadi, Ayam kampung Super dapat tumbuh dengan cepat serta bisa dipanen di cepat, pakan ayam harus memiliki kadar protein dan energi metabolisme yang seimbang. Dengan kandungan protein 15% dan energi metabolisme 2800 kkal/Kg secara signifikan mampu meningkatkan berar ayam kampung super 0 – 6 minggu dari 37 gram menjadi 47 gram/ ekor/ minggu. Hal ini bisa terjadi jika protein dan energi metabolisme dapat berjalan secara seimbang untuk pemenuhan pertumbuhan dan perkembangan ayam kampung super. Dengan pemberian pakan yang tepat penggunaan akan jauh lebih efisien sekitar 10-30%.

Ayam Kampung Super di Kandang Starter Grower
Jika anda akan membuat ransum sendiri, pastikan kadar protein 15 % di tambah dengan komposisi tepung menir, jagung, bekatul, bungkil kelapa dengan perbandingan 50% bekatul, 20% jagung dan 10 % menir. Penasaran bagaimana cara membuat pakan ayam kampung super dengan kualitas yang baik? Baca sampai selesai ya langkah langkah nya dan jangan lupa praktekan. Jika anda kurang paham bisa tanyakan ke ternakpertama.com.

Pemberian Pakan Ayam Joper Sampai Panen Umur 6 Minggu

Takaran pakan ayam kampung super :
Pada saat ayam kampung super ini ber Umur 0-7 hari pemberian pakan dapat diberikan dengan takaran sekitar 10 gram ekor hari. 
Kemudian pada saat Umur 7 hari-1 bulan anda bisa mebambahkan jagung yang sudah di haluskan lalu dicampur dengan bekatul dengan komposisi 1:1 dengan jumlah 40-60 gram per hari. 
Selanjutnya pada saat ayam kampung super ber Umur 1 bulan sampai siap panen / dewasa pemberian pakan ayam kampung super sekitar 80-100 gram per ekor per hari.
Untuk pakan dapat diberikan setiap hari 2-3 kali sehari tergantung umur ayam.

Takaran minum yang benar untuk ayam kampung super:

Pada fase starter (pertumbuhan) takaran minum ayam di bagi menjadi beberapa macam berdasarkan umurnya :
Ayam Kampung Super Umur 1 Minggu (1-7 hari) berikan 2 liter/ hari/ 100 ekor 
Ayam Kampung Super Umur 2 Minggu (8-14 hari) berikan 3 liter/ hari/ 100 ekor 
Ayam Kampung Super Umur  3 Minggu (15- 21 hari) berikan 4,5 liter/ hari/ 100 ekor 
Ayam Kampung Super Umur umur 4 Minggu (22- 29 hari) berikan 7,5 liter/ hari/ 100 ekor
Pada fase finisher (umur 30-57 hari) takaran minum di bagi menjadi beberapa bagian berdasarkan umurnya:
Ayam kampung super umur 5 Minggu (30- 36 hari) berikan 9,5 liter/ hari/ 100 ekor 
Ayam kampung super umur 6 Minggu (37- 43 hari) berikan 11 liter/ hari/ 100 ekor 
Ayam kampung super umur 7 Minggu (44- 50 hari) berikan 13 liter/ hari/ 100 ekor 
Ayam kampung super umur 8 Minggu (51-57 hari) berikan 14 liter/ hari/ 100 ekor
Perlu di ingat!! anda harus mengerti dan paham berapa jumlah pakan harian yang di perlukan  Ayam Kampung Super dari usia DOC sampai siap panen agar perkembangan dan pertumbuhan ayam kampung super bisa berlangsung secara optimal. Berdasarkan pengalaman para peternak ayam kampung super, apabila anda menggunakan cara diatas ada yang yang bisa panen pada saat umur 6 minggu bahkan ada pula yang kurang dari waktu itu. Jika ayam joper anda pelihara dengan sistem intensif maka hasilnya juga akan optimal, hal ini bisa berbeda jika anda pelihara ayam dengan sistem semi intensif/ ekstensif atau sistem tradisional.

Demikian tips bagaimana cara pemberian pakan ayam kampung super sampai panen pada umur 6 minggu yang bisa kami sampaikam. Harapan kami, bapak ibu yang sedang usaha ayam kampung super bisa memperoleh keuntungan maksimal. Salam sukses peternak indonesia....
Info !!!
Kami menyediakan DOC ayam kampung super berkualitas dan dapat dikirim ke seluruh wilayah di Indonesia. Jika anda membutuhkan DOC ayam kampung super..silahkan hub ternakpertama.com
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar