Cara Merawat DOD Bebek Yang Baru Menetas

Cara Merawat DOD Bebek Yang Baru Menetas - Usaha ternak bebek saat ini memang menjadi salah satu usaha ternak yang mulai di lirik oleh masyarakat indonesia, di samping mudah dalam perawatanya usaha ini juga bisa anda lakukan di pekarangan rumah. Kenapa usaha ternak bebek sekarang ini banyak di minati ? karena bebek merupakan hewan yang tergolong lebih mudah dari pada usaha ternak lainya. Bukan itu saja, beternak bebek juga dalam segi perawatan tak terlalu sudah dan rumit, hanya saja bapak hanya perlu kesabaran dan ketekunan

DOD Bebek
Selain modal dalam hal perwatanya, usaha beternak bebeb juga memerlukan modal yang besar, lain halnya dengan ternak yang lain seperti ternak sapi, kambing.

Sudah kami jelaskan di awal, Salah satu usaha ternak yang saat ini mempunyai prospek yang menjanjikan menurut kami yakni bisnis pembesaran DOD bebek, mengapa dod bebek dianggap lebih menguntungkan? Hal ini karena untuk memulai usaha pembesaran DOD bebek anda tak memerlukan modal yang besar. Sekarang ini harga DOD bebek sendiri jura relatif lebih murah ketimbang yang sudah bebek dewasa. Akam tetapi ada beberapa masalah yang biasa terjadi pada peternak pemula yang baru akan memulai usaha ini jika anda perernak bebek pemula sebaiknya pelajari dulu bagaimana merawat DOD bebek yang benar. Memahami bagaimana perawatan dod untuk pemula sangatlah penting anda pahami sebelum anda benar benar akan memulai usaha pembesaran DOD. Untuk itu berikut ini kami berikan tips bagaimana merawat DOD bebek untuk pemula yang benar.

Kami sudah menjelaskan di awal, dalam usaha pembesaran DOD bebek anda perlu memahami perawatannya. Perawatan DOD menjadi suatu hal yang penting untuk diperhatikan karena ini akan menjadi salah satu kunci keberhasilan anda dalam usaha pembesaran DOD.

Masalah perawatan DOD sendiri sebenarnya tidak sesulit dan rumit yang kita bayangkan hanya saja banyak peternak yang tak memperhatikan hal kecil yang bisa berdampak yang serius bagi ternak. bagaimana melakukan perawatan yang baik pada DOD bebek

Cara merawat DOD bebek yang baru menetas


Perawatan DOD bebek umur 0 sampai 7 hari

Bebek umur 0 - 7 anakan bebek bagusnya ditaruh di dalam kandang yang tertutup rapat agar angin tak mudah masuk sehingga dod bebek tak kedinginan, kandang yang akan digunaka bisa berbentuk box dari kardus yang tidak di kasih banyak lubang, kemudian berikanlah penerangan dari bolam hal ini perlu anda lakukan untuk menjaga DOD agar selalu hangat serta jangan lupa menyediakan pakan dan minuman yang berkualitas (poer) secukupnya


Perawatan DOD bebek umur  7 sampai 14 hari

DOD umur 7 - 14 hari, anda masih menggunakan kandang akan tetapi untuk media penghangatan dari bolam dapar anda berikan pada malam hari saja hal ini perlubanda laukan agar pada siang hari DOD tidak kepanasan. Sedangkan untuk pakan dan minumannya berikan saja.  usahakan jangan terlalu berlebihan dalam memberikan pakanan dan minuman pada  usia 7 - 14 minggu. Hal ini bertujuan agar kandang tidak becek yang bisa menyebabkan DOD bebek kedinginan. Jangan lupa pada umur 7 sampai 17 hari berikan vitamin yang sudah dicampurkan ke dalam minumannya.

Perawatan DOD bebek umur  14 sampai 30 hari

Pada umur 14 - 30 hari, bebek sudah dapat mulai dipindahkan dalam kandang yang skalanya lebih besar hal ini perlu anda lakukan agar bebek mudah bergerak, sedangkan untuk media penghangatannya dapat anda berikan seperlunya saja atau berikan pada saat DOD merasa kedinginan. Untuk pemberian pakan harus diperhatikan agar selalu terjaga dalam memenuhi kebutuhan gizi tujuanya agar nantinya DOD bebek dapat tumbuh dan berkembang dengan baik, Sedangkan untuk minumannya dapat di berikan secukupnya dan bisa dicampur dengan vitamin

Perawatan DOD bebek umur diatas 30 hari

Umur 30 hari keatas, bebek dapat dipindahkan ke dalam kandang pembesaran dengan melakukan penyortiran DOD bebek yang mau digemukkan atau akan menjadi bebek petelur yang nantinya akan dijadikan bibit. Sedangakn Untuk perawatannya tetap masih harus diperhatikan dengan melihat kebutuhan bebek dengan melihat butuhan gizi dan protein yang di perlukan .

Demikian artikel tentang cara merawat DOD bebek yang baru menetas. Mudah mudahan artikel singkat ini bisa membantu bapak/ibu yang baru akan memulai usaha ternak bebek. Sekian. Salam suskses peternak indonesia.
Cara Merawat DOD Bebek Yang Baru Menetas
4/ 5
Oleh