Cara Merawat Burung Merpati Kentong

Cara merawat Burung Merpati kentong - apakah anda sedang mencari informasi bagaimana cara merawat burung merpati kentong tinggian agar sering menjadi juara pertama? Agar Burung Merpati kentong juara di arena lomba anda harus merawatnya dan melatihnya dengan benar, banyak cara yang bisa anda lakukaan dimana perawatan burung merpati ini harus dimulai dari merpati masih kecil dan sampai akan mengikuti pelombaan.
Burung merpati kentong
Burung Merpati Kentong
Merpati tinggian merupakan burung merpati yang sering dilombakan dengan cara melepas burung dari jarak tertentu dan berahir di tempat yang telah disediakan. Jarak pelepasan burung biasanya sudah tentukan oleh panitia lomba, jaraknya mulai daru 1 sampai 5 Km. Tempat finishnya pun juga bermacam-macam mulai dari menyediakan kolong dan juga ada meja atau kandang. Burung merpati ini juga harus mendarat tepat pada sarana yang telah disediakan yang sebelumnya sudah di setujui oleh peserta lomba. Burung yang diterbangan merupakan burung jantan sedangkan burung merpari betina untuk klepak memancing jantan agar mendekati lokasi.

Saat ini pecinta burung Merpati tinggian atau kentong terdiri dari berbagai kalangan, mulai dari pengusaha hingga karyawan biaya. Mereka biasanaya tak hanya hobu tetapi juga sekaligus sebagai peternak. Sebagian ada yang telah mendapat keuntungan tinggi dari hasil jual beli burung merpati kentong. Dan sebagian besar keuntungan yang didapat selain dari penjualan burung dan telur akan tetapi juga dari penyewaan burung untuk diikutsertakanan dalam lomba. Penyewaan burung merpati kentong biasanya untuk lomba. Burung merpati kentong yang sering disewakan adalah Merpati yang memiliki jejak prestasi di arena lomba.

Biasanaya para pecinta burung uni tidak saja merawat untuk lomba akan tetapi juga untuk ternak Merpati. Peternak biasanya tak memiliki satu jenis burung merpati kentong saja, akan tetapi banyak macam jenis merpati seperti merpati pos, merpati tinggi merpati balap dll. Khusus untuk burung Merpati tinggian atau burung merpati kentong di pasaran di bandrol dengan harga diatas Rp. 1 juta bahkan banyak sepasang Merpati tinggi juga dihargai diatas Rp. 5 juta. Burung merpati kentong yang dihargai tinggi yakni yang sudah memiliki pretasi. Agar burung ini berpretasi perlu perawatan dan latihan yang baik mula dari anakan.

Dalam merawat Burung Merpati tinggian agar juara masing masing peterbak memiliki cara yang berbeda beda. Namun pada kesempatan kali ini kami akan memberikan tips cara perawatan Merpati tinggi agar sering berprestasi ala ternakpertama.com

Perawatan Merpati Tinggi Juara 1


1. Pemberian Pakan

Untuk pakan kami memberikan pakan berupa jagung, beras merah dan kacang hijau. Sedangkan untuk minuman biasanya kami berikan air minum yang dicampur dengan neo antiseptic. Minuman ini bertujuan untuk mencegah penyakit dan kutu pada bulu Merpati kentong kesayangan Anda. Selain makanan dan minuman diatas diberikan juga suntikan vaksin tiap 3 bulan sekali.

2. Penjemuran

Burung Merpati juga harus sering dijemur setiap pagi dibawah sinar matahari langsung agar burung kentong tidak mudah kena penyakit dan membuat tulang mereka akan jauh lebih kuat. Dikana tulang yang kuat sangat diperlukan oleh Merpati tinggian mengingat jarak lepas saat lomba sangat jauh.

3. Proses Latihan

Latihan merupakan salah satu syarat Merpati dapat berprestai atau tidak dalam perlombaan. Memelihara, merawat dan melatih burung merpati tinggian juga diperlukan kesabaran. Melatih burung harus dimulai dari anakan burung sampai burung mau ikut lomba.

4. Proses Uji Coba

Selain dilatih sendiri, burung Merpati tinggian juga harus rajin di uji coba dengan burung merpati lainya. Proses uji coba ini harus sering anda lakukan saat mendekati hari lomba. Setelah uji coba dengan burung Merpati lain juga diasah ketajaman dengan sering mengikuti lomba.

5. Memilih Jenis Merpati Tinggian

Selain cara diatas, memilih Jenis burung Merpati tinghian juga perlu anda perhatikan. Salah dalam memilih jenis merpati tinggian sampai kapanpun burung anda tidak akan berprestasi walau dilatih sekeras apapun. Coba anda amati, Burung Merpati yang sering digunakan oleh kontestan lomba bukanlah jenis merpati biasa, tapi jenis Merpati pilihan yang memiliki ketangkasan dalam terbang tinggi sehingga burung tersebut memiliki bakat dan terlatih juga sangat jinak.

6. Proses Menandikan sebelum lomba

Kemudian yang terahir adalah tips dari pengalaman pribadi. Malamnnya burung merpati kentong harus sering dimandikan dengan sampo agar bulunya bersih sehingga terbangnya ringan dan bagus.

Demikian informasi mengenai cara merawat burung merpati kentong agar menjadi juara 1 saat lomba yang bisa kami sampaikan. Mudah mudahan bermanfaat bagi kita semua. Salam peternak indonesia.
Cara Merawat Burung Merpati Kentong
4/ 5
Oleh