Cara Mengobati Luka Pada Kuku Sapi

Cara Mengobati Luka Pada Kuku Sapi - Sapi adalah salah satu binatang ternak yang memerlukan perawatan yang baik dan benar, perawatan. Jika anda salah dalam hal perawatan maka sudah di pastikan sapi akan terserang berbagai macam penyakit. Asal anda tahu, jenis penyakit pada sapi ada yang sifatnya menular contohnya penyakit antraks dan sapi gila. Penularan penyakit sapi ini bahkan dapat sampai kemanusia. Akan tetapi, ada pula penyakit sapi yang tak menular contohnya penyakit sapi yang bau mulut atau penyakit kuku busuk yang perlu penanganan serius dan memakan waktu yang cukup lama jika sapi anda sudah terkena penyakit tersebut. Namun ada berbagai langkah pencegahan yang bisa anda lakukan atau paling tidak Anda harus tau bagaimana cara mengobati luka pada kuku sapi sehingga nantinya tak akan terkena foot rot.

Cara Mengobati Luka Pada Kuku Sapi
Kuku Sapi Luka
Namun jika suatu saat sapi anda terkena luka di salah satu bagian tubuhnya misalnya luka pada kuku akan berdampak pada kondisi sapi tersebut. Misalnya sapi tiba tiba kehilangan nafsu makan, kemudian di susul dengan berat badan yang turun sehingga profil sapi amda akan menjadi jelek, belum lagi kesulitan saat berjalan, awas luka pada kuku sapi ini dapat menular ke sapi lain di sekitarnya, mungkin bisa juga nanti akan mengarah pada timbulnya penyakit-penyakit lain. Jika anda tak mau hal tersebut terjadi maka pastikan jika ada luka pada kuku sapi, anda harua langsung mengobatinya, paling tidak anda harus punya stok obat yang disediakan.

Berdasarkan pengalaman penyebab luka pada kuku sapi terjadi karena terinfeksi kuman yang bernama Fusiformis necrophorus. Asal anda tau, Kuman ini dapat bertahan sangat lama pada celah kuku sapi, dan terus akan berkembang biak jika anda tidak segera mengobati dicelah-celah tersebut yang jarang dibersihkan. Jangan sampai tunggu sampai kuman tersebut masuk ke salam kuku sapi, karena proses berkembang biakan kuman itu sangat pesat. Serangan dari kuman dapat mengakibatkan bengkak pada jaringan kaki, mematikan selnya, sehingga kuku sapi akan membusuk dan berbau.

Jika sapi anda sudah terkena kuman ini dan sudah menyerang ke jaringan kuku sehingga kuku sapi sudah busuk, ada cara cepat yang bisa anda gunakan untuk mengobati kuku sapi busuk ini.

Cara Mengobati Luka Pada Kuku Sapi


Siapkan arutan atau cairan copper sulphate 3% atau biasa di sebut formalin 10%.

Kemudian rendamlah kuku sapi yang terluka atau sudah membusuk pada larutan ini.

Cara juga bisa anda gunakan dengan injeksi sulfa atau antibiotik. Akan tetapi pastikan jika anda menggunakan cara ini, kuku sapi harus dalam keadaan kering atau tak lembab. Karena jika dalam keadaan lembab, maka kuman tersebut masih dapat kembali menyerang jaringan kuku yang sudah lebih dulu luka tersebut.

Baca Juga :
Harga Sapi Limosin
Harga Sapi Simental 
Harga Sapi Madura 
Demikian informasi mengenai bagaimana cara mengobati luka pada kuku sapi yang bisa kami sampaikan. Mudah mudahan bermanfaat bagi kita semua. Aamiin.
Cara Mengobati Luka Pada Kuku Sapi
4/ 5
Oleh