Cara Mengobati Kaki Bengkak / Kram Pada Sapi

Cara Mengobati Kaki Bengkak / Kram Pada Sapi - Usaha ternak sapi merupakan peluang usaha ternak yang sangat menjanjikan. Akan tetapi anda juga harus  tau betul bagaimana cara merawat sapi yang benar agar nantinya sapi yang di pelihara selalu dalam kondisi yang sehat. Jika anda asal asalan dan belum mengerti betul bagaimana cara merawat sapi, kemungkinan besar sapi anda akan mudah terserang berbagai macam penyakit karena sapi merupakan binatang ternak yang rentan terjangkit penyakit, sapi akan mudah terserang penyakit jika anda belum bisa menjaga sistem kekebalan tubuh yang bisa menyebabkan kondisi menurun ataupun tak stabil. Sebenarnya Ada banyak jenis penyakit sapi yang perlu kita waspadai. Salah satu penyakit yang bisa menyerang sapi adalah kaki bengkak / keram. Mengobati sapi yang kakinya bengkak / keram sebenarnya sangat lah mudah. Penyakit kaki bengkak / kram disebabkan karena kaki sapi kesleo, sehingga kaki sapi membengkak besar. Yang kedua,  penyakit kram biasa terjadi apabila hewan ternak mengalami kelelahan yang sangat luar biasa. Bukan itu saja, kram juga bisa di sebabkan karena sapu yang kedinginan.


Jika kaki sapi bengkak atau kram, hal pertama yang perlu anda lakukan adalah dengan merendam kaki ternak dengan air hangat, dengan cara ini kondisi kaki sapu akan lebih rileks ataupun tak kaku. Pastikan merendam kaki sapi tersebut dalam waktu yang lama. Cara kedua, Anda juga dapat memanggil dokter atau mantri sapi untuk memeriksa dan memberikan obat sapi ternak tersebut. Berdasarkan pengalaman, biasanya sapi kaki bengkak/kram yang diperiksakan akan mendapatkan suntikan, guna menyebarkan obat dalam tubuh sapi.

Pada saat anda mengobati penyakit kaki sapi bengkak / kram, amda harus ikuti cara diatas dengan benar. Agar penyakit kaki bengkak dapat segera teratasi dan pastikan anda melakukan cara diatas secara rutin dan telaten. Kami yakin dalam beberapa hari sapi anda akan kembali ke keadaan semula.

Pemberian makanan dan minuman yang higienis juga harus dilakukan, serta pastikan jangan suka membiasakan dan membiarkan pakan ternak membusuk di kandang. Karena akan menimbulkan penyakit pada sapi.

Penyakit kaki Bengkak pada sapi juga bisa disebabkan karena masuknya kuman te kedalam tubuh sapi melalui kaki. Oleh karenanya, anda harus pintar mencegah timbulnya penyakit pada sapi karena mencegah lebih mudah daripada harus mengobati ternak bengkak / kram. Cara pencegahan agar kaki sapi tidak bengkak /kram adalah dengan memberikannya vitamin satu bulan sekali. Dengan pemberian vitamin kekekbalan tubuh ternak selalu terjaga dan tak mudah lelah.
Demikian informasi bagaimana cara mengobati kaki sapi bengkak/kram yang bisa kami sampaikan. Harapan kami sapi anda selalu dalam kondisi yang sehat. Salam peternak indonesia. 
Cara Mengobati Kaki Bengkak / Kram Pada Sapi
4/ 5
Oleh