Cara Mengobati dan Mencegah Penyakit Antraks Pada Kambing dan Domba

Cara Mengobati dan Mencegah Penyakit Antraks Pada Kambing dan Domba  - Anda yang sedang menjalani usaha ternak kambing tentu ingin menginginkan hasil ternak kambing yang maksimal. Untuk itu bagi anda pemula sebaiknya baca artikel kami bagaimana cara beternak kambing / domba yang baik serta agar mendapatkan keuntungan maksimal. Namun bagi yang tak punya banyak waktu untuk mempelajarinya di internet bisa juga membeli buku panduan beternak kambing dan domba di ternakpertama.com. secara garis besar, suskses dalam beternak kambing tak semudah yang kita bayangkan, ada saat nya anda mengalami berbagai masalah dalam beternak domba dan kambing. Salah satu masalah yang menyebabkan anda gagal panen dalam usaha ternak kambing adalah penyakit. Untuk itu kali ini ternak pertama akan membahas bagaimana cara mencegah dan mengobati kambing atau domba yang terserang penyakit Antraks. Penyakit antraks pada kambing memang sulit untuk di sembuhkan, hal ini di sebabkan karena banyak peternak belum mengetahui betul ciri ciri penyakit antraks yang menyerang hewan ternak kambing.

Cara mengobati penyakit antraks pada kambing

Bukan hanya penyakit antraks saja yang bisa menyerang kambing atau domba manusiapun bisa, maka dari itu kami sarankan bagi para peternak pemula harus sering mencari informasi tentang segala penyakit yang kemungkinana menyerang ternak. Jika anda sudah memahami dan mengerti gejala penyakit antraks yang menyerang kambing paling tidak bisa nantinya memberi pertolongan pertama pada ternak yanga terjangkit penyakit antraks atau bahkan dapat secara langsung mengobati penyakit antrak yang menyerang kambing atau domba anda.

Seperti yang sudah kami jelaskan di awal, salah satu penyakit yang dapat menyerang kambing dan domba adalah penyakit antrax, penyakit antraks saat ini masih menjadi penyakit kambing yang sangat menakutkan bagi para peternak. Penyakit ini memang sulit untuk disembuhkan, jika anda tidak cepat melakukan pertolongan dampak terparahnya adalah kematian. Sebelum kita tau bagaimana cara mengobati penyakit antraks pada kambing/domba sebaiknya kita pelajari dulu tentang Penyakit antraks sepertu apa.

Tentang Penyakit Antraks

Berdasarkan informasi dari situs wikipedia, Penyakit antraks atau radang limpa adalah salah satu jenis penyakit yang dapat menular dengan mudah menyerang hewan ternak seperti domba, kambing sapi dan hewab ternak lainnya,  penyakit antrax tergolong jenis penyakit hewan menular, berdasarkan penelitian dan pengalaman, penyakit antrax disebabkan oleh kuman Bacillus anthracis. Penyakit antrax masuk kedalam penyakit zoonsis yang artinya penyakit antrax ini dapat menular juga kepada manusia. Hampir tiap tahun penyakit antraka juga menyerang di daerah endemis. Fakta baru menyebutkan bahwa semua jenis hewan berdarah panas juga bisa terjangkit penyakit ini, namun yang sering di temui paling ada pada hewan herbivore misalkan sapi, kerbau, kambing, kuda.  Asal anda tau, penyakit antraks akan susah sekali disembuhkan dan dampak buruknya yakni kematian pada hewan ternak anda.

Sebagi informasi, Dalam penyebarannya penyakit antras tak bisa menular dengan sendirinya. Namun kuman Bacillus anthracis butuh penyebaran virus isi melalui hewan lain misalnya lalat, dapat juga melau pakan ternak yang tidak berkualitas, air minum atau media yang bersentuhan langsung dengan ternak anda. Namun yang paling berbahaya yakni media media tanah yang terdaparlt kuman bacillus anthracis. Selain itu, lalat menjadi juga salah satu hewan yang menularkan antrax dari hewan satu ke yang lainnya. Bukan itu saja, Stress juga bisa menjadi faktor pemicu penyebaran antrax pada kambing.

Ciri ciri / Gejala kambing dan domba yang terkena penyakit Antrax

Salah satu Gejala yang menonjol pada hewan yang sudah terkena penkayit antrax antra lain : bulu kambing / domba terlihat kusam, pada anus dan hidung ternak keluar darah, hewa ternak akan terlihat lemas, suhu badan panas serta tak nafsu makan. Jika anda sudah melihat cici ciri / gejala kambing / domba diatas maka kemungkinan besar hewan ternak sudah terserang penyakit ini.

Secara umum penyakit antraks pada kambing dan domba di bagi menjadi beberapa jenis, antara lain :

Antrax parakut

Kambing/donba ternak yang sudah terjangkit penyakit antrax jenis ini akan mati mendadak. Karena antrax parakut berjalan sangat cepat (1-2 jam). Gejala atau ciri ciri yang mudah diamati natra lain kambing demam mendadak, tubuh ternak juga gemetaran, hewan akan mengalami sesak nafas, kemudain keadaan selaput lendir merah akan mengalami kolaps dan kemudian mati, setelah ternak mati darah akan keluar dari hidung,mulut ,anus ternak.


Antrax akut

Kambing ternak yang sudah terjangkit antrax akut juga akab berjalan cepat yaitu sekitar  45 jam. Gejala atau ciri ciri kambing yang terkena penyakit ini adalah kambing kekurangan nafsu makan (bahkan tidak mau makan sama sekali) , selain itu, kambing terlihat gelisan, lambat laun kondisi lesu dengan suhu badan mencapai 45 deraja (demam),jika tak dintangani secara cepat bisa menyebabkan kematian, setelah mati keadaan selaput lendir merah, yaitu limpa kambing bengkak serta mengandung banyak darah.


Antrax kronis

Penyakit antraks kronis sering di temukan atau menyerang pada babi, namun tak menutup kemungkinan juga akan menyerang domba atau kambing. Ciri-ciri kambing yang terlihat pada penyakitini antara lain lidah dan tenggorokan melepuh serta leher membengkak. 


Cara mengobati dan mencegah penyakit Antraks pada kambing dan domba.

Setelah kita jabarkan bahaya penyakit antraks pada kambing dan domba di atas, langkah terbaik yang harus kita lakukan adalah pencegahan. Pasalnya Mencegah akan jauh lebih baik daripada mengobati. Begitu juga dengan penyakit antrax, kami akui untuk saat ini pengobatan penyakit antrak masih sangat sulit, karena jika sudah terjangkit penyakit antraks kemungkinan untuk sembuh sangatlah kecil sekali.

Berikut ini kami tulis cara untuk mencegah penyakit antraka supaya tidak menyerang kambing dan domba :

Pastikan kambing dan domba yang anda lunya harus divaksin secara teratur. Jika tidak bisa vaksin sendiri kami sarankan untuk meminta bantuan pada mantri hewan dalam untuk pemberian vaksin pada hewan ternak kita. 
Pastikan jaga selalu kebersihan kandang, bersihkan kandang dari kotoran serta desinfektasi kadang. 
Pastikan memberi pakan yang berkualitas artinya makanan harus dalam kondisi bersih dan bergizi. 
Jika anda menemukan gejala penyakit antraks seperti maka kambing yang diduga terserang penyakit harus secara cepat di pisahkan dengan yang lain. 
Kambing yang mati mendadak (yang kita duga karena anthrax) dilarang untuk disembelih atau dipotong ataupun dikonsumsi. 
Kambing yang sudah menjadi bangkai tharus segera dimusnakah dengan cara dibakar atau bisa di kubur yang sangat dalam.
Demikian informasi bagaimana cara mengobati dan mencegah penyakit antraks pada kambibg dan domba yang bisa kami sampaikan. Kami berharap hewan ternak anda tidak akan terserang penyakit ini. Mulailah ternak kambing dan domba dengan selalu menjaga kebersihan kandang dan pemberian pakan yang berkualitas. Salam sukses untuk kita semua para peternak indonesia...
Cara Mengobati dan Mencegah Penyakit Antraks Pada Kambing dan Domba
4/ 5
Oleh