Cara Mencegah Dan Mengobati Sapi Kembung (Bloat)

Cara Mencegah Dan Mengobati Sapi Kembung (Bloat) - Sapi anda Kembung? Begini cara mengatasinya. Kembung atau biasa disebut bloat adalah salah satu penyakit sapi yang disebabkan karena penimbunan gas yang ada di dalam lambung. Pada saat sapi terkena penyakit kembung, perut sapi terlihat akan membesar dan juga menggelembung. Selain itu, Sapi kembung juga dapat disebabkan karena beberapa hal, salah satu penyebab sapi kembung yakni sapi sering memakan hijauan pakan ternak yang masih basah / berair. Bukan itu saja, perut kembung pada sapi juga  bisa di sebabkan karena adanya penyumbatan saluran pencernaan karena ada benda asing yang di makan oleh sapi. Maka dari itu, Anda wajib memperhatikan semua pakan yang diberikan.

Sapi Bali

Cara Mencegah Sapi kembung (bloat)


Sebelum itu terjadi, anda harus mencegah  agar sapi tidak terserang penyakit kembung / bloat. Salah saru cara abtisipasi agar sapi tidak kembung adalah  dengan dengan memberikan makanan dalam kondisi kering, jika hijauan pakan ternak masih basah anda harus menjemur terlebih dahulu sebelum diberikan kepada sapi. Jika pakan sapi dalam kondisi kering, kemungkinan ternak sapi tidak akan terkena penyakit. Bukan karena pakan yang masih basah aaja, jika anda menggembala terlalu pagi pun bisa menyebabkan sapi akan kembung maka perlu Anda hindari. Jika sapi anda sudah terkena penyakit kembung / boat segera obati dengan cara yang benar. Jika penyakit kembung baru gejala maka bisa  mengajak sapu untuk lari-lari kecil di lapangan atau halaman luas, cara itu anda lakukan selama beberapa menit. Sabar dan tunggu sampai sapi terlihat sendawa, jika sudah teratasi, langkah berikutnya anda pastikan dengan memberikan pakan kering untuk sapi ya. Proses sapi mengunyah makanan kering inilah yang  akan meredakan atau menyembuhkan kembung pada salu.

Cara Mengobati Sapi Kembung (Bloat)


Apabila kondisi penyakit kembung pada sapi anda sudah semakin parah, anda perlu lakukan cara berikut ini :

Cara pertama anda harus bisa mengeluarkan gas dengan cara menusuk-nusuk perut sapu bagian kiri menggunakan cannula dan trocoar. Akan tetapi, jika anda ragu dan tak bisa melakukan cara ini kami sarankan anda konsultasikan masalah ini ke dokter hewan atau mantri, mintalah bantuan dokter hewan yang sudah berpengalama. Anda tak boleh anggap sepele, penyakit kembung pada sapi ini juga bisa menjadi berbahaya jika anda tidak segera obati dengan cara yang benar dan tepat. Parahnya, penyakit boat pada sapi juga dapat berakibat fatal, sapi bisa mati. Saran kami segera lakukan pencegahan dan pengobatan yang yang benar agar penyakit kembung pada sapu bisa teratasi dengan cepat dan tepat.


Berdasarkan pengalaman , ada banyak gejala yang bisa kita prediksi jika sapu akan terserang penyakit kembung (bloat)

Jika penyakit sapi kembung yang dialami sudah sangat parah, langkah terahir yang bisa anda lakukan dengan segera memotong atau menyembelih sapi ternak tersebut. Cara ini terpaksa kita lakukan untuk mengantisipasi kerugian secara materi. Karena daging sapi yang sudah terkena penyakit kembung dagingnya masih bagus dan layak untuk di makan.


Demikian artikel tentang bagaimana cara memcegah dan mengobati sapi kembung (bloat) yang bisa kami berikan. Kami berharap sapi anda selalu dalam kondisi prima dan memiliki nilai jual yang tinggi. Salam Sukses Peternak Indonesia.
Cara Mencegah Dan Mengobati Sapi Kembung (Bloat)
4/ 5
Oleh