Cara Mencegah dan Mengobati Penyakit Pada Ayam Joper / Jawa Super / Kampung Super

Cara Mencegah dan Mengobati Penyakit Pada Ayam Joper - Usaha ayam joper saat ini masih menjadi primadona bagi para peternak. Hal ini memang sangat lah wajar karena ayam joper dapat di panen pada umur 6 minggu ( 2 Bulan) saja. Namun hal ini bisa anda peroleh jika anda benar benar sudah mengerti dan memahami dengan baik bagaimana cara beternak ayam joper dengan baik. Bagi para peternak pemula bahkan peternak yang sudah berpengalaman momok yang sangat menakutkan dalam usaha ternak ayam joper adalah penyakit. Namun anda tak perlu kuatir dan bimbang untuk memulai bisnis ini, intinya jika anda serius, tekun dan mau belajar dalam pengelolaan penyakit insyallah usaha ternak ayam akan suses. Untuk membantu para peternak ayam joper pemula, ternakpertama akan memberikan tips bagaimana cara mencegah dan mengobati beternak ayam joper bagi pemula. Silahkan pelajari ya, jika anda ternak ayam joper anda mengalami penyakit pada ayam joper di bawah ini harus langsung di obati


Walaupun ternak anda belum terserang penyakit (mudah mudahan tidak) alangkah baiknya lakukan Pencegahana terlebih dahulu. Mencegah penyakit pada yam joper bisa langsung anda lakukan dengan tindakan antara lain :
  1. Pastikan selalu menjaga sanitasi lingkungan  kandang dan peralatan kandang
  2. Pastikan memberikan pakan ayam joper yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan vitamin dan gizinya
  3. Pastikan melakukan vaksinasi secara teratur
  4. Pastikan memilik lokasi peternakan di daerah yang bebas penyakit
  5. Pastikan menejemen pemeliharaan yang baik
  6. Pastikan selalu kontrol terhadap binatang lain

Jika usaha diatas sudah anda lakukan dan ternyata ayam kampung super atau jawa super masih terserang penyakit. Berikut ini ternakpertama berikan informasi jenis jenis penyakit yang sering menyerang ayam joper (jawa super/kampung super) 

Cara Mencegah dan Mengobati Penyakit Pada Ayam Joper / Jawa Super / Kampung Super


Penyakit Tetelo ( ND ) Pada Ayam Joper / Jawa Super / Kampung Super

Penyebabnya :paramyxivirus
Gejalanya : 
Ayam ngorok disertai dengan batuk batuk, gemetaran, kepala berputar putar, lambat laun akan mengalami kelumpuhan pada kaki dan sayap, kotoran berwarna putih dan kehijauan.


Cara mencegah dan mengobati ayam joper yang terkena Tetelo

Berikan vaksinasi secara teratur, perhatikan kebersihan sanitasi kandang, untuk ayam yang sudah terjangkit penyakit ND maka harus di bakar. Karena menurut para ahli peternakan sampai saat ini belum penyakit ND belum bisa di sembuhkan, namun penyakit ini masih dapat di cegah melalui vaksin. Obat herbal untuk penyakit ND pada Joper yang bisa anda berikan antara lain ( daun sirih, kunyit,temulawak, brotowali dan jahe ) penyakit tetelu pada ayam joper dapat di cegah dan di atasi meskipun butuh waktu agak lama kurang lebih 15 hari nonstop di beri air minum herbal 100% sampai ayam sembuh. Jika belum sembuh berikan pula obat kimia seperti doctril atau neomeditril atau terapy.

Penyakit Gumboro ( gumboro disease ) Pada Ayam Joper / Jawa Super / Kampung Super

Penyebabnya : virus
Gejalanya : Ayam mendadak sakit dan gemetar disertai dengan bulu bulunya berdiri, ayam terlihat lesu, lemah dan malas untuk bergerak, diare putih di sekitar anus.


Cara Mencegah dan Mengobati Penyakit Pada Ayam Joper sama seperti pada penyakit Tetelo.

Penyakit cacing ayam ( worm disease ) Pada Ayam Joper / Jawa Super / Kampung Super

Penyebabnya : cacing ascaris
Gejalanya : perkembangan dan ertumbuhan ayan joper terhambat, kurang aktif, bulu kelihatan kusam


Cara Mencegah dan Mengobati Penyakit Cacingan Pada Ayam Joper  :

Memberikan obat cacing secara berkala, sanitasi kandang yang baik, penggantian litter kandang secara berkala,dan mencegah serangga yang bisa menjadi induk semang perantara.

Pemberian herbal 100%, ayam akan sembuh dalam 3 hari yang disertai dengan keluarnya cacing bersama kotoran. 

Obat cacing ayam yang bisa diberikan seperti pipedon-x liquid, sulfaquinoxalin, sulfamezatin, dan piperazin.

Penyakit Berak kapur ( pullorum ) Pada Ayam Joper / Kampung Super / Jawa Super

Penyebabnya : Bakteri salmonella pullorum
Gejalanya : anak ayam bergerombol di bawah pemanas, kepala akan menunduk dan kotoran akan melekat pada bulu bulu di sekitar anus.


Cara Mencegah dan Mengobati Penyakit Berak Kapur Pada Ayam Joper  :

Anda harus mengusahakan agar induk terbebas dari penyakit ini, fumigasi yang tepat pada mesin penetas dan kandang. Penyembuh penyakit berak kapur sekitar 7-8 hari dengan herbal 100% dan obat berak kapur yang bisa anda berikan seperti koleridin,noxal, coxalin, dan trymezin. Anda perlu waspada terhadap penyakit ini karena berak kapur termasuk penyakit kronis hingga accut ( ganas) seperti pada tetelo dan gumboro.

Penyakit Berak darah ( coccidiosis ) Pada Ayam Joper / Jawa Super / Kampung Super

Penyebabnya :protozoa eimeria sp
Gejalanya : anak ayam lesu, sayap akan terkulai, kotoran encer berwarna coklat campur darah, bulu bulu di sekitar anus kotor, ayam bergerombol di tepi atau sudut kandang.


Cara Mencegah dan Mengobati Penyakit Berak Darah Pada Ayam Joper :

Usahakan sanitasi dan sirkulasi udara baik. Anda dapat memberikan coccodiostat pada makanan sesuai takaran. Dosis pengobatan air minum 100% air godokan herbal dan di kombinasikan dengan obat cocy atau anticocy selama 7 hari berturut turut.

Penyakit Snot / corizxa /pilek Pada Ayam Joper / Jawa Super / Kampung Super

Gejalanya : ayam pilek dan hidung mengeluarkan air sehingga lambat laun akan menggumpal menutupi lubang hidung , kepala bengkak kemerahan.

Cara Mencegah dan Mengobati Penyakit Snot Pada Ayam Joper :

Pemakaian herbal 100% selama 5 hari yang di kombinasikan dengan obat TRYMEZIN.

Penyakit CRD ( chronis respiratory disease ) Pada Ayam Joper / Jawa Super / Kampung Super

Gejalanya : penyakit CRD masuk kedalam penyakit kronis pada ayam.

Gejala penyakit inu tak terlihat jelas, biasanya akan muncul berlahan lahan, maka para peternak tidak teliti, jika sudah terkena ayam sudah dalam kondisi parah.


Cara Mencegah dan Mengobati Penyakit CRD Pada Ayam Joper :

Sebetulnya Untuk mendeteksi CRD sangatlah gambang, anda cukup masuk ke kandang ayam pada malam hari kemudian dengarkan ada suara ngorok atau tidak, batuk atau kecekik. Jika anda mendengar suara ngorok pada joper segera ambil tindakan, karena penyakit CRD penyebaranya sangat cepat sekali, penyembuhannya pun kurang lebih sekitar 7 hari dengan di beri air minum herbal 100%,kombinasi obat NEO MEDITRIL atau KOLERIDIN.

Demikian informasi tentang Bagaimana Cara Mencegah dan Mengobati Penyakit Pada Ayam Joper / Jawa Super / Kampung Super yang bisa kami sampaikan. Harapan kami usaha ayam joper anda tidak terserang oleh penyakit diatas sehingga hasil panen bisa tepat waktu dan menguntungkan. Sekian. Salam Suskses Buat Para Peternak Indonesia.....
Cara Mencegah dan Mengobati Penyakit Pada Ayam Joper / Jawa Super / Kampung Super
4/ 5
Oleh