Cara Membuat Pakan Ayam Organik Yang Banar Untuk Pemula

Cara Membuat Pakan Ayam Organik - salah satu kunci kesuksesan beternak ayam petelur maupun pedaging ada pada pemberian pakan yang berkualitas. Pakan ayam berkualitas tidak hanya kita dapatkan dari pakan ayam buatan pabrik. Tentu saja jika kita masih tergantung pada pakan pabrik kita harus siapkan modal yang besar karena harga pakan dari pabrik bisa mengalami kenaikan yang signifikan tanpa pemberitauan. Maka dari itu jika kita mau bertahan di usaha ternak ayam kita harus punya jurus jitu untuk mengatasi harga pakan yang semakin mahal. Salah satu cara yang tepat yakni dengan memberikan pakan alternatif. Anda harus bisa membuat pakan ayam sendiri. Untuk itu, pada kesempatan kali ini ternak pertama akan menuliskan artikel bagaimana cara membuat paka ayam organik yang benar. Bagi anda yang tertarik dan akan mencoba buat pakan ayam organik sendiri silahkan praktekan langsung ya? Cara membuat pakan ayam alternatif (bahan organik) yang kami tulis ini sudah kami praktekan dan hasilnya sungguh luar biasa tak kalah hebat dengan pakan buatan pabrik. Dan pastinya kalau di tinjau dari segi harga jelas pakan alternatif ini jauh lebih murah.

Cara membuat pakan ayam organic yang benar untuk unggas


Cara membuat pakan ayam organik
Pakan Ayam Organik
Untuk membuat pakan unggas organic bisa memakai bahan baku yang sangat mudah didapatkan di lingkungan sekitar misalnya : 

  1.  Jagung giling kasar sebanayk 5 kg
  2. Bekatul (dedak padi yang halus) sebanyak 5 kg
  3. Konsentrat sebanyak 3 kg (untuk konsentrat dapat disesuaikan dengan jenis unggas), untuk ayam petelur harus memakai konsentrat ayam pedaging sedangkan untuk pedaging pilih konsentrat pedaging ,
  4. Nasi aking (nasi kering) sebanyak 2 kg
  5. Ampas tahu yang sudah diperas sebanyak 1 kg
  6. Sayuran dicacah kecil-kecil sebanyak 3 kg (pakailah sayuran yang ada di pasar contoh kangkung, kol/kubis, atau bisa juga menggubakan gedebog pisang),
  7. Suplemen organic cair, beli saja ditoko pertanian, untuk takarannya sesuaikan dengan aturan pakai
  8. Air bersih seperlunya.

Langkah langkah membuat pakan ayam alternatif dengan bahan organic yang benar.

Langkah pertama campur semua bahan diatas sedikit demi sedikit sampai semua bahan tercampur rata, dan pastikan air bersih jangan terlalu banyak agar racikan setengah kering.

Jika semua bahan sudah tercampur merata siapkan wadah untuk fermentasi, dapat memakain ting plastic, terpal ataupun ember. 

Langkah selanjutnya taruhlah semua bahan tersebut diwadah yang sudah di sipakan dan tutuplah dengan rapat, tunggu sekitar 2-3 hari agar bahan dapat terfermentasi secara sempurna.

Untuk hasil yang lebih sempurna pakan organic tersebut yang sudah difermentasi sebaiknua digiling kasar dan langkah selanjutnya dikeringkan, hal tersebut dilakukan agar pakan organik lebih tahan lama dan dapat diberikan setiap hari.

Cek :

Berikan pakan ayam organic alternative ini sebagai pakan tambahan, dan pada saat pemberian pakan organik ayam harus selalu dipantau pertumbuhan serta produksinya, jika pertumbuhan normal dan produksinya stabil, anda dapat lanjutkan dengan pakan ini. Dan sebalinya jika pertumbuhan atau produksi ayam menurun drastis, segera stop untuk memberikan pakan tersebut karena dikhawatirkan ayam mengalami gangguan pencernakan karena mungkin cocok dengan pakan alternative ini.

Disclaimer

cara membuat pakan organic alternatif untuk unggas di atas sudah kami coba dan hasilnya sangat memuaskan untuk pertumbuhan dan produksi ayam. Hasil yang kami dapatkan bisa saja berbeda antara peternak satu dengan peternak lain. Untuk itu kami tidak menjamin dengan cara di atas akan berhasil. 

Demikian artikel tentang cara membuat pakan organik yang benar untuk pemula yang bisa kami sampaikan. Harapan kami mudah mudahan informasi diatas bisa bermanfaat para peternak. Salam sukses peternak indonesia.
Cara Membuat Pakan Ayam Organik Yang Banar Untuk Pemula
4/ 5
Oleh