Cara Budidaya Lalat Hitam BSF Lalat Tentara Hitam

Cara Budidaya Lalat Hitam - Sebelum ternakpertama membahasa tentang Bagaiama Cara Budidaya Lalat Hitam alangkah lebih baiknya kita mengetahui apa itu Lalat Hitam biasa dikenal Lalat Tentara Hitam. Berdasarkan informasi dari Wikipedia " Lalat tentara hitam atau yang memiliki nama latin Hermetia illucens merupakan salah satu jenis lalat yang kini banyak ditemukan di tempat-tempat yang terdapat sampah organik. Larva ini memanfaatkan limbah tersebut sebagai sumber makanannya. Kemampuan larva dalam memakan sampah organik karena dalam ususnya terdapat bakteri selulolitik yang menghasilkan enzim selulase yang berperan dalam hidrolisis selulosa. Pemanfaatan sampah organik ini secara tidak langsung membantu mengurangi sampah tersebut sehingga berperan dalam penanganan limbah organik.

Lalat Hitam BSF / Lalat Tentara Hitam

Lalat Hitam atau sering kita sebut dengan nama Black Soldier Fly selanjutnya kita singkat BSF mempunyai warna hitam pekat yang akan bertelur dan akan menetaskan larva yang disebut maggot. Larva lalat hitam ini mempunyai kandunganprotein sekitar empat puluh sampai dengan lima puluh persen. Oleh sebab itu, larva bSF yang memiliki kandungan protein tinggi saat ini di luar negeri maupun di dalam negeri indonesia sudah mulai tren membudidayakan lalat hitam sebagai pakan ternak.

Asal anda tau, Lalat Tentara Hitam BSF ini sangat jarang di temukan di lingkungan, jarang pula BSF akan hinggap dimakanan manusia, atau masuk kedalam rumah karena memang lalat hitam BSF berbeda dengan lalat kecil maupun lalat hijau yang sering kita temukan. Bagi anda peternak pemula memang sangat sulit membudidayakan lalat hitam BSF ini. Hal ini kareba memang kita sangat sulit mencari dimana lalat hitam bsf berada. jika belum berpengalaman dan mengetahui caranya mencari lalat hitam tentara BSF ini.

Berikut ini kami berikan tips bagaimana cara mengundang lalat hitam BSF dengan Cepat.

Cara mengundang lalat hitam tentara secara acak. Hal pertama yang berlu anda siapkan adalah media. Media yang dimaksud disini adalah dengan mempersiapkan tempat untuk menangkap lalat hitam tentara Hitam BSF tersebut. Tempat yang kita buat harus rapat agar lalat tak dapat keluar.

Langkah kedua, Masukkan lalat tentara hitam ini kedalam penangkaran, berilah minuman dengan cara menyediakan tempat minuman yang beri kain seperti sumbu yang selalu basah.

Kemudian di dalam penangkaran juga anda kasih pohon kecil berwarna hijau yang nantinya digunakan untuk tempat hinggap lalat hitam. Bersihkan secara rutin tempat penangkaran agar lingkungan sekitar tetap terjaga kerbersihanya (tidak jorok).

Cara ke dua yakni dengan langsung membeli lalat hitam BSF dari penangkar yang telah berhasil dalam budidaya lalat larva Black Soldier Fly ini. Dengan membeli lalat hitam tentara BSF anda dapat sekaligus melihat bagaimana cara budidaya lalat Hitam BSF dari penangkar yang berhasil.

Cara ke tiga dengan Mencari PrePupa lalat hitam Black Soldier Fly. Jika modal anda pas pasan, anda bisa langsung Mencari maggot lalat hitam di tempat sampah organik di sekitar rumah ansa, atau carilah tempat yang sekiranya ada sampah organiknya contohnya misal di pasar tradisional yang menjual sayuran. Kalau anda serius mencari anda akan menemukan larva lalat hitam ini karena lalat ini sangat senang mendiami tempat organik. 

Cara Budidaya Lalat Hitam  selanjutnya juga dapat anda mulai dengan mengumpulkan telurnya dan menetaskannya menjadi larva lalat hitam BSF, ada sedikit perbedaan cara bertelur lalat hitam BSF ini dengan lalat sampah yakni lalat hitam tentara akan meletakan telurnya tak berada diatas makanan langsung, sedangkan lalat sampah akan meletakan telurnya langsung pada sampah organik .

Setelah berhasil mengambil telur lalat hitam anda bisa langsung membangbiakan. Caranya anda dapat meletakan telur Lalat BSF pada potongan kardus. Dan kemudian letakan didekat di sumber makanan atau sampah organik yang sudah dipersiapkan untuk mengundang lalat hitam BSF.

Perlu diketahui, lalat tentara hitam ini tak pernah makan, lalat BSF akan mendatangi sampah organik hanya untuk bertelur, dimana induk lalat hitam bsf akan menaruh telur di sekitar sampah organik agar larvanya dapat makan sesaat setelah menetas.

Jika akan membuat tempat untuk mengundang lalat hitam untuk bertelur, maka anda wajib berhati-hati. Setelah anda memperoleh telur lalat hitam BSF ini maka harus langsung memindahkan telurnya ke dalam media (wadah tempat penetasan). Tempat penetasan lalat hitam dapat anda buat dari toples, kemudian siapkan pula media untuk mereka menetas, media dapar anda dari ampas tahu ataupun dedak, media ini merupakan hasil fermentasi. Hal ini perlu anda lakukan karena berdasarkan pengalaman hasilnya jauh akan lebih baik.

Demikian artikel tentang cara budidaya lalat Tentara Hitam BSF yang bisa kami sampaikan. Mudah mudahan bisa bermanfaat bagi kita semua. Artikel selanjutnya ternak pertama akan menuliskan Cara Budidaya Lalat Hitam dengn media Bekatul atau Dedak
Cara Budidaya Lalat Hitam BSF Lalat Tentara Hitam
4/ 5
Oleh