Monday, July 9, 2018

Tanaman Azolla Sebagai Pakan Alternatif Kambing

Tanaman Azolla Sebagai Pakan Alternatif Kambing -  Semakin hari prospek usaha ternak kambing sangat menjanjikan, Mau beukti silahkan Cek Harga Kambing Hari Ini . Di samping itu permintaan atau kebutuhan  daging kambing yang sangat tinggi, juga disebabkan karean harga jual yang kian melambung.Sehingga pasokan hewan kambing untuk kebutuhan nasional masih kurang.

Apabila kita merujuk pada para peternak kambing, maka seacar operasional mereka butuh menambah kualitas di samping kuantitas. Dengan harga jual yang tinggi, tak mungkin kualitas ternak kambing yang biasa saja. Hewan ernak kambing yang dipasarkan pun wajib memiliki kualitas yang unggul.

Kualitas kambing yang siap jual yang utama merupakan bila berat kambing telah mencapai maksimal (tidak bisa bertambah gemuk lagi) dengan kisaran usia1 sampai 1,5 tahun. Dalam kondisi seperti ini, nilai jual kambing pun bakal tinggi.

Oleh sebab itu, penting bagi para peternak kambing untuk memperoleh pengetahuan pakan – pakan pilihan apa saja yang membuat buat kambing agar gemuk dengan cepat.

Tanaman Azolla
Tanaman Azolla
Sepertihalnya ternak jenis hewan lainya, pemilihan bibit, cara pemeliharaan, kebersihan kandang juga menjadi penentu keberhasilan menambah maupun menjaga kualitas hewan ternak. Tak terkecuali pakan yang diberbagi pada hewan ernak juga wajib mengandung gizi yang baik supaya sasaran panen bisa terpenuhi.

Selain asupan pakan yang biasa dimakan kambing, seperti rerumputan, daun-daun hijau, makan tersebut mungkin bakal mudah saja bagi peternak yang berada di desa, lantas bagaimana dengan peternak yang di kota. Terlebih saat musim kemarau seperti ini tiba, bahkan yang di desa pun bakal kesusahan. Untuk menyiasati kendala seperti itu, sebetulnya anda sendiri bisa membuat pakan pilihan untuk kambing. Pakan pilihan yang bisa jadikan solusi saat keter ediaan pakan kambing di musim kemarau.

Pembuatan pakan pilihan kambing bisa dengan menggunakan azolla. Tanaman ini merupakan sejenis tanaman paku yang tumbuh mengapung pada permukaan air yang tergenang. Azolla mempunyai kandungan protein yang jauh lebih tinggi dari pada tanaman hijau lainnya. Teksturnya yang mudah dicerna pun bakal mempermudah kambing untuk menyerap nutrisi yang terkandung dalam azolla. bahkan tidak hanya pada kambing azolla juga bisa dipakai sebagai pakan ikan, serta pakan ayam petelur.

Azolla ini bisa anda panen sepanjang tahun, jadi bisa menjadi solusi yang pas untuk ketersediaan pakan ternak kambing setiap saat. Cara membuat pakan alternatif untuk ternak kambing bisa diambil azolla yang segar lalu dicampur dengan dedak. Akan tetapi bisa juga dengancara fermentasi azolla.

Tanaman Azolla Sebagai Pakan Alternatif Kambing - Cara membuat pakan alternatif untuk kambing dengan cara fermentasi juga menguntungkan, sebab memang oleh sejumlah peternak di Solo Jawa Tengah, mereka mendapati ternak kambing mereka cepat sekali gemuknya. azolla segar telah bisa di manfaatkan sebagai pakan bahkan proteinnya telah mencapaui 24 % serta bakal lebih optimal serta lebih tahan lama apabila diproses fermentasi.

Berikutini adalah cara bagai mana membuat pakan alternati untuk kambing dengan metode fermentasi :
  • Langkah pertama azolla yang segar direndam dalam bak berisi air, lalu cuci untuk menghilangkan lumpurnya  kemudian setelah bersih lalu keringkan dengan cara diangin-anginkan.
  • Langkah kedua yaitu menyemprot azolla secara merata dengan bakteri pengurai atau probiotik pengurai yang bisa Andabeli dari toko-toko pertanian sertape ternakan. Kemudain anda harus pastikan seluruh azolla tersemprot merata
  • Langkah ketiga  simpanlah azolla pada wadah tertutup, bisa juga memakai plastik yang besar. kemudian biarkan Azolla dalam kondisi tertutup sampa  kurang lebih 7 hari lamanya
  • Langkah kempat menggunakan hasil fermentasi azolla serta mencampurkannya dengan pakan ternak kambing, seperti dedak, jerami, atau dedaunan hijau lainnya.

Pemberian Azolla ini dimaksudkan untuk memenuhi gizi protein pada pakan kambing yang tak dimiliki oleh tanaman hijau lainnya. Dengan metode fermentasi, pakan alternatif azolla pun bisa disimpan dalam waktu yang lama. Dengan begitu waktu anda lainya bisa digunakan untuk aktivitas lainnya serta tak lagi pusing mencari rumput pakan kambing. Tanaman Azolla bisa menjadi alternatif pakan yang bernilai tinggi.

Demikian informasi tentang " Tanaman Azolla Sebagai Pakan Alternatif Kambing " yang bisa kami sampaikan. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Salam Ternakpertama.com
Tanaman Azolla Sebagai Pakan Alternatif Kambing
4/ 5
Oleh