10 Cara Merawat DOC Ayam Broiler Yang Benar

Cara Merawat DOC Ayam Broiler - Ternak Pertama - apakah anda sedang mencari informasi tentang bagaimana cara merawat DOC ayam broiler yang tepat dan benar? Jika iya, anda berada di tempat yang sangat tepat karena kita akan membahas tentang itu. Bapak/ibu pasti setuju jika DOC ayam broiler yang berkualitas akan memiliki daging yang berkualitas pula. Bagi anda yang sedang atau akan memulai usaha peternakan broiler kami sarankan untuk pintar memilih mana DOC ayam yang berkualitas dan mana yang tidak. Sebab DOC ayam broler yang kualitasnya tinggi akan mempunyai kemampuan bertahan hidup, tubuhnya pun lebih sehat dibandingkan dengan doc yang tidak bagus kualitasnya. 

Doc ayam broiler
Doc Broiler
Namun bukan hanya itu, selain bibit doc yang bagus anda juga harus pintar pula dalam perawatan doc broiler tersebut. Jangan sampai ketika sudah mendapatkan DOC ayam yang sudah berkualitas jusru dalam pemeliharaan atau perawatanya masih salah. Jika perawatanya salah makan ayam anda kelak akan menjadi ayam yang tak berkualitas karena menggunakan teknik perawatan yang salah,  bahkan dapat mengakibatkan kematian. Oleh sebab itu, ternakpertama.com akan memberikan tips bagaimana cara merawat DOC ayam broiler dengan benar yang perlu anda perhatikan:

Berikan larutan Gula Merah Pada DOC

Anda dapat memberi larutan gula merah ke doc hal ini bertujuan agar DOC ayam tersebut menjadi berenergi. Kandungan glukosa pada gula merah membuat ayam tidak lemas (memiliki energi) apalagi setelah doc menempuh perjalanan yang sangat jauh. DOC Ayam memerlukan tambahan energi untuk bergerak secara lincah. Setelah anda memberikan larutan gula merah tersebut barulah anda boleh memasukkan DOC ke kandang litter yang sudah Anda siapkan sebelumnya.

Kandang DOC Harus Tertutup

Berdasarkan pengalaman, kandang DOC ayam baik itu kandang tertutup agar angin tidak masuk kandang. Kalau banyak angin yang masuk kandang bisa berbahaya karena DOC belum bisa beradaptasi dengan angin yang terlalu kencang. Maka dari itu pastikan di sisi kandang juga harus benar-benar tertutup. Berbeda dengan kandang ayam dewasa, semakin lancar udara yang keluar masuk semakin bagus akan tetapi tak berlaku untuk DOC. Kemudian Untuk bagian atas/atap anda dapat memakai strimin kawat agar sirkulasi udara tetap terjaga.

Lampu

Lampu merupakan salah satu yang penting untuk menjamin keamanan DOC ayam broiler. Lampu juga bermanfaat untuk mencegah DOC ayam dari serangan hewan seperti tikus atau kucing. Selain dapat menjadikan tubuh DOC ayam semakin hangat, bohlam lampu tersebut juga berfungsi untuk penglihatan ayam DOC di saat malam hari karena ayam rabun senja.

Brooder

Selain lampu, DOC ayam juga memerlukan penghangat dimanfaatkan untuk menghangatkan tubuhnya. Pastikan atur suhu brooder dengan tepat (tidak dingin dan jangan terlalu panas). Brooder memang sangat dibutuhkan di saat musim penghujan terutama di saat udara sedang ekstrem. Jika tidak menghunakan brooder DOC akan kedinginan dan daya tahan tubuhnya menjadi lemah.

Pakan yang Bernutrisi

Kemudian hal yang penting dalam merawat doc adalah dengan memberikan pakan yang bernutrisi. DOC ayam belum dapat memakan pakan yang kasar sehingga anda perlu memberikan DOC pakan jenis bubuk. Letakkan saja pakannya di nampan plastik agar DOC dapat menceker pakan tersebut.

Vaksin

Setelah pakan, Vaksin juga merupakan salah satu terpentinf dalam merawat DOC ayam. Karena jika anda tidak memberikan vaksin DOC akan mudah terkena macam penyakit. Perlu di ingat! Vaksin untuk DOC diberikan dalam bentuk tetes mata bukan suntik. Selain itu, anda juga jangan sampai lupa untuk memberikan vitamin terjadwal agar daya tahan tubuh ayam menjadi lebih stabil. Vitamin juga akan membuat DOC ayam menjadi lebih sehat.


Demikian informasi tentang bagaimana cara perawatan DOC yang bisa kami sampaikan. Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua.
10 Cara Merawat DOC Ayam Broiler Yang Benar
4/ 5
Oleh