Cara Menentukan Ukuran Kandang Ayam Broiler

Cara menentukan ukuran kandang ayam broiler - Apakah anda masih bingung bagaimana cara menentukan kandang yang ideal untuk ayam broiler? Baiklah akan kami jelaskan! Berdasarkan pengalaman para peternak,  Ukuran kandang ayam broiler yang tepat berpengaruh pada keberhasilan anda dalam usaha peternakan ayam. Karenanya kami himbau kepada para peternak untuk memperhatikan ukuran kandang yang ideal. Dengan kandang yang ideal ayam tidak akan berdesak-desakan dan tidak menyebabkan kadar amonia yang tinggi. Asal bapal/ibu tau Kadar amonia tidak bagus ntuk kesehatan ayam di dalam kandang karena akan berdampak pada nafsu makan yang menurun. Anda harus pastikan Ukuran kandang broiler disesuaikan dengan jumlah DOC ayam yang akan dipelihara. Karena kandang dengan ukuran yang terlalu sempit jelas tak bisa dimanfaatkan untuk memelihara sampai ratusan bahkan ribuan DOC ayam.

Kandang ayam broieler model baru
Kandang ayam broiler
Menentukan Ukuran Kandang yang Ideal

Sebenarnya ada banyak cara yang dapat anda gunakan untuk menentukan ukuran kandang ayam broiler yang tepat, kami akan berikan tiga cara praktis untuk menentukan kandang broiler yang ideal :

Pastikan Jumlah DOC Yang Akan di Pelihara

Cara pertama yang dapat anda terapkan adalah dengan menentukan jumlah DOC yang akan dipelihara. Dimana semakin banyak DOC yang dipelihara, ukuran kandang menjadi lebih luas, sama halnya dengan yang hanya memelihara sedikit DOC kandangnya pun jangan terlalu luas. Rumus menentukan kandang DOC ayam broiler yang tepar Idealnya dalam lebar 1 meter persegi hanya dapat diisi dengan 60 ekor DOC. Sedangkan untuk tinggi kandang yang ideal minimal dua meter. Nah sekarang, peternak sudah dapat menghitung berapa jumlah DOC yang akan dipelihara lalu berapa luas kandang yang pas untuk memelihara DOC dengan jumlah tersebut.

Luas Lahan Harus Sesuai

Jika anda akan membuat kandang ayam yang besar akan tetapi luas lahannya sempit maka anda tidak diperbolehkan memaksakan kondisi tersebut. Karena ukuran kandang ayam juga harus disesuaikan dengan lahannya. Sebenarnya simpel, Jika anda akan memelihara banyak DOC di lahan peternakan yang sempit, anda dapat menggunakan kandang model bertingkat sehingga dapat menampung lebih banyak ayam.

Usia Ayam

Kemudian selanjutnya menentukan ukuran kandang ayam broiler yang ideal tak harus terpaku dengan jumlah DOC saja akan tetapi anda harus mempertimbangkan ketika ayam sudah memasuki fase grower maupun finisher. Ketika akan masuk fase atau periode grower anda membutuhkan kandang yang lebih luas karena tubuh ayam akan bertambah dengan pesat. Maka dari itu, sebaiknya anda sudah memikirkan bagaimana jika nanti ayam sudah semakin besar apakah ukuran kandang masih tetap ideal atau memerlukan kandang tambahan untuk dapat menampung semua ayam yang ada di peternakan tersebut.

Untuk megatasi masalah tersebut, anda harus menyisihkan ruang yang cukup luas di kandang untuk mengantisipasi ketika ayam sudah mulai besar. Akan tetapi ada juga peternak yang menambahkan jumlah kandang nya agar mampu menampung semua ayam tersebut. Dimana ketika ayam berumur 7 sampai dengan 12 hari kepadatannya akan menjadi 40 ekor per m2. Kemudian jumlah kepadatan pun akan terus turun sampai masa panen tiba.
Bagaimana? Jelas tidak? Mau mencoba beternak ayam broiler ? Silahkan.....



Demikiam informasi tentang bagaimana cara menentukan ukuran kandang ayam broiler yang tepat dan ideal yang bisa kami sampailan. Semoga tulisan bermanfaat bagi kita semua
Cara Menentukan Ukuran Kandang Ayam Broiler
4/ 5
Oleh