Saturday, July 8, 2017

Cara Ayam Petelur Afkir Bisa Berproduksi Lagi

Ayam Petelur Afkir - Ayam afkir adalah ayam petelur yang mengalami kemunduran atau tidak cukup kuat lagi untuk berproduksi. Dalam sejumlah ayam yang ada dalam kandang, yang mana pada awalnya sanggup memeproduksi 85% hingga dengan 100% telur perharinya, tetapi ketika esok hari kemudian, sejumlah ekor ayam petelur tersebut hanya sanggup memproduksi kurang lebih 25% telur perharinya, bahkan sama sekali tidak sanggup berproduksi lagi.

Banyak peternak ayam petelur yang ketika menghadapi persoalan semacam ini, mereka hanya langsung mengambil jalan pintas saja, yaitu dengan melakukan penjualan pada pengkomsumsi daging ayam. Mereka tidak sempat berpikir aatau tidak mencari solusi supaya ayam petelur yang mengalami keafkiran bisa dibantu dengan sebuah metode tertentu supaya bisa kembali aktif berproduksi.

Ayam Petelur Afkir
Ayam Petelur Afkir
Image : google.co.id

Persoalan keafkiran pada sejumlah ekor ayam petelur semacam yang diuraikan di atas, telah dialami oleh seorang warga kampung kelayu-selong dari  kabupaten lombok timur. Haji Kamiluddin yang akrab dipanggil Pak Haji telah bercerita terhadap penulis tentang keafkiran ayam petelurnya yang sempat mengalami keafkiran. Ketika sejumlah ekor ayam petelur dari Pak Haji mengalami faktor demikian, ia pun kembali merenung sambil memikirkan sebuah solusi supaya sejumlah ayam petelurnya bisa kembali berproduksi.

Pada saat itu, Pak Haji mengambil seekor ayam dari kandang, lalu kemudian ia melakuakan pembedahan pada ayam tersebut. Ia pun menemukan berbagai sel telur yang tersedia dalam tubuh ayam tersebut. Dari sinilah Pak Haji kembali merenung serta mencoba membuka catatan tentang pengalaman serta pengetahuannya tentang produksifitas hewan ternak yang ada dalam pikirannya.

Dari hasil pemikiran Pak Haji, ia pun mencoba melakukan sebuah percobaan. Sebuah percobaan tentang ayam apkir yang tidak bisa bertelur, tetapi bisa bertelur kembali.

Sejumlah ayam petelur dari Pak Haji yang tidak sempat bertelur lagi, tetapi dari uji coba yang dilakukan di halaman rumahnya telah sukses serta ayam petelurnya kembali berproduksi serta sanggup menghasilkan 85% hingga dengan 100% telur perharinya.

Cerita Pak Haji tentang pengalamannya dalam menyikapi sejumlah ekor ayam petelurnya yang sempat mengalami keapkiran serta bisa kembali aktif berproduksi, telah di ‘under record’ oleh penulis. anda ingin tahu caranya, berikut penulis bakal menarasikan dengan selengkapnya.

Suatu hal yang lebih awal perlu anda lakukan dalam menyikapi ayam petelur yang mengalami keafkiran adalah melepaskan semua ekor ayam petelur dari kandangnya. Ada pun tujuan dengan melepaskan sejumlah ekor ayam petelur dari kandangnya adalah supaya mereka bisa leluasa bergerak serta merefres diri di alam bebas.

Hal selanjutnya yang butuh dilakukan adalah dengan memberikan pakan dari ampas kelapa. Ampas kelapa adalah kelapa parut yang telah diperas airnya.Tujuan pemberian ampas kelapa pada ayam afkir tersebut adalah supaya semua bulu-bulunya bisa rontok. Kerontokan bulu pada ayam afkir tersebut berfungsi untuk meremajakan kondisi tubuh atatu membantu kondisi ayam supaya bisa kembali stabil serta lebih berenergi.

Selang kemarin hari kemudian atau kurang lebih satu bulanan, bulu-bulu ayam tersebut bakal rontok. Seusai terjadi kerontokan bulu, kamu bisa memberi pakan dari dedak yang dicampur dengan air mineral secukupnya pada ayam afkir tersebut.

Selama satu bulan dalam pemberian pakan berupa dedak itu, bulu-bulu ayam bakal tumbuh kembali. Kamu bisa memberikan pakan yang berupa dedak hingga bulu-bulunya kembali normal.

Di saat bulu-bulu ayam afkir tersebut telah tumbuh dengan normal, masukkanlah sejumlah ekor ayam peteleur tersebut ke dalam kandang semula. Perlakukanlah dengan perawatan atau pemeliharaan seperti biasanya.

Tentang pakannya, jangan samakan jenis pakan yang diberikan pada waktu tetap aktif berproduksi. Adakan perubahan pada pakan ayam petelur tersebut atau berbagi jenis makanan atua pakan yang lain. Sebab dengan memberikan pakan yang sama seperti pakan  yang sering diberikan ketika masih aktif bertelur, itu sama artinya mengulang masa lalu.

Anda bisa saja memberi pakan yang sama seperti pada ketika masih aktif berproduksi, akan tetapi tambahkan dengan mineral alias zat-zat lain supaya terjadi perubahan pakan.

Seusai anda melakukan perawatan atau pemeliharaan yang baik seperti biasanya serta memberikan pakan yang tidak sama dengan pakan yang rutin dikomsumsi ketika tetap aktif bertelur, kamu tinggal menantikan hasilnya. Insya Allah, ayam-ayam petelur kamu bakal kembali berproduksi semacam semula serta sanggup mencapai 85% hingga dengan 100% telur tiap harinya.
Cara Ayam Petelur Afkir Bisa Berproduksi Lagi
4/ 5
Oleh