Skip to main content

Model Kandang Sapi Perah Modern

Ternak Pertama -  Kandang Sapi Perah - Hewan ternak seperti sapi perah membutuhkan tempat tinggal yang sesuai dengan kebutuhan dan dibuat berdasarkan prosedur yang benar. Sapi-sapi tersebut tak bisa ditempatkan dalam satu kandang yang sama karena bakal memengaruhi kesehatan sapi tersebut. Dewasa ini, Perkembangan teknologi semakin maju dan sekarang mempunyai peran yang sangat penting bagi para peternak. Di Negara maju, penerapan pola beternak modern menunjukan hasil yang sangat signifikan. Berbeda dengan cara bernak sapi perah tradisional yang pada akhirnya tidak mampu bersaing di pasar global. Untuk itu bagi para peternak indonesia harus bisa menerapkan pola beternak sapi beternak yang benar dimulai dari perencanaan pembuatan kandang yang bagus dan modern.

Dalam sebuah peternakan modern, ada berbagai jenis kandang yang dibuat dan dibangun untuk untuk sapi perah dengan masing-masing keadaannya:

Model Kandang Sapi Perah Modern
Model Kandang Sapi Perah Modern


Inilah 7 Model Kandang Sapi Perah Modern Yang Perlu Anda Ketahui :


1.Kandang Sapi Perah pejantan
  • Sapi pejantan sebaiknya mempunyai kandang berkapasitas 3x4 meter dengan halaman berkapasitas 4x6 meter atau sering disebut dengan model kandang sapi Loose Box. Model kandang ini dibangun supaya sapi bisa leluasa bergerak jadi tak mengalami stres. 
  • Kandang sapi pejantan mempunyai konstruksi bangunan yang lebih kuat. Usahakan ketinggian kandang lebih tinggi dari sapi, yakni kurang lebih  sekitar 160 hingga 180 cm.
  • Lantai kandang mempunyai arah miring menuju pintu dengan perbedaan tinggi kurang lebih 5 cm. Untuk halaman, sebaiknya gunakan materi atau bahan dari beton pada lantainya. 

2.Kandang sapi dewasa
  • Kandang sapi dewasa bisa dipakai juga untuk api dara, yaitu sapi yang siap kawin. Hmair sama seperti kandang sapi pada umumnya, kandang sapi dewasa harus memiliki tempat makan dan air minum masing-masing berkapasitas 80x50 cm dan 50x40 cm. Sementara untuk ukuran kandang anda bisa gunakan ukuran 1,75x1,2 meter.

3.Kandang Sapi Untuk kawin
  • Pembangunan kandang sapi untuk kawin sebaiknya didekatkan dengan pintu halaman sapi pejantan supaya proses perkawinan dapat berjalan mudah dan lancar. Kandang untuk sapi kawin ini mempunyai ukuran 110x55 cm. Gunakan saja balok berkapasitas 20x20 cm dengan menanamnya 50-60 cm di dalam tanah supaya kokoh.

4. Kandang sapi untuk melahirkan
  • Sapi perah yang siap melahirkan wajib segera dipindah ke kandang khusus melahirkan. Pembangunan kandang sapi untuk melahirkan tak boleh didekatkan dengan kandang pedet. Kandang sapi melahirkan ini mempunyai ukuran 6x6 meter dengan selokan pembuangan dipisahkan dari selokan kandang sapi dewasa. Setiap bagian kandang harus dibangun melengkung supaya mudah dibersihkan.

5.Kandang pedet (anak sapi)
  • Ada dua macam jenis kandang pedet, yaitu kandang individu untuk sapi yang baru lahir dan kandang kelompok untuk anak sapi berumur 4-8 minggu. Disarankan supaya kandang pedet individu tak terbuat dari tembok sebab bisa mengganggu sirkulasi udara.

6.Kandang sapi laktasi
  • Kandang sapi laktasi bisa ada dua macam yaitu kandang sapi sistem loose housing dan stall. Pada sistem stall, peternak bisa memilih bentuk tunggal ataupun ganda. Di berbagai peternakan modern, sistem stall ganda sering dijumpai dengan menempatkan sapi dalam dua baris saling berhadapan ataupun bertolak belakang. Sementara pada sistem stall tunggal, sapi ditempatkan dalam satu baris.
  • Sistem loose housing tengah mungkin sudah dikenal oleh para peternak sebab dianggap lebih fleksibel dan mudah dibuat atau diubah ketika jumlah hewan ternak meningkat. Akn tetapi sistem ini membutuhkan lahan yang sangat luas supaya sapi perah bisa bergerak leluasa dan mendapat udara segar dan sinar matahari yang kurang.

7.Kandang darurat
  • Kandang ini memiliki kapasitas 150x55x150 cm, kandang darurat atau kandang sapi isolasi ini dibangun untuk memisahkan sapi sehat dengan sapi sakit. Ketika mendeteksi adanya sapi yang mengalami gangguan kesehatan, segera beri perawatan khusus, yaitu dengan memberi obat dan ditempatkan di kandang khusus. Kondisi bakal bertambah kurang baik apabila sapi sakit dirawat bersamaan sapi sehat. Sebab dalam waktu pendek penyakit bisa ditularkan ke sapi lainnya.
Baca Juga :

Itulah tadi artikel Model Kandang Sapi Perah Modern yang bisa kami sampaikan. Silahkan bagi anda yang sudah terjun didunia peternakan kususnya beternak sapi perah tak ada salahnya menggunakan tipe atau jenis kandang sapi perah modern yang sudah kami jelaskan diatas. Semoga informasi yang sudah kami tulis bisa bermanfaat bagi kita semua. Salam Peternak Indonesia!
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar